Banyak alasan yang mendasari sebagian orang harus hidup hemat, meskipun sudah memiliki tempat tinggal di pusat perkotaan atau bahkan mempunyai pekerjaan tetap. Salah satu contohnya yaitu sewa apartemen bulanan dengan berbagai macam tips penghematan tanpa melupakan kualitas hunian.

Beberapa Tips Sewa Apartemen Bulanan Murah

sewa apartemen, cari apartemen, jual apartemen, sewa harian bulanan, apartemen terbaik

Source : Pexels.com

Apartemen menjadi pilihan banyak orang daripada menyewa rumah. Alasan utamanya yakni karena lebih praktis baik dari segi fasilitas atau lokasi. Untuk menghindari tarif yang cenderung tinggi, Anda bisa menerapkan tips berikut agar memperoleh harga miring:

1. Memilih Apartemen bukan di Pusat Kota

Salah satu alasan mengapa apartemen memiliki tarif sewa yang mahal adalah karena letaknya cukup strategis yakni berada di pusat kota. Salah satu cara menyiasatinya yaitu dengan mencari lokasi bukan di kawasan perkotaan (asalkan memiliki akses mudah ke berbagai tempat tujuan).

Dengan begitu, Anda tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk menuju tempat tujuan seperti kampus, kantor perusahaan, rumah makan, rumah sakit dan lainnya. Bukan menjadi perkara penting jika hidup jauh dari kawasan pusat kota, asalkan masih bisa hidup hemat.

2. Memilih Fasilitas Sesuai Kebutuhan

Anda bisa memilih apartemen kosong atau non furnished jika sudah memiliki peralatan sendiri. Tentunya tarif sewanya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan penyewaan penuh perlengkapan bagi penyewanya.

Jangan lupa bandingkan pula harganya untuk mendapatkan penawaran terbaik, namun tetap hidup dengan lingkungan nyaman. Jika memang tidak memiliki perlengkapan, Anda bisa membeli sedikit demi sedikit agar pengeluaran tidak begitu terasa.

3. Tidak Menjualnya Sendiri

Jika Anda bisa berbagi tempat hidup bersama orang lain (patungan), maka tarif sewa apartemen pun dapat dibagi per kepala sehingga menjadi lebih murah. Hal ini sudah sering diterapkan bagi beberapa mahasiswa rantau yang tidak ingin menghabiskan banyak uangnya selama kuliah.

Tidak hanya menghemat pengeluaran saja, memiliki rekan di apartemen bisa membuat Anda akan selalu mempunyai teman selama bosan atau merasa jenuh. Namun pastikan sudah mengenal mereka dengan baik agar tidak terjadi beberapa hal yang kurang mengenakkan.

4. Mencari Waktu yang Tepat

Biasanya ada waktu dimana banyak orang akan mencari apartemen sehingga membuat harga sewanya meningkat. Seperti halnya, waktu masuk sekolah, liburan usai, ataupun hari-hari besar. Berbeda di masa pademi seperti sekarang yang cenderung turun harga sewa apartemen.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga jika tips semacam ini juga butuh kesigapan Anda. Sebab, kebanyakan orang juga berpikir sama agar mereka mendapatkan hunian terbaik dengan harga serendah-rendahnya.

5. Memilih Unit yang Ada di Lantai Tengah

Membayangkan melihat pemandangan jalanan dari balkon apartemen mungkin menjadi salah satu impian bagi kebanyakan orang. Sayangnya harga sewa kamar di lantai atas ini memang lebih mahal karena memang menyediakan fasilitas tersebut.

Kamar yang dekat dengan pintu masuk ternyata juga memiliki harga lebih mahal karena memiliki akses mudah untuk melakukan beberapa aktivitas. Oleh karena itu, Anda bisa memilih apartemen di lantai tengah untuk mendapatkan tarif sewa relatif murah.

6. Memilih Apartemen yang Baru Dibangun

Tidak jarang apartemen yang masih baru ini akan menurunkan harga sewa atau harga promo sebagai upaya mereka dalam mencari pasar dan menarik hati konsumen. Besar kemungkinan jika sudah berdiri dalam waktu lama maka tarif penyewaan bisa kembali normal.

Tidak ada salahnya apabila Anda memilih apartemen yang masih baru sebagai tempat tinggal. Akan tetapi, terkadang beberapa promo hanya ditujukan untuk beberapa unit yang memang tidak begitu memiliki banyak keunggulan.

7. Mencari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Anda perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Tidak perlu datang ke lokasi untuk survey, namun dari internet saja sudah cukup membantu. Bahkan, akan ada banyak pilihan dan layanan menarik di sana.

Umumnya dari website tersebut sudah menyediakan banyak ulasan dari pelanggan sebelumnya sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memilihnya. Namun, jangan lupa menanyakan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Anda bisa menerapkan beberapa tips sewa apartemen bulanan di atas untuk lebih meminimalisir pengeluaran. Dengan kata lain, penghematan ini perlu dilakukan sebab dapat mengalokasikan biaya kepada keperluan yang juga tidak kalah penting.

 178 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This