Contoh Kegiatan CSR Perusahaan yang Bisa Dilakukan di Kota Besar

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Sebuah perusahaan selalu dilihat sebagai pihak yang memberikan peluang kerja dan penghasilan bagi masyarakat di sekitarnya. Akan tetapi selain itu ada juga sisi lain dari sebuah perusahaan apalagi dalam bentuk pabrik.

Sisi lain tersebut adalah adanya dampak negatif misalnya limbah, polusi hingga masalah keamanan dan kenyamanan masyarakat sekitar.

Meski jauh lebih sedikit dibandingkan dengan keuntungan adanya perusahaan besar di tengah lingkungan masyarakat, namun ada juga komplain yang bisa terjadi jika perusahaan tersebut kurang menjaga hubungan baik dengan lingkungannya.

Contoh Kegiatan CSR Perusahaan yang Bisa Dilakukan di Kota Besar

Hal inilah yang menjadi salah satu pemikiran di bagian CSR perusahaanCSR merupakan sebuah program atau departemen yang dibentuk oleh perusahaan dalam tujuan mengembangkan lingkungan di sekitar perusahaan sebagai imbal balik.

Departemen CSR melakukan berbagai program yang dibutuhkan agar lingkungan di sekitar perusahaan merasakan berbagai sisi positif adanya perusahaan di lingkungan mereka.

Bukan hanya di lingkungan sekitar saja, semakin besar nama perusahaan, CSR bisa melakukan kegiatan ini jauh dari lokasi perusahaan dengan tetap membawa nama perusahaan tersebut.

Untuk melakukan programnya, CSR tidak perlu turun langsung ke lapangan karena dapat mewakilkan kegiatan pada pihak lain yang lebih memiliki sumber daya manusia berpengalaman.

Ada banyak jenis CSR yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan CSR yang bisa menjadi referensi jika Anda berada di dalam departemen tersebut:

  • Program pemeriksaan gratis.
  • Program sembako murah.
  • Program vaksinasi gratis.
  • Program pembangunan selokan, sumur, WC umum dan sebagainya.
  • Program renovasi sarana umum.
  • Program khitan masal.
  • Program nikah gratis.
  • Dll.

Seperti dikatakan tadi bahwa untuk melakukan berbagai program di atas, kegiatan CSR perusahaan bisa bekerja sama dengan lembaga sosial lainnya yang memiliki sumber daya manusia lebih banyak dan berpengalaman.

Salah satunya adalah Wahana Visi Indonesia yang memiliki banyak anggota dan wilayah kerja yang luas di seluruh Indonesia. WVI sudah berpengalaman dalam melakukan berbagai kegiatan CSR maupun kegiatan swakelola bagi pemerintah.

Anda bisa bekerja sama dengan WVI untuk program CSR dengan menghubungi kontak melalui website resminya.

Tinggalkan komentar