Tips Menghemat Uang Saat Road Trip ke Berbagai Kota

Ingin menjelajahi berbagai kota dalam satu perjalanan? Road trip solusinya. Sensasi mengarungi jalan dengan sepeda motor dan mobil sambil menikmati pemandangan jadi alasan banyak orang menggemari road trip. Mengatur anggaran penting agar Anda tidak kehabisan uang di tengah jalan.

menghemat uang saat liburan

Inilah beberapa tips untuk menghemat uang tanpa mengorbankan keasyikan perjalanan Anda!

1. Rencanakan Model Wisata

Setiap orang memiliki gaya berbeda dalam berwisata. Ketahui pelancong model apa Anda selama road trip. Misalnya, apakah Anda tipe pelancong petualang yang tidak keberatan berkemah atau tidur di mana saja? Mungkin saja Anda memilih jenis wisata yang relatif “aman” dengan penginapan minimal berbintang dua atau tiga. Mengetahui model wisata Anda akan membantu menentukan rencana perjalanan.

2. Rencanakan Rute Utama

Kesenangan dari road trip adalah menemukan pengalaman baru, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa merencanakan rute. Tentukan rute utama termasuk titik awal dan akhir perjalanan. Walaupun Anda menginginkan sedikit petualangan di jalan, jangan melenceng jauh dari rute utama tersebut.

3. Rencanakan Titik Tujuan Utama

Anda juga harus memastikan titik-titik tujuan utama untuk mengurangi pengeluaran tidak terduga. Tentukan tempat apa yang ingin Anda kunjungi, misalnya taman bermain, museum, kedai populer, atau tempat wisata alam. Jangan lupa mencari informasi tarif masuk atau harga tiket jika ada.

4. Bandingkan Tarif dan Fasilitas Penginapan

Membandingkan tarif serta fasilitas penginapan bisa mengurangi pemborosan. Penginapan dengan sarapan dan parkir gratis, misalnya, akan membantu menghemat uang selama perjalanan. Anda juga bisa lebih menghemat dengan memilih penginapan di lokasi strategis, tempat berbagai tujuan menarik bisa diraih dengan berjalan kaki.

5. Padukan Bekal dan Makan di Luar

 Road trip bisa menjadi kesempatan mencicipi makanan lokal, tetapi pastikan Anda menyeimbangkannya dengan membawa bekal. Hal ini demi mencegah Anda memboroskan uang berlebihan untuk makan. Makanan kering atau instan yang bisa diberi air panas bisa menjadi alternatif santapan saat di perjalanan.

6. Cek Harga Rata-rata Hidangan Restoran/Warung

Bandingkan harga rata-rata menu makanan di berbagai restoran atau warung populer. Anda bisa menggunakan bantuan seperti situs Traveloka Eats untuk menemukan harga rata-rata makanan dan minuman. Dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa menikmati hidangan lokal tanpa terkejut karena harga.

7. Cek Kondisi Kendaraan

Akhirnya, jika Anda berencana melancong dengan kendaraan pribadi, pastikan kondisinya baik untuk mengurangi risiko boros bensin atau biaya bengkel. Anda juga bisa berkonsentrasi menikmati perjalanan dan tidak perlu mengubah jadwal hanya karena kendaraan yang bermasalah.

Traveloka PayLater menawarkan kemudahan untuk melakukan tujuh tips di atas. Anda bisa menggunakan kartu ini untuk belanja atau bertransaksi di tempat apa saja yang menerima VISA. Kartu ini praktis, aman, dan bisa menjadi solusi kartu kredit atau debit, terutama jika Anda tidak ingin kehilangan kedua kartu penting tersebut. Gunakan kartu ini untuk road trip lebih aman dan praktis.

Tinggalkan komentar