Pengaruh Cuaca bagi Kesehatan Bayi

Pengaruh Cuaca bagi Kesehatan Bayi – Memasuki musim penghujan di ujung-ujung tahun ini tentunya cuaca akan selalu berubah dalam waktu yang singkat. Hujan deras yang terjadi juga akan lebih sering turun hingga awal tahun. Cuaca yang berubah-ubah tentu membuat perubahan suhu pun berubah-ubah dengan drastis tiap harinya bahkan tiap jam.

Cuaca yang berubah-ubah yang terjadi tentunya mampu mempengaruhi tubuh manusia yang setiap harinya melakukan aktivitas yang aktif seperti bekerja setiap harinya karena tubuhnya menerima perubahan suhu yang cepat dan kadang secara drastis dalam waktu yang cepat.

Selain tubuh orang dewasa, bagi bayi perubahan suhu yang ekstrim mampu mempengaruhi imunnya. Imunitas bayi tidak seperti manusia dewasa dimana tingkat imunnya jauh lebih rendah. Ketika imun menurun di dalam tubuh maka akan dengan mudah terserang virus ataupun bakteri yang mampu merugikan kesehatan.

Pada saat musim penghujan ada beberapa penyakit yang khas dan selalu muncul pada saat musim penghujan yaitu, diare, flu, batuk, hidung bayi mampet, demam berdarah dan masih banyak lagi.

Pengaruh Cuaca bagi Kesehatan Bayi

Perubahan cuaca yang terjadi terus-menerus di ujung tahun untuk beberapa penyakit tersebit sangat berpengaruh. Pada saat bayi terkena flu hal tersebut tentu terasa sangat tidak nyaman karena tubuh seperti lelah terus bersin-bersin kemudian kepala menjadi pusing disertai demam dan gejala lainnya yaitu hidung bayi mampet.

Tidak hanya bagi manusia dewasa, hidung bayi mampet membuat bayi merasa sangat tidak nyaman dan akhirnya bayi akan terus-menerus rewel. Hal tersebut dapat dihindari jika bunda dan ayah melindungi bayi-bayi lucu mereka dengan menjaga imunnya tetap tinggi agar bisa melawan virus atau bakteri didalam tubuh.

Selain itu bunda dan ayah juga perlu menjaga kebersihan setiap peralatan yang digunakan bayi. Peralatan bayi dari tempat makan, mainan hingga botol susu bayi harus selalu dibersihkan menggunakan sabun pencuci botol bayi.

Penggunaan sabun pencuci botol bayi dianggap efektif untuk membasmi bakteri dan jamur yang mungkin menempel di peralatan bayi. Dan dipastikan untuk bunda dan ayah menggunakan produk yang aman terbuat dari kandungan-kandungan alami.

Tinggalkan komentar