Visi Misi OSIS : Pengertian, Hal Penting dan Contoh

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang memiliki visi misi dalam memajukan sekolah. Bukan sekedar organisasi yang mengadakan even tahunan sekolah saja, OSIS memiliki peran dalam menjalankan kegiatan lainnya.

Seperti kegiatan yang berkaitan dengan ekstrakulikuler dan program-program lain yang tercantum dalam visi misi OSIS.

Mengingat setiap angkatan memiliki visi dan misi berbeda, karenanya penting untuk membuat visi dan misi dengan benar.

Untuk lebih paham dalam membuat visi dan misi berikut ini akan dijelaskan pengertian dan hal penting apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam membuat visi dan misi.

Pengertian Visi Misi OSIS

Visi dan misi memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Termasuk dalam membuat visi misi OSIS.

Kamu tidak bisa asal dalam membuatnya. Karena visi berhubungan dengan target utama yang akan dicapai. Sedangkan misi adalah cara yang akan dipilih dalam menyelesaikan atau mewujudkan visi tersebut.

Dari pengertian di atas kamu bisa memahami bahwa hal yang pertama kali harus kamu buat yaitu visi. Selanjutnya, menentukan metode apa saja berupa misi dalam  mewujudkan visi tersebut.

Cek Hal yang Perlu Kamu Pahami Tentang Visi Misi OSIS

Cek Hal yang Perlu Kamu Pahami Tentang Visi Misi OSIS

Membuat visi tidak bisa asal karena ini berhubungan erat dengan komitmen. Sehingga agar orang lain dapat memahami tujuan dari visi kamu maka buatlah pencapaian yang sesuai kemampuan diri masing-masing siswa.

Berikut ini akan dijelaskan sedikit informasi mengenai cara membuat visi dan misi yang baik dan benar.

1. Kesepakatan Bersama dengan Anggota Lain

OSIS sebagai sebuah organisasi tidak dapat berdiri sendiri dan dijalankan oleh seorang ketua saja. Melainkan perlu wakil ketua, sekretaris, bendahara dan anggota sekretaris bidang.

Sehingga dalam membuat visi dan misi harus mendapatkan persetujuan dari semua anggota. Hal ini ketika ada yang tidak sejalan dengan visi misi OSIS maka bisa didiskusikan kembali.

2. Visi dan Misi Harus Positif

Dalam membuat visi misi harus mengandung nilai-nilai Positif untuk siswa yang lain. Dimana visi dan misi yang baik akan memberi dorongan kepada siswa untuk lebih aktif.

Seperti halnya aplikasi bimbel belajar Ruangguru yang akan membuat siswa menjadi lebih pintar dan aktif. Karena Ruangguru hadir sebagai platform pendidikan berbasis teknologi  dalam membantu siswa untuk meningkatkan kemampuannya.

Ruangguru memiliki beragam produk dari ruang kelas, ruang belajar, ruang uji dan produk lainnya. Silahkan cek di sini untuk informasi produk lain yang ditawarkan Ruangguru.

3. Gunakan Bahasa yang Lugas dan Jelas

Membuat visi misi OSIS yang baik yaitu menggunakan bahasa yang jelas agar mudah dipahami oleh para siswa. Visi tidak harus hal-hal yang berlebihan dan menggunakan kata-kata yang mengandung bahasa intelektual.

Sebaliknya, walau visi sederhana tetapi dapat memberikan dampak besar terhadap perubahan kenapa tidak? Karena sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil terlebih dahulu.

Contoh Membuat Visi dan Misi OSIS

Buat kamu yang masih bingung cara membuat visi dan misi, berikut contoh dalam pembuatannya.

Contoh Visi

Membangun kehidupan sekolah yang aman, tentram dan damai. Serta memberikan kebebasan berekespresi dalam hal Positif.

Contoh Misi

Berbeda dengan visi, misi merupakan uraian yang lebih detail dalam menggambarkan visi dan hal-hal yang akan dilakukan agar tujuan dari visi OSIS tercapai.

Contoh misi pada Visi di atas:

  1. Bersama-sama menjunjung tinggi perbedaan di antara siswa. Baik itu perbedaan dalam status sosial, kemampuan dan lain-lain.
  2. Mengajak para siswa untuk tidak melakukan aksi bullying.
  3. Mengajak siswa di sekolah untuk mengekspresikan diri sesuai bakat dan minat yang dimilikinya. Selanjutnya, OSIS akan membuat program dalam mengembangkan seni dan bakat para siswa.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian visi misi OSIS beserta contohnya. Pastikan kamu membuat visi dan misi yang tidak hanya mementingkan ego sendiri. Melainkan melibatkan siswa lain.

Buat kamu yang tengah mencari bimbingan belajar online, silahkan mengunjungi situs resmi Ruangguru. Kamu bisa download aplikasi belajar Ruangguru di play store dan app store.

Tinggalkan komentar