Mengapa Melakukan Pencatatan Keuangan Itu Penting?

Sebagian dari kita mungkin akan berpendapat, jika melakukan pencatatan transaksi keuangan adalah hal yang merepotkan. Tentu saja anggapan seperti tidak bisa kita salahkan sepenuhnya, sebab sangat besar kemungkinan ada alasan yang mendasari.

Namun, hal ini menjadi sangat penting jika kita adalah pelaku usaha (dalam skala apapun). Pencatatan transaksi keuangan, bisa menjadi salah satu cerminan bagaimana kondisi kesehatan finansial kita.

Berikut ini ada beberapa penjelasan yang sekaligus menjawab pertanyaan, mengapa melakukan pencatatan transaksi keuangan itu penting.

Alasan penting melakukan pencatatan transaksi keuangan

Alasan penting melakukan pencatatan transaksi keuangan

1. Sebagai alat bantu pengambilan keputusan

Teman-teman tentu akan setuju, jika keuangan adalah hal paling penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis.

Dengan berbekal catatan keuangan, kita akan lebih bijak dalam pengambilan keputusan. Misalkan : apakah sudah waktunya menambah alat produksi atau justru harus mengurangi jumlah karyawan.

Hal-hal semacam ini, tentu tidak bisa dilakukan jika pelaku usaha hanya mengandalkan insting untuk memutuskannya. Sebab, kita harus paham betul bagaimana record keuangan bisnis.

2. Tolak ukur kesehatan finansial bisnis

Masih berhubungan dengan penjelasan sebelumnya. Dengan melakukan pencatatan transaksi kita juga bisa membandingkan kondisi keuangan dari waktu ke waktu. Apakah mengalami kenaikan, penurunan atau bahkan stagnan.

Dengan demikian, kita juga bisa mengetahui pengeluaran mana saja yang bisa dipangkas atau bahkan dihilangkan.

3. Memudahkan pembayaran pajak

Pajak merupakan hal yang sangat dekat dengan pelaku usaha. Tabel laba rugi , arus kas dan neraca adalah hal yang akan memudahkan kita dalam pembayaran pajak.

Jika kita tidak memiliki catatan yang rapi, tentu saja ini akan menyulitkan prosesnya hingga menyebabkan masalah lain di kemudian hari.

4. Membantu proses investasi

Ketika kita ingin mengambangkan usaha dengan menarik investor, salah satu hal yang sangat perlu dilakukan adalah melakukan pencatatan keuangan.

Karena biasanya, para investor ini akan memeriksa catatan keuangan bisnis kita sebelum memutuskan berinvestasi atau tidak.

Tentu saja investor menyukai bisnis dengan catatan keuangan yang baik dan sehat, bukan?

Pada intinya, dengan melakukan pencatatan transaksi keuangan kita juga bisa lebih mengendalikan diri ketika ingin membelanjakannya.

Namun ternyata, sebagian pelaku usaha juga mengeluhkan jika pencatatan transaksi keuangan ini memakan waktu yang lama dan rumit. Ini karena proses pencatatan masih dilakukan secara manual.

Proses Pencatatan Keuangan Usaha

Proses Pencatatan Keuangan Usaha

1. Mengumpulkan data

Proses ini biasanya dilakukan dengan cara mengumpulkan struk-struk pembelian dan belanja, lalu mencatatnya dalam buku khusus.

2. Kroscek Data

Ini biasa dilakukan di akhir periode pembukuan, seperti akhir bulan atau akhir tahun. Proses ini juga bisa memakan waktu, sebab bisa jadi ada sumber data yang tidak ditemukan. Contoh : struk pembelian hilang.

3. Pembuatan Laporan

Sampailah pada tahap terakhir. Dalam laporan keuangan, semua transaksi harus dicatat dengan rapi untuk memudahkan analisa.

Dalam proses manual ini, tentu resiko terjadi kesalahan juga besar. Sebab harus melalui beberapa tahapan sampai akhirnya memiliki laporan keuangan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerumitan ini adalah dengan melakukan pencatatan transaksi keuangan secara digital. Youtap.id adalah salah stau aplikasi yang bisa teman-teman gunakan.

Dalam youtap.id, teman-teman akan dibantu dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan mulai penghitungan penjualan, record pembayaran secara digital, hingga membantu kita dalam menganalisa produk unggulan.

Hal lain yang juga bisa dibantu dengan Youtap.id adalah penyesuain harga jual terhadap nilai pajak. Analisa pintar yang juga bisa kita dapatkan adalah laporan pembayaran dan laporan penjualan yang disertai dengan grafik.

Tidak hanya itu saja, kabar baik baik bagi teman-teman pelaku bisnis kuliner pun sangat dimudahkan dengan aplikasi yang satu ini. Sebab ada fitur yang membantu kita dalam pembuatan menu secara digital, kepuasan pelanggan hingga pencetakan struk tagihan yang lebih sederhana.

Dengan menggunakan media digital seperti Youtap.id dalam pencatatan transaksi keuangan, tentu kita akan memiliki riwayat transaksi yang lebih lengkap dan hanya membutuhkan satu sumber saja.

Jika saat ini teman-teman tengah mulai mengembangkan bisnis, maka mulialah melakukan pencatatan transaksi keuangan dengan baik. Karena ini sangat penting dalam perkembangan usaha ke depannya.

Tinggalkan komentar