Bisnis Online Anda Terdampak Covid-19? Lakukan 5 Hal ini!

Lakukan 5 kiat ini untuk membantu menjaga bisnis online agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Beberapa pelaku usaha telah menerapkannya dan Berhasil.

Pandemi Covid-19 menciptakan tantangan baru yang harus dihadapi semua elemen masyarakat, terutama bagi para pelaku bisnis online. Akibat perang dagang yang terjadi antara Amerika dan China kemudian ditambah dengan wabah pandemi ini, kondisi perekonomian di Indonesia semakin memburuk.

Banyak pelaku usaha yang mengalami omset penjualan menurun secara drastis. Tidak sedikit pula usaha yang gulung tikar lantaran tidak mampu bertahan penurunan penjualan dimasa pandemi ini. UMKM terguncang sebab tidak ada modal tersimpan yang mampu membantu menjaga agar cash flow tetap sehat. Kini setiap orang mulai mengencangkan ikat pinggangnya agar tidak terlalu banyak pengeluaran. Akibatnya daya beli masyarakat menurun semakin menurun. 

Nah, bagi Anda yang masih berjuang di tengah wabah pandemi ini. Cobalah untuk melakukan 5 hal ini agar usaha Anda kembali bangkit dan mampu mengembalikan cash flow yang sudah berada di ambang batas kehancuran. Apa saja 5 poin tersebut? Yuk, simak ulasannya.

5 Tips Bisnis Online agar Tetap Bertahan

Bisnis online, cara bergabung poskokoni, ikut bisnis rumahan, bisnis tanpa odal, peluang usaha rumahan

1. Ubah strategi pemasaran ke digital marketing

Bila sebelumnya pemasaran cenderung door to door atau secara offline dengan menggunakan poster, spanduk, kini saatnya Anda beralih ke digital marketing. Manfaatkan media sosial yang dimiliki dan carilah penyedia jasa jual domain dan hosting murah untuk memasarkan produk yang dijual. Gunakan marketplace yang ada di Indonesia agar semakin banyak produk yang dijual. 

Berikan pula penawaran khusus dan promo dengan potongan harga untuk menarik minat calon konsumen agar mau membeli produk Anda. Bila memungkinkan, ajak saudara yang memiliki follower media sosial atau subscriber Youtube yang banyak untuk membantu memasarkan.

2. Dekatkan diri dengan pelanggan

Di tengah pandemi ini, segala hal menjadi sangat sensitif. Testimoni yang buruk dari pelanggan dapat mempengaruhi hasil penjualan Anda. Maka dekatkan diri dengan calon konsumen maupun pelanggan setia itu penting. Utamakan kebutuhan dan keinginan mereka.

Jadikan mereka raja ketika bertransaksi dengan Anda. Pastikan mereka meninggalkan kesan positif tentang layanan yang diberikan serta kualitas produk yang dijual. 

Maka dari itu, bila Anda mendapatkan pelanggan yang memberikan review kurang bagus, segera hubungi dan tanyakan apa permasalahan yang dihadapi. Bila barang kurang sesuai, arahkan untuk refund atau menggantinya dengan yang baru. Jangan biarkan mereka meninggalkan jejak komentar negatif di media sosial mengenai produk yang Anda jual.

3. Tetap tenang dan lanjutkan berjualan

Kondisi memang tidak mudah diprediksi. Apa saja bisa terjadi loh di dunia ini. Penjualan bisa saja meningkat dan menurun secara drastis. Maka, tetaplah tenang ketika hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti omset jual beli domain murah mulai menurun. Tidak lagi banyak orang yang memesan lantaran harus mulai mengencangkan ikat pinggang biar dapur tetap mengebul.

Seperti saat ini, tetaplah tenang dan melanjutkan berjualan. Gunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengenalkan produk pada konsumen, menarik minat mereka agar membeli. Cari alternatif pemasaran yang lebih kreatif lagi supaya mudah dilirik calon pembeli.

4. Ciptakan produk yang lebih relevan

Akibat adanya physical distancing serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB), aktivitas semua orang terbatas. Banyak usaha yang terkena dampak seperti makanan dan minuman siap saji, salon kecantikan, serta toko-toko lainnya yang berada di pusat perbelanjaan.

Bila Anda salah satu dari pelaku usaha dibidang tersebut, maka siasati dengan menggeser sedikit fokus tetapi tetap pada produk utama. Misalnya saja, jika biasanya menjual makanan dan minuman siap saji, Anda dapat mengganti dengan jualan bahan baku makanan dan minuman yang siap diolah atau makanan beku. 

Pasalnya, di masa-masa pandemi ini banyak orang yang lebih suka menghabiskan waktu di dapur. Maka dengan adanya bahan baku siap olah akan lebih mempersingkat waktu mereka dalam memasak.

Bila menjalani bisnis online jual beli domain murah di indonesia, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan promo menarik satu paket pembuatan website + domain dan hosting murah. Pelaku bisnis online yang ingin mengubah strategi pemasaran ke digital marketing akan tertarik dan berbondong-bondong membelinya.

5. Bangun empati bersama karyawan dan pelanggan

Di tengah wabah yang menyerang dunia akibat Covid-19 ini, keuntungan bukan lagi nomor satu yang harus diutamakan. Tetapi, menyediakan segala kebutuhan konsumen adalah hal yang wajib.

Saat ini, masyarakat membutuhkan alat-alat pelindung diri dan kesehatan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Maka, Anda dapat mulai dengan memproduksi barang-barang yang dibutuhkan tersebut seperti masker, sabun cuci tangan, atau hand sanitizer. 

Bangun pula empati kepada pelanggan dengan memberikan informasi secara rutin apa saja yang harus dilakukan di masa pandemi agar tetap sehat. Memberikan penawaran paket produk + donasi dapat pula membantu membangun kepercayaan calon konsumen.

Jaga pula komunikasi dengan mitra dan konsumen. Berikan informasi bahwa pengecekan suhu badan secara rutin dilakukan pada karyawan yang mengolah produk Anda. Protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh WHO dan Kementerian Kesehatan juga dipatuhi. 

Lima poin tersebut dapat membantu Anda mempertahankan bisnis online yang sudah dibangun dari nol. Selain promosi, layanan terbaik juga hal yang wajib Anda lakukan. Selamat mencoba!

Artikel ini tayang pada kategori Business, dan dipublikasikan oleh Irwin Andriyanto. Kunjungi halaman Gudang Baca untuk melihat seluruh artikel sudah tayang di Blog Masirwin Note.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 322 total views,  5 views today

Pin It on Pinterest

Share This