10 Pertanda Sakit pada Jantung Kita yang Harus Diwaspadai

Penyakit jantung adalah salah satu silent killer di Indonesia, banyak pertanda sakit pada jantung kita yang sering diabaikan dan akhirnya menjadi fatal. Seseorang yang terlihat baik-baik saja bisa meninggal tiba-tiba, sebab ternyata ia memiliki penyakit jantung yang tidak muncul gejala, atau gejala yang tidak disadari.

Faktanya, Wanita memiliki risiko terkena penyakit jantung sama dengan pria namun ada beberapa hal yang membuat kondisinya berbeda sehingga membutuhkan pengawasan yang lebih ketat.

Bagi penderita kolesterol tinggi, obesitas dan tekanan darah tinggi, maka bisa jadi penyebab sakit jantung pada wanita, sama seperti para pria. Hanya saja ada faktor lainnya yang jadi pertanda sakit pada jantung kita dan meliputi sebagai berikut :

Diabetes

Seorang wanita dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung dan risiko serangan jantung mendadak lebih besar. Karena diabetes bisa mengubah tubuh dalam merasakan sakit.

Stres dan Depresi

Tak bisa dipungkiri jika stres dan depresi akan lebih berdampak pada wanita, jika mengalami hal ini maka sangat sulit untuk tetap dalam gaya hidup sehat. Pengobatan pun cukup sulit untuk dilakukan, hingga risiko penyakit jantung mengintai para wanita.

Merokok

Sama halnya dengan yang lain, merokok juga menjadi faktor yang menyebabkan wanita mengalami penyakit jantung yang berbahaya.

Kurang Aktivitas Fisik

Seseorang yang kurang bergerak memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung. Bahkan penelitian telah menemukan pertanda sakit pada jantung, para wanita yang mungkin jarang bergerak.

Menopause

Karena kadar estrogen yang rendah akan menimbulkan penyakit pada pembuluh darah. Maka wanita yang menopause baiknya menjalankan gaya hidup sehat untuk mencegah hal ini.

Riwayat Dalam Keluarga

Seorang wanita yang keluarganya memiliki penyakit jantung memiliki risiko yang besar, sama halnya pada pria.

Penyakit Radang

Bila seorang wanita mengalami gangguan kesehatan berupa rematik atau lupus, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Walau demikian, satu hal yang harus digaris bawahi bahwa penyakit jantung harus diwaspadai oleh semua orang. Tak hanya kaum perempuan saja, namun juga pria dan bahkan usia anak-anak. Maka sebaiknya segera tinggalkan gaya hidup yang tidak sehat, mulai untuk menerapkan diet makanan dan juga biasakan untuk bergerak aktif setiap hari.

Apabila muncul pertanda sakit pada jantung seperti yang dijabarkan di bawah ini, segera hubungi dokter untuk melakukan perawatan yang lebih intensif. Apa saja 10 gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai?

  1. Dada terasa nyeri, muncul rasa tidak nyaman pada bagian dada. Umumnya dada terasa ditusuk benda tajam, berat atau tumpul.
  2. Pada bagian leher, tenggorokan dan rahang terasa nyeri.
  3. Perut bagian atas terasa sangat nyeri.
  4. Bagian atas punggung terasa sakit.
  5. Mual-mual.
  6. Mengalami kelelahan.
  7. Sulit bernapas dan sesak napas.
  8. Kelemahan umum.
  9. Terjadi perubahan pada warna kulit, misalnya jadi pucat atau keabu-abuan.
  10. Lebih sering berkeringat.

Wanita akan mengalami gejala ini hampir sepanjang hari, baik itu saat ia sedang beraktivitas dan saat sedang istirahat sekalipun. Beberapa gejala awal yang disebutkan di atas pun menjadi gejala serangan jantung pada wanita yang harus sangat diwaspadai.

Saat penyakit jantung pada wanita berkembang, maka gejala yang muncul pun akan lebih banyak lagi. Bila pada lelaki yang mengalami sakit jantung akan lebih merasakan nyeri di dada, sementara beberapa gejala lanjutan setelah penyakit tersebut bertambah parah pada wanita adalah tungkai kaki yang engkak di tungkai, juga pada pergelangan kaki.

Selain itu juga akan mengalami penambahan berat badan dan muncul masalah tidur. Jantung berdebar kencang dan juga batuk mengi.

Bahkan juga akan mengalami gangguan pencernaan seperti sakit maag, selalu merasa gelisah tanpa alasan yang jelas dan bisa juga sampai pingsan. Apabila sudah muncul pertanda sakit pada jantung di atas, maka jangan tunda untuk segera temui dokter dan lakukan perawatan.

Bagi yang tidak mengalami gejala apapun, masih sehat dan bugar, sayangi tubuh dan selalu laksanakan gaya hidup sehat. Supaya bisa terhindar dari penyakit jantung yang mematikan ini.

Tinggalkan komentar