Kumpulan Cara Cek Tagihan PDAM

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Setiap bulannya hampir seluruh masyarakat Indonesia selalu dibayang-bayangi dengan tagihan PDAM. Masyarakat perlu cek tagihan PDAM secara berkala, setidaknya satu bulan sekali saat pembayaran.

Selama ini mungkin mayoritas dari kita hanya sekedar membayarkan tagihan yang ada tanpa melakukan evaluasi. Padahal dalam setiap hal yang berkaitan dengan keuangan sebaiknya dilakukan evaluasi secara berkala agar dapat mengukur tingkat efisiensinya.

Sehingga Anda tidak merasa kecolongan karena keteledoran yang mungkin tidak disadari.  Anda perlu cek tagihan PDAM terutama jika merasa ada hal yang tidak wajar.

Misalnya Anda merasa hanya menggunakan volume air dalam jumlah kecil, akan tetapi tagihan yang harus dibayarkan mencapai ratusan ribu rupiah. Jika hal ini terus diabaikan, tentunya Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar.

Untuk itu Anda perlu cek tagihan PDAM dan mengevaluasinya secara berkala agar mengetahui apakah biaya tagihan sudah sesuai dengan volume air yang digunakan atau tidak.

Cara Cek Tagihan PDAM

Cara Cek Tagihan PDAM

Agar Anda tidak repot cek tagihan PDAM, saat ini sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk mengakses besarnya tagihan yang harus dibayarkan. Secara garis besarnya, ada empat cara yang bisa Anda gunakan untuk cek tagihan PDAM.

1. Aplikasi PDAM

Secara resminya pihak PDAM memang belum menerbitkan aplikasi khusus untuk pelanggannya terkait cek tagihan PDAM. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan aplikasi yang ada di Google Playstore. Misalnya saja seperti aplikasi Informasi Pelanggan PDAM.

Untuk bisa memanfaatkannya, Anda hanya perlu mengunduhnya lalu memasangkannya di ponsel. Setelah aplikasi terpasang, Anda cukup klik ikonnya. Lalu secara otomatis ia akan menunjukkan beberapa pilihan menu di berandanya.

Lalu pilihlah menu info tagihan dan masukkanlah informasi yang diminta, ID, nama pengguna, lokasi si pelanggan, dan instansi PDAM yang berada di area tersebut. Lalu lakukanlah penyimpanan dan Anda akan mendapatkan info besarnya jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

2. Website

Website kini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Sehingga sebagian masyarakat menganggap bahwa lebih praktis jika cek tagihan PDAM melalui website daripada harus memasang perangkat di ponselnya.

Cek tagihan PDAM melalui website dapat Anda lakukan dengan membuka situs resminya. Setiap area memiliki instansi PDAM yang bertanggung jawab untuk mengelolanya. Anda bisa mencari instasi PDAM pengelolanya dengan menuliskan kata kunci PDAM dan ditambah nama lokasinya.

Secara otomatis mesin pencarian akan menunjukkan situs resminya. Biasanya alamat situs resmi akan menggunakan domain .go.id. Setelah menjangkau situs tersebut, Anda bisa klik menu pelanggan, simulasi perhitungan rekening air, dan proses.

Jangan lupa untuk mengisikan data yang diminta ketika melakukan proses tersebut. Setelah data dimasukkan dengan benar, maka sistem akan memprosesnya. Setelah pemrosesan selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan informasi biaya tagihan PDAM yang harus dibayarkaan.

3. Marketplace

Ada banyak marketplace yang bertabaran di dunia maya, bahkan mereka juga berkontribusi nyata untuk memudahkan masyarakat Indonesia untuk cek tagihan PDAM.

Beberapa marketplace populer yang menyediakan layanan untuk cek tagihan PDAM yaitu Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan Shopee. Untuk bisa menggunakannya, Anda perlu mengunduh aplikasi dan menginstalnya di ponsel.

Setelah terpasang, bukalah aplikasi tersebut lalu pilihlah menu tagihan. Lalu isikanlah data yang diminta dan klik menu lihat tagihan. Setelah itu Anda akan mendapatkan rincian total tagihan yang harus dibayarkan.

4. Mobile Banking

Cara pembayaran tagihan PDAM berikutnya yaitu dengan memanfaatkan layanan Mobile Banking. Anda bisa menggunakan layanan Mobile Banking dari BRImo, Livin’ by Mandiri, BCA Mobile, dan BNI Mobile Banking.

Setelah mengunduh dan memasang aplikasi tersebut, Anda harus login agar bisa mengakses layanan yang disediakan. Lalu pilihlah menu PDAM sesuai dengan lokasi pelayanan yang dituju dan isikanlah data yang diminta.

Setelah itu kirimlah data tersebut dengan klik menu kirim. Kemudian Anda akan memperoleh rincian biaya yang harus dibayarkan.

Aplikasi Pembukuan untuk Bisnis

Aplikasi Pembukuan untuk Bisnis

Cek tagihan PDAM ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis. Anda bisa membuka jasa pembayaran PDAM untuk orang-orang disekitar komplek perumahan. Gunakanlah aplikasi tambahan ketika Anda menemukan kendala dalam melakukan pembukuan keuangan.

Anda bisa menggunakan BukuWarung untuk mengatasi kendala pembukuan keuangan tersebut. Aplikasi ini akan memberikan banyak manfaat bagi bisnis apapun yang Anda lakukan. Pasalnya, ia menyediakan layanan gratis biaya administrasi untuk transaksi yang dilakukan meskipun beda Bank.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan penjualan pulsa dan token listrik. Penggunaan aplikasi BukuWarung juga memungkinkan untuk melakukan pengawasan yang lebih intens dan praktis terhadap pembukuan keuangan dari bisnis yang sedang dijalankan.

Dengan begitu Anda bisa mengevaluasi dan membuat strategi bisnis yang jitu. Bisnis jasa untuk pembayaran tagihan PDAM pun bisa Anda kembangkan dengan lebih maksimal lagi. Sehingga segala sesuatunya tentang berbagai bisnis yang sedang Anda kembangkan dapat berjalan beriringan secara harmonis.

Tinggalkan komentar