Perhatikan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Bayi

Tumbuh kembang bayi adalah masa di mana bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang begitu pesat. Masa-masa di mana otak tumbuh dengan pesat, bukan hanya otak saja, namun indra yang lainnya pun begitu. Sedikit demi sedikit fungsi yang dimiliki setiap indra mulai berguna.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Bayi
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Bayi

Dalam masa ini juga, si kecil akan bergerak secara aktif menggunakan masing-masing indra pada tubuhnya. Si kecil akan mulai belajar caranya melihat, membalikkan badan, duduk, berdiri, berbicara dan seterusnya.

4 Faktor ini Mempengaruhi Tumbuh Kembang Bayi

Di tahun pertama kehidupannya, tahap tumbuh kembang bayi terdiri dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Dari berbagai banyak faktor tersebut, ada 4 faktor yang mempengaruhinya. Simak penjelasan berikut ini!

Faktor Lingkungan

Faktor yang pertama yang mempengaruhi masa pertumbuhan dan perkembangan seorang bayi ialah lingkungan. Kenapa harus lingkungan? Karena lingkungan yang ditinggali oleh seorang bayi, memiliki peran penting untuknya berkembang dan tumbuh.

Misalnya, rumah. Jika, rumah yang ditinggali memiliki lingkungan yang kotor, tentu saja si Kecil akan mudah sakit. Maka, dari itu jadikanlah lingkungan rumah sebersih dan senyaman mungkin, pastikan juga untuk memiliki tempat bermain yang aman untuk si Kecil.

Selain rumah, pakaian dan makanan yang diberikan untuk si Kecil harus bersih dan sehat. Anda tidak boleh sebarangan memberikan sesuatu pada si Kecil, apalagi barang yang Anda berikan kotor. Pendidikan juga merupakan hal yang perlu Anda perhatikan, tidak boleh asal memberikan pendidikan untuk si Kecil, demi kebaikan pertumbuhan dan perkembangannya.

Faktor Biologis

Faktor yang kedua ini mencakup 4 hal yang harus diperhatikan oleh Anda yaitu, kesehatan, kesehatan mental, pelatihan kesehatan dan gender. Pertama, untuk masalah kesehatan, Anda harus memperhatikannya, apakah berat badan si Kecil normal atau tidak. Jika tidak Anda bisa mendiskusikannya kepada ahlinya.

Kesehatan mental si Kecil juga perlu Anda perhatikan, di mana pada masa ini si Kecil membutuhkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Selain itu perhatian dan perlindungan juga dibutuhkan. Lalu apa yang harus Anda lakukan dengan pelatihan kesehatan? Anda bisa memberikan pola makan, bermain, tidur dan ASI yang cukup. Jangan sampai Anda lengah sedikitpun. Terakhir ialah gender, di mana bayi laki-laki dan perempuan memiliki kebutuhan dan pola pengajaran yang berbeda.

Hubungan Interpersonal

Pada masa ini si kecil sudah memiliki ketertarikan kepada seseorang yang mengasuhnya. Anda juga harus memiliki pola asuh yang konsisten untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Si kecil juga akan melirik pada lingkungan sosialnya, Ia akan mencoba berinteraksi dengan semua orang dari berbagai jenis umur yang ada, baik itu lebih tua, muda ataupun pada teman sebayanya.

Lingkungan serta Pengalaman Awal

Faktor terakhir adalah lingkungan dan pengenalan awal. Di mana si Kecil akan tumbuh dan berkembang secara optimal, jika Anda membantunya dalam mempelajari menggunakan semua indra yang dimilikinya.

Pada masa ini Anda juga bisa fokus untuk mengasah pola pikirnya dan membangun fondasi yang kuat untuk karier dan sistem pembelajarannya di masa depan. Anda harus mengingat bahwa perkembangan setiap anak berbeda-beda. Jadi, jangan paksa anak Anda untuk menjadi seperti anak lain, karena itu akan mempengaruhi mental si Kecil.

Nah, selain harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Anda juga harus mengetahui cara menggendong bayi yang benar. Di sela-sela itu, pemilihan popok yang tepat untuk si Kecil juga diperlukan. Seperti, Merries yang sudah bertahan selama beberapa tahun dengan kelembutan dan kenyamanannya saat digunakan. Selain itu, Merries juga memberikan harga yang terjangkau untuk Anda.

Tinggalkan komentar