Kanal Teknologi – Pada tahun-tahun sebelumnya, sebuah bisnis kecil akan mengklasifikasikan seorang akuntan yang baik sebagai salah satu persyaratan mendasar ketika memulai sebuah bisnis. Dukungan dan bimbingan seorang akuntan terhadap semua hal yang terkait dengan pendirian dan peluncuran bisnis dianggap penting agar bisnis kecil dapat berkembang dan sukses.

“Peran seorang Akuntan kini mulai berubah seiring munculnya software accounting.”

Kepentingan yang dirasakan dari peran seorang akuntan untuk bisnis kecil kini mulai dipertanyakan, pasalnya internet semakin tumbuh dan berkembang. Karena internet yang semakin berkembang maka semua informasi yang digunakan oleh seorang akuntan seperti informasi mengenai formasi perusahaan, struktur perusahaan, registrasi dan lainnya sebagian besar tersedia secara gratis di internet. Selain itu, pertumbuhan software accounting online juga semakin banyak dan telah digunakan oleh sebagian bisnis kecil agar data pembukuannya tetap pada kondisi yang baik.

Software Accounting, masa depan akuntan, cerita akuntan, lowongan lulusan akuntansi, sekolah akuntansi

Software Accounting Or Akuntan

Nah, pada kesempatan kali ini saya masirwin ingin membagikan sedikit alasan mengapa semakin banyak perusahaan kecil memilih menggunakan software accounting online ketimbang mencari seorang akuntan dan apa dampaknya untuk seorang akuntan.

Mengapa pemilik bisnis menggunakan software accounting online?

Mengapa para pemilik bisnis mulai migrasi menggunakan software accounting daripada mencari seorang akuntan? Sudah pasti ada point penting yang dipikirkan oleh pemilik bisnis. Kira-kira point penting itu apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

• Biaya

Ketika dunia akuntansi dan pembukuan tidak dapat diakses oleh pemilik usaha kecil, beban biaya yang besar dari memiliki seorang akuntan profesional dipandang buang-buang uang saja. Pemilik bisnis kecil berpikir daripada mengeluarkan biaya untuk menggaji seorang akuntan lebih baik biaya tersebut dialokasikan untuk biaya operasi inti bisnis. Semua urusan keuangan usaha kecil Anda akan menjadi beban signifikan bagi biaya dan keuntungan bisnis Anda. Oleh karena itu penggunaan software accounting online adalah pilihan yang tepat bagi pemilik bisnis kecil untuk memangkas biaya pengeluaran.

• Jadwal Waktu

Sebuah perangkat lunak accounting dapat terus bekerja selama 24 jam sehari sedangkan seorang akuntan telah menetapkan jadwal dan waktu pembukaan. Terlebih lagi jika tenggat waktu yang diperlukan membutuhkan bantuan dari seorang akuntan dan Anda pastinya dibebankan oleh biaya jam lembur untuk akuntan yang bekerja di luar jam kerjanya.

• Keamanan Informasi

Terlepas dari kemungkinan Anda menandatangani perjanjian kerahasiaan dengan akuntan pilihan Anda. Namun faktanya tetap bahwa Anda mengungkapkan informasi pribadi mengenai strategi dan kinerja bisnis Anda kepada pihak ketiga. Namun, ada juga risiko bahwa informasi ini masuk ke dalam domain publik. Sedangkan aplikasi accounting memungkinkan Anda menyimpan semua informasi rahasia Anda di dalam bisnis, sehingga tetap terjaga kerahasiaanya.

• Kemudahan Penggunaan

Kini software accounting telah didesain seramah mungkin untuk pengguna (user) bahasa kerennya user friendly. Banyak produk serta fitur yang tersedia yang tidak mengharuskan pengguna memiliki pengetahuan akuntansi sama sekali. Hal ini memungkinkan pedagang dan pemilik toko retail untuk dapat dengan mudah mengontrol urusan keuangan mereka.

• Peningkatan Kinerja Bisnis

Peningkatan serta keuntungan kinerja bisnis yang Anda kelola akan menjadi nyata dengan mengambil alih keuangan perusahaan melalui software accounting.

• Akuntabilitas 

Keuntungan nyata dari mengendalikan urusan keuangan Anda adalah bahwa ada tanggung jawab yang lebih besar untuk disampaikan. Software accounting memungkinkan pemilik usaha kecil untuk lebih dekat dengan urusan keuangan daripada menggunakan layanan outsourching.

• Kolaborasi

Salah satu risiko dari outsourcing akuntan atau manajemen keuangan adalah menghambat orang-orang dalam bisnis Anda berbicara dan terlibat dalam manajemen keuangan yang disiplin. Oleh karena itu dengan menggunakan aplikasi accounting Anda sebagai pemilik bisnis dapat mengambil kendali urusan keuangan secara internal di bisnis Anda kemudian meningkatkan keterlibatan dan kolaborasi di seluruh bisnis untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan Anda.

Demikian ulasan mengenai software accounting yang menggantikan peran seorang akuntan dan sudah banyak perusahaan kecil yang memilih menggunakan perangkat lunak accounting ketimbang mencari seorang akuntan. Lalu pertanyaannya, apakah peran seorang akuntan akan terancam dengan merebaknya software accounting ini? Menurut Anda bagaimana? Silahkan tuliskan tanggapan Anda dikolom komentar dibawah 🙂

Pencarian Terkait :

WAJIB KAMU TAHU

Cara Membuat Kastengel (Kue Keju Belanda-Indonesia)

Cara Membuat Kastengel (Kue Keju Belanda-Indonesia)

Berikut ini adalah cara membuat kastengel yang gurih. Kastengel adalah kue kering keju dari Belanda - Indonesia loch yang setia menemani Anda saat momen lebaran. Kue kastengel adalah kue yang sangat khas selama lebaran. "Kastengel" berasal dari kata Belanda "Kaas"...

baca lainnya

2 Komentar

  1. penting nih buat akuntan biar kerja lebih praktis.

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL PENTING

Tips Ajaib Berinvestasi Ala Milenial Zaman Now

Tips Ajaib Berinvestasi Ala Milenial Zaman Now

Entah siapa yang memulai jargon "Merdeka Finansial di Usia Muda", Membuat banyak Milenial sedikit mengerti bagaimana harus mengatur finansialnya. Salah satunya dengan berinvestasi. pakah kamu ingin menjadi milenial yang professional dan kreatif?...

baca lainnya
Penting Engga sih, Website untuk bisnis Online?

Penting Engga sih, Website untuk bisnis Online?

Yuk, Cari tahu seberapa besar peranan website untuk membantu para pebisnis online di Era Digitalisasi ini. Kira-kira menjanjikan atau tidak yah?  ​isnis online saat ini memang menjadi buah bibir banyak orang. Bagaimana tidak? Kita ketahui...

baca lainnya

 455 total views,  2 views today

Pin It on Pinterest

Share This