Selain pinjaman tanpa agunan atau yang dikenal juga sebagai KTA, maka jenis kredit lainnya yang tidak kalah populer dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah kredit multiguna. Banyak tentunya yang sudah tidak asing dengan hal ini.

Dimana nantinya Anda memang bisa mengajukan pinjaman dengan menggunakan barang berharga yang dijadikan sebagai agunan atau jaminan. Seperti diantaranya adalah sertifikat rumah ataupun BPKB kendaraan. Gadai BPKB mobil Jakarta salah satu pilihan utama bagi masyarakat.

Gadai BPKB mobil dan motor

Di Indonesia produk keuangan yang satu ini memang cukup marak. Namun tidak semuanya sudah berbadan hukum atau legal. Justru lebih banyak diantaranya yang tidak legal, bukan tanpa alasan, melainkan karena memang belum memenuhi standard keamanan yang sudah ditentukan oleh pemerintah tersebut.

Tentunya ini sangat membahayakan bagi Anda, karena bisa saja menyebabkan masalah di kemudian hari. Penting juga untuk mengetahui bahwa jika Anda mengajukan gadai BPKB kendaraan ini ada plus minusnya, yaitu:

Keuntungan:

  1. Plafon pinjaman tinggi, pengajuan kredit multiguna, apalagi yang mengandalkan BPKB mobil sebagai agunannya sudah pasti memungkinkan debitur untuk dapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena agunan dalam bentuk kendaraan roda empat, bahkan semakin mahal pasaran harganya, akan membuat plafon pinjaman yang ditawarkan tersebut kian besar.
  2. Syaratnya mudah, jika dibandingkan dengan KTA atau kredit tanpa agunan, maka untuk gadai BPKB kendaraan yang termasuk dalam kredit multiguna ini memberikan syarat yang jauh lebih mudah. Apalagi tak harus memiliki kartu kredit juga. Cukup dengan adanya surat kepemilikan atau BPKB kendaraan itu saja membuat pengajuan Anda bisa langsung diproses oleh lembaga pembiayaan.
  3. Nilai bunga relatif kecil, berbicara mengenai bunga yang harus dibayarkan sendiri juga tak perlu khawatir. Karena produk KMG ini berbeda dibandingkan dengan KTA. Termasuk diantaranya adalah bunga yang dikenakan kepada debiturnya. Jauh lebih kecil dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan. Sehingga kedepannya tidak akan terlalu membebani pengembalian hutang Anda.
  4. Banyak pilihan lembaganya, tidak perlu khawatir juga mengenai lembaga yang menerbitkan produk pinjaman berbasis kredit tanpa agunan atau gadai tersebut. Karena memang untuk lembaga penerbitnya ada banyak sekali, mulai dari yang berasal dari bank sampai dengan lembaga pembiayaan non bank.

Kekurangan:

  1. Resiko barang jaminan disita, sementara itu di satu sisi jika Anda mengambil produk pinjaman berbasis kredit multiguna semacam ini ada resiko barang disita, jika seandainya tidak mampu untuk melunasi kredit atau cicilan tersebut setiap bulannya. Diberikan masa tenggang selama beberapa bulan, jika lebih dari itu otomatis kendaraan akan disita.
  2. Prosesnya panjang, jenis pinjaman yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk bisa di approve, karena memang prosedurnya sendiri sangatlah banyak. Mulai diantaranya adalah mengisi form, mengajukan, dilakukan survey dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi jenis pinjaman semacam ini sebenarnya kurang cocok bagi Anda dengan kebutuhan darurat.

Itulah plus minus gadai BPKB mobil Jakarta. Selain nilai suku bunga sebenarnya ada masih banyak lagi diantara beban atau biaya lain yang harus Anda bayarkan dalam mengambil pinjaman ini. mulai dari provisi, biaya administrasi sampai dengan denda jika seandainya Anda telat di dalam membayar cicilan setiap bulannya. Jadi pastikan untuk membuat pengingat agar tidak sampai telat membayar cicilan.

 185 total views,  10 views today

Pin It on Pinterest

Share This