Cara Cek Merek Sudah Terdaftar atau Belum dengan Cara Online

Berikut ini adalah cara cek merek Anda apakah sudah terdaftar atau belum, dan inilah cek melalui online. Anda dapat cek dari mana saja.

Ketika Anda ingin mengajukan permohonan brand, cara yang sangat dianjurkan ialah pahami langkah cek merek dagang online secara detail. Lakukan proses pencarian (search) berasal dari database Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Manfaatnya untuk memberikan gambaran semua brand yang sudah tercatat, berikut kesamaan yang barangkali sama juga dengan brand yang akan diajukan.

Berdasar ketentuan Pasal 6 Ayat 1 Huruf a serta b No 15 Tahun 2001 tentang merek, permintaan bisa tidak diterima bila memenuhi beberapa faktor sebagai berikut:

  • Memiliki persamaan pada inti atau keseluruhnya dengan merk lain serta sudah tercatat terlebih dulu. Brand ini meliputi pada produk barang atau jasa semacam.
  • Memiliki persamaan dengan inti atau keseluruhnya dengan brand terkenal, termasuk juga luar negeri yang sudah tercatat terlebih dulu. Brand mencakup barang atau jasa sejenis.

Persamaan yang disebut yaitu kesamaan dari beberapa faktor yang memunculkan kesan-kesan sama berkaitan penempatan, bentuk, formasi warna, tulisan atau faktor pada bunyi yang serupa. Jika satu atau bisa lebih faktor dimiliki oleh pemohon maka secara otomatis penyerahan pendaftaran akan tidak diterima Djki.

Karena itu, sesudah memutuskan brand dan logo tekankan terlebih dulu dengan mengecek untuk hindari kerugian. Risiko penolakan menyebabkan ongkos serta tenaga yang terbuang sia-sia.

Langkah cara cek merk sudah terdaftar atau belum dengan cara online

Data kekayaan Intelektual dari DJKI

Sarana yang disiapkan oleh Djki di bawah naungan Kementerian Hukum serta HAM (Kemenkumham) ialah akses On-Line Data Brand Indonesia. Fitur yang ada mempermudah pemakai atau pemohon untuk mencari semua brand yang sudah didatabase Djki.

Langkah penggunaannya cukup mudah, Anda cukup menuliskan kata atau kalimat sesuai dengan brand yang akan diserahkan di situs dirjen hki. Selanjutnya akan ada semua brand sama sesuai dengan kata yang tercantum. Anda bisa lihat banyak tidaknya faktor persamaan pada tiap brand serta simbol yang terlihat.

Tentang info selanjutnya, pemohon bisa mengontak e-mail atau berkunjung ke situs resmi Djki untuk mendalami lebih detail tutorial penelusuran. Situs ini diperlengkapi ketentuan serta cara pendaftaran semua pelayanan Djki.

Penelusuran brand tercatat memakai cara mendalam atau mengecek dengan capaian luas dengan data brand yang beroperasi di Indonesia. Penelusuran juga dianalisa dengan aturan yang tercantum dalam undang-undang brand.

Hal yang perlu jadi perhatian yang lain ialah memberikan nama yang original, mempunyai arti dan bukan hasil plagiat atau plesetan dari merek besar yang terlebih dulu ada. 

Proses Pencarian Brand Terdaftar

Brand yang nanti ada dalam kolom penelusuran ialah database yang tercatat pada Djki atau sudah terima kesepakatan untuk publikasi usaha. Sedangkan untuk semua brand yang masih ialah proses pendaftaran di kantor berkaitan tidak ditampilkan.

Data ini sebetulnya cukup berefek, sebab brand yang sedang proses pendaftaran otomatis akan disetujui tambah cepat. Ada dua pilihan yang dapat Anda tempuh yaitu memakai layanan Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau mungkin dengan mengontak pihak Djki langsung.

Bila mengontaknya dengan cara pribadi, Anda dapat mendapatkan data berkaitan brand apa yang sudah didaftarkan tetapi masih juga dalam proses pengecekan. Sedang untuk proses pelacakan dengan layanan Konsultan HKI umumnya memerlukan waktu tujuh hari kerja.

Hasil pencarian itu, akan dianalisa untuk diberi advise pada pemakai layanan, lalu menampilkan data brand yang sudah tercatat atau masih juga dalam bagian seleksi oleh instansi berwenang. Nah, bagaimana? Langkah cek merek dagang online di atas cukup mudah kan, Anda dapat pilih pilihan pengecekan lewat mandiri atau kuasa.

Artikel ini tayang pada kategori Business, dan dipublikasikan oleh Irwin Andriyanto. Kunjungi halaman Gudang Baca untuk melihat seluruh artikel sudah tayang di Blog Masirwin Note.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 225 total views,  5 views today

Pin It on Pinterest

Share This