Pengertian Insecure dan Penyebabnya

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Masih sering bertanya-tanya, insecure artinya apa, sih? Nah, kabar baiknya adalah teman-teman berada di artikel yang tepat. Kali ini kita akan kupas, tentang hal-hal yang berkaitan erat dengan insecure ini, ya.

Insecure ini memang banyak dialami oleh hampir sebagian besar manusia. Alasannya pun sangat beragam, dan tentu saja bersifat subjektif. Meskipun terlihat sepele, ternyata kondisi ini juga butuh sikap tegas untuk meminimalisir hingga memutuskannya.

Apa yang Dimaksud dengan Insecure?

Jika kita lihat asal katanya, maka Insecure merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris. Secara sederhana, maksud dari insecure artinya perasaan tidak nyaman, tidak aman hingga tidak percaya diri.

Dalam psikologi, kondisi tersebut merupakan satu hal yang sangat manusiawi terjadi.

Benar. Pengertian tersebut memang tidak menyasar pada kondisi psikis tertentu. Orang yang mengalami kondisi ini, biasanya cenderung mengalami kecemasan dan ketakutan dan tak jarang menyebabkan gangguan kepercayaan diri.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, ketika seseorang memutuskan menarik diri dari lingkungan sosialnya karena tengah insecure, jika dibiarkan berlarut-larut maka justru semakin tidak terkendali.

Meskipun setiap orang memiliki ruang privatnya, tapi untuk kondisi ini tidak bisa jika hanya dipendam, karena harus diselesaikan dengan mengurai setiap penyebabnya.

Penyebab Munculnya Insecure

Penyebab Munculnya Insecure

1. Menggunakan Media Sosial Secara Berlebihan

Tentu kita semua tahu, jika di media sosial banyak sekali kejadian yang kita lihat. Di media sosial, tidak dipungkiri jika yang terlihat kebanyakan adalah hal-hal yang menyenangkan.

Hal ini tentu pilihan setiap orang, tapi untuk seseorang yang tidak punya batasan, maka ini bisa menjadi bumerang tersendiri.

Itulah mengapa, sangat penting bagi kita untuk mengendalikan diri, sekaligus meyakini bahwa kehidupan memiliki dinamikanya sendiri.

2. Sering Bandingkan Diri

Hal ini juga sangat berkaitan dengan penjelasan sebelumnya. Kita cenderung membandingkan hidup dengan apa yang kita lihat. Hal ini biasanya, berupa mencari kelebihan yang tidak dimiliki oleh diri sendiri.

3. Overthinking

Menjadi seseorang yang peka adalah hal yang sangat bijak. Namun, ketika teman-teman terlalu sensitif dan memikirkan banyak hal, ini juga tidak baik untuk diri sendiri.

4. Belum Move On

Biasanya, ketika dihadapkan pada kondisi yang serba tidak mudah, kita secara reflek akan kembali mengenang masa lalu.

Hal-hal yang terjadi di masa lalu, tentu saja adalah bagian dari hidup, tapi kita juga perlu mengingat jika masa depan masih memiliki jalan yang panjang.

5. Selalu Mencari Kekurangan Diri

Kekurangan diri dalam hal ini, umumnya memang tentang hal yang bersifat lahiriah, seperti bau badan tidak sedap, kurang tinggi, berat badan berlebih ataupun warna kulit yang lebih gelap.

Kondisi fisik seseorang bukanlah hal yang bisa diperdebatkan, karena ini memang hadiah dari Sang Pencipta. Tugas kita adalah memanfaatkan fisik tersebut untuk berbagai kebaikan.

Bagaimana Cara Mengatasi Insecure?

1. Buat Afirmasi Positif

Jangan salah, meskipun terlihat sederhana tapi kalimat yang bermuatan positif ternyata memang memiliki dampak luar biasa bagi kita.

Simpanlah kalimat-kalimat positif tersebut dalam alam bawah sadar kita. Sehingga saat kita sedang down, paling tidak ada semangat yang muncul dari dalam diri.

2. Batasi Penggunaan Media Sosial

Tentu saja ini adalah hal harus dilakukan oleh kita semua. Hal-hal yang kita lihat di media sosial, sedikit banyak mempengaruhi diri kita. Mengurangi intensitas di dunia maya, dan fokus pada kehidupan nyata adalah pilihan yang sangat bijak.

3. Carilah Lingkungan yang Positif

Istilah toxic circle rasanya sudah tak asing lagi. Ketika kita berada di lingkungan pergaulan yang positif, baik dari sikap ataupun pola pikir, hal ini perlahan juga akan mempengaruhi kita.

Jadi, selektiflah dalam mencari dan membangun lingkungan pergaulan.

4. Merawat Diri Sebaik Mungkin

Jika kondisi fisik yang “baik” mampu tingkatkan kepercayaan diri, maka merawat diri adalah sebuah keharusan. Benar?

Misalkan untuk teman-teman yang kebetulan merasa sangat tidak nyaman karena memiliki bau badan yang tidak sedap, maka bisa menggunakan Rexona Deodorant. Benar, itu adalah salah satu produk body care dengan produk berkualitas.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kita bisa memilih Rexona Antibacterial Defense Deodorant Spray. Kenapa? Karena teman-teman bisa mendapatkan perlindungan 10 kali terhadap bakteri penyebab bau badan.

Tentu saja Rexona ini bisa juga digunakan untuk kaum adam, mengingat ada varian khusus pria. Tersedia banyak pilihan deodoran, kita hanya perlu mencarinya yang sesuai dengan kebutuhan saja.

Namun, ketika teman-teman sudah mengupayakan berbagai hal untuk mengendalikan rasa insecure ini dan tidak ada perubahan, atau bahkan mengalami kesulitan, ada baiknya memang segera menemui tenaga profesional.

Ya, karena insecure artinya ketidakpercayaan diri yang disebabkan berbagai pemicu, maka perlu diurai dengan perlahan. Yuk jaga kesehatan mental kita.

Tinggalkan komentar