Prospek Kerja Lulusan SMA yang Bisa Dipilih

Tidak sedikit orang yang merasakan bingung saat mencari pekerjaan hanya dengan menggunakan modal ijazah SMA. Hal ini cukup wajar karena tidak semua lulusan SMA akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Lulusan SMA terbaik

Namun jangan berkecil hati, masih ada pekerjaan yang menerima orang dengan lulusan SMA. Berikut beberapa informasi mengenai prospek karir untuk lowongan kerja 2022 lulusan sma yang bisa dipilih antara lain :

1. Barista

Barista merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh semua kalangan termasuk orang lulusan SMA. Biasanya pekerjaan ini akan kita temukan di tempat yang memiliki konsep seperti caffe dan restoran.

Tugas barista sendiri adalah untuk membuat kopi, baik dengan menggunakan mesin expresso maupun manual brew.

Meskipun terdengar sepele, namun pekerjaan ini juga membutuhkan ketrampilan serta ketelitian yang tinggi. Sedangkan barista memiliki gaji yang lumayan, yaitu perbulannya bisa mencapai hingga 3 jutaan.

2. Satpam

Di era modern, satpam menjadi unsur penting dalam mendukung performa sebuah perusahaan. Pekerjaan ini merupakan jenis pekerjaan yang mencangkup semua golongan.

Satpam sendiri bertanggung jawab dalam menjaga aset serta melindungi keamanan juga keselamatan perusahaan dan karyawan di dalamnya. Gaji rata-rata satpam jika dihitung perbulan bisa mencapai 3 jutaan.

3. Kasir

Kebanyakan orang setelah lulus SMA memilih untuk melamar pekerjaan menjadi kasir, baik kasir di supermarket atau restoran cepat saji. Namun tidak seperti yang kalian bayangkan, menjadi kasir tidak hanya sekedar melayani pembayaran.

Kasir juga memiliki tugas yang beragam antara lain melayani proses transaksi, memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, melayani packaging barang pelanggan, memeriksa dan mencatat data penjualan, memeriksa daftar harga produk, memeriksa stok barang dan membuat laporan penjualan.

Gaji perbulan kasir sendiri mencapai hingga Rp. 2-4 juta perbulan.

4. Pelayan Cafe

Menjadi pelayan cafe tidak semudah yang orang lain bayangkan. Untuk menjadi pelayan cafe Anda harus memiliki sikap cepat tanggap dan tidak boleh lelet.

Namun hal itu tentunya bukanlah alasan untuk membuat pekerjaan ini menjadi tidak menyenangkan.

Keuntungan bekerja menjadi pelayan cafe adalah mampu berbicara di depan banyak orang, mampu mengerjakan banyak hal di waktu yang sama, dapat berinteraksi dengan pelanggan dan masih banyak lagi.

5. Driver Online

Driver online menjadi pekerjaan yang memiliki banyak penggemar di tahun ini. Bagaimana tidak?

Driver online merupakan pekerjaan santai yang bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan ini bisa mencapai Rp. 6 juta perbulan.

6. Penulis

Bagi orang yang menyukai pekerjaan yang terkesan santai dan dapat dilakukan di rumah, maka menjadi penulis adalah jenis pekerjaan yang sesuai untuk itu.

Penulis atau content writer merupakan pekerjaan yang menciptakan suatu karya tulis berupa fiksi dan non-fiksi. Menjadi penulis tidak membutuhkan gelar sarjana apabila Anda memiliki imajinasi tinggi.

Karena karya-karya yang diciptakan penulis berasal dari ide, pemikiran dan perasaan yang mereka tumpahkan ke dalam karyanya.

7. Sales

Sales merupakan bagian dari aktivitas berupa penjualan produk, barang dan jasa yang dilakukan penjual kepada pembeli. Tentunya pekerjaan ini juga menjadi salah satu jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh orang dengan lulusan SMA.

Tugas dari sales sendiri adalah untuk menjual barang dan jasa, menemukan klien potensial sehingga menjaga hubungan jangka panjang bersama klien.

Lowongan kerja lulusan sma bisa didapat dimana saja. Baik itu koran, social media, ataupun marketplace lowongan kerja seperti glints.

Tinggalkan komentar