Persiapan Penting Saat Mudik ke Kampung Halaman – Di Indonesia, hari raya Idul Fitri atau yang lebih dikenal dengan sebutan hari lebaran memang bukan hanya sebagai perayaan secara agama saja. Lebaran juga menjadi waktu yang paling tepat untuk kembali berkumpul dan juga moment menjalin silahturahmi dengan keluarga. Tak heran bila jelang hari raya lebaran banyak orang yang memilih untuk pulang kampung alias mudik. Terlebih lagi untuk merayakan hari kemenangan juga diberikan hari libur yang cukup panjang. Makin pas rasanya untuk pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak keluarga.

Tentu untuk mudik bukan sekadar saat hari raya saja, tapi bisa juga di waktu lainnya ketika ada waktu libur cukup panjang. Nah berikut ini tips persiapan mudik ke kampung halaman agar aman dan nyaman. Ikuti tips di bawah ini.

akomodasi liburan, gratis liburan, beli tiket kereta apiRitual Mudik (Sumber : Pexels.com)

1. Periksa keadaan mesin mobil

Bila Anda memilih untuk mudik dengan mobil, pastikan untuk memeriksa keadaan mesin paling tidak satu minggu sebelumya. Pastikan mesin mobil dalam keadaan sempurna untuk digunakan selama perjalanan yang cukup jauh. Terlebih selama mudik, Anda juga akan menghadapi kemacetan panjang pula.

2. Ban tidak botak

Tak perduli jauh atau tidak perjalanan mudik nanti, pastikan keadaan ban tidak botak. Bila perlu ganti ban kendaraan beberapa hari sebelum digunakan demi memastikan keadaannya. Selain itu juga sediakan ban serep yang juga dalam keadaan baik dan siap pakai.

3. Lampu mobil

Selain mesin dan juga ban, lampu mobil merupakan hal lain yang sangat penting diperhatikan. Pastikan lampu mobil berada dalam kondisi terbaik dan juga cukup terang. Perhatikan juga ya agar kondisi lampu mobil ini sesuai dengan aturan yang berlaku.

4. Surat-surat kendaraan

Hal lain berikutnya tentu saja surat-surat kendaraan. Untuk menghindari adanya masalah selama perjalanan, pastikan semua surat kendaraan tidak ketinggalan. Ini termasuk dengan surat asuransi yang Anda tak akan pernah tau apakah akan dibutuhkan nantinya atau tidak.

5. Perlengkapan tambahan

Perjalanan mudik bukan waktu yang singkat. Terlebih lagi dengan keadaan lalu lintas yang padat yang menjadikan perjalanan bisa lebih lama dari yang seharusnya. Untuk itu pastikan membawa semua perlengkapan tambahan yang dirasa perlu untuk kenyamanan. Mulai dari bantal hingga kotak P3K tak boleh ketinggalan ya!

6. Transaksi non tunai

Mudik dengan kendaraan pribadi juga rawan terjadi tindak kejahatan. Untuk itu sebisa mungkin persedikit membawa uang tunai dan juga perhiasan. Sebaliknya pastikan menggunakan transaksi secara non tunai, seperti kartu kredit dan kartu debit, demi kemudahan dan juga kenyamanan.

For Your Information
Beberapa bank memberikan promosi khusus selama perjalanan mudik di beberapa rest area. Jadi Anda bisa memanfaatkan promo tersebut untuk menjadikan perjalanan mudik lebih nyaman dan menyenangkan.

Setelah 6 persiapan penting dalam tradisi mudik di atas, mudik untuk hari raya lebaran pasti akan lebih menyenangkan dan lebih barokah. Dan jangan lupa, jaga selalu kesehatan tubuh sebelum dan saat perjalanan mudik. Selamat berkumpul kembali bersama keluarga!



WAJIB KAMU TAHU

Trik Menyewa Genset yang Tepat untuk Pabrik

Trik Menyewa Genset yang Tepat untuk Pabrik Trik Menyewa Genset yang Tepat untuk Pabrik - Tak bisa dipungkiri bagi sebuah pabrik yang bergerak dalam bidang industri tentu akan membutuhkan tenaga listrik yang besar. Tenaga listrik tersebut digunakan untuk menjalankan...

baca lainnya

Daftar Mifi Terbaru 2019 yang Laris di Pasaran

Daftar Mifi Terbaru 2019 yang Laris di Pasar Indonesia Daftar Mifi Terbaru 2019 - Mobile Wifi atau yang kerap disebut dengan mifi merupakan sebuah produk yang sedang tren saat ini. Jika dulu pemakaian USB modem sangat marak, sekarang penggunaannya mulai ditinggalkan....

baca lainnya

10 Komentar

  1. Ramadani Idaham

    Gua pernah balik dari luar kota pakai motor yang bannya lumayan botak, mana hujan lagi otomatis jalanan licin, membuat gua hampir menabrak orang, bahaya banget hehe

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      wahh lain kali sebelum berangkat baik mudik ataupun yang laiinnya periksa setiap bagian motor… karena keselamatan mulai dari kita ๐Ÿ˜€

      Balas
  2. rafi

    setelah tulisan wajib kamu tahu, kok kosong ya gan? apa loading internet ku yang parah.. penasaran deh..

    Balas
  3. sunardi

    No. 6 suka banget, apalagi di daerah tujuan kan pastinya sudah ada juga ATM. Demi menghindari resiko.

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      betul banget,, kita gak akan tahu pak apa yang akan terjadi kedepannya ๐Ÿ™‚

      Balas
  4. Fanny F Nila

    Udah lama banget ga mudik, sejak si baby lahir, dan ternyata dia selalu mabuk kendaraan tiap bepergian. Makanya kita stop dulu sementara waktu. Tapi zaman masih sering mudik, semua tips di atas aku juga lakuin. Service kendaraan itu wajib. Trus uang tunai aku kurangin dengan bawa kartu debit dan kredit thok. Serem skr ini bawa tunai.

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      betul banget… sekarang bayar tol aja pake e-money ๐Ÿ˜€

      Balas
  5. vika

    ayo yang bawa kendaraan jangan luap cek mesin mobilnya biar ga mogok di jalan

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      wah malu banget tuh kalo sampe mogok di jalan pas perjalanan mudik ๐Ÿ˜€

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL PENTING

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone Masalah yang sering dialami iPhone - Smartphone atau ponsel cerdasย memang telah menjadi bagian tersendiri bagi masyarakat saat ini. Setidaknya terdapat berbagai macam Smartphone yang beredar dalam masyarakat seperti iPhone....

baca lainnya

Daftar Lomba Blog Desember 2018 Terbaru

Lomba Blog Desember 2018 "Resolusi Juara Lomba Blog 2019" Masirwin Blog Always Present Lomba Blog dan Kontes SEO Desember Terbaru, Terhangat, Terlengkap 2018 alo intronya ngucapin selamat datang kembali sepertinya sudah biasa, malah saya sendiri...

baca lainnya

Daftar Lomba Blog November 2018 Terbaru

Lomba Blog November 2018 "Rezeki Nomplok Penghujung Tahun" Masirwin Blog Present Lomba Blog dan Kontes SEO November Terbaru 2018 elamat datang kembali di Masirwin Blog yang suka update lomba blog terbaru. Yah, meskipun kadang kurang update tapi...

baca lainnya

139 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pin It on Pinterest

Share This