5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Akun Bank Kamu

Keuangan merupakan salah satu hal yang cukup krusial bagi sebagian besar orang. Oleh sebab itu pula, pengeluaran juga perlu kamu perhatikan di akun bank agar bisa hidup dalam damai, terutama untuk uang yang kamu simpan di bank.

Kira-kira hal apa saja yang perlu kamu ketahui dari keuangan pribadi dan keluarga kamu? Simak informasi berikut ini.

1. Nilai Pengeluaran yang Biasa Kamu Lakukan Tiap Bulannya

Anggaran setiap bulan tentu harus dipantau secara nyata dan realistis. Lihat seberapa pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan pada akun bank. Apakah keduanya seimbang?

Kamu pasti juga sudah mempelajarinya semasa studi, terdapat kebutuhan dan keinginan. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder, tersier, dan lain-lain. Apakah pengeluaran yang kamu lakukan tiap bulannya sudah sesuai dengan skala prioritas dari yang terpenting?

Jika kamu benar-benar ingin memanfaatkan fasilitas paylater, pastikan kamu sudah benar-benar serius menilai bagaimana kondisi keuangan dan pengeluaran yang kamu lakukan setiap bulannya.

Tidak ada data yang pasti untuk menilai seberapa bagus pengeluaran yang biasa kamu lakukan. Namun, kamu bisa menilai, apakah total pengeluaran bulanan dengan pemasukan yang kamu dapatkan sudah sesuai? Kamu juga harus memikirkan hal lain selain pengeluaran pada bulan itu, bukan?

2. Tahapan Membuat Rincian Budget untuk Bulan Depan

Setelah mengetahui bagaimana penilaian bulanan, yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah anggaran untuk bulan-bulan berikutnya. Pada tahap ini, pastikan anggaranya bisa mencukupi kebutuhan terpenting.

Lantas, bagaimana cara melakukan budgeting atau penganggaran untuk bulan-bulan yang akan datang? Hal yang satu ini juga tidak ada data pasti yang bisa kamu ikuti. Semua tergantung pada diri kamu.

Secara garis besar, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat pemasukan kamu. Setelahnya, sisihkan setidaknya 10% dari keseluruhan untuk investasi. Baru berikutnya lakukan budgeting untuk kebutuhan pasti seperti makan, minum, ongkos perjalanan, dan langganan. Sisanya mengikuti skala prioritas.

Selain itu, kamu juga harus menyisihkan dana yang kamu miliki untuk keperluan yang nantinya bersifat mendesak dan tiba-tiba. Seperti untuk kerusakan kendaraan, atau hal lainnya.

3. Mengembangkan Dana Darurat

Apakah selama ini kamu tidak pernah memikirkan hal yang satu ini dalam perencanaan keuangan? Mulai sekarang, sebaiknya kamu memasukkan dana darurat kedalam catatan prioritas karena juga akan berdampak dalam perekonomian yang kamu rancang.

Masa depan tidak hanya tentang impian positif, namun juga kamu harus bersiap dengan berbagai kemungkinan sampai yang terburuk sekalipun. Oleh sebab itulah, setidaknya kamu harus mempersiapkan dana darurat.

Perhitungannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menghitung total pengeluaran wajib dalam satu bulan. Sebagai informasi, pengeluaran wajib di  tentu saja yang sangat krusial, seperti konsumsi, langganan, dan hal apapun yang jika tidak terpenuhi kamu akan kesulitan.

Setelah memperoleh hasilnya, kamu bisa kalikan hasilnya dengan 6. Enam di  merupakan 6 bulan. Kumpulkan dan gunakan dana dana darurat di waktu yang benar-benar genting dan sedang tidak memungkinkan untuk mengandalkan pemasukan seperti biasanya.

4. Mengadopsi Pola Hidup Minimalis

Pola hidup minimalis bisa disimpulkan sebagai hidup praktis pada apa yang benar-benar dihargai. Sederhananya, kamu hidup hanya dengan barang yang benar-benar kamu butuhkan, bukan yang hanya sekedar kamu inginkan.

Dalam hal keuangan, minimalis cenderung memiliki manfaat yang nyata. Dengan minimalis, kamu hanya perlu sedikit pencatatan anggaran dan kamu juga tidak dipusingkan oleh hal itu. Keuangan lebih teratur, lebih banyak uang untuk diinvestasikan demi masa depan.

5. Monitor your Credit Score

Kredit merupakan salah satu fasilitas bank yang memberi banyak kemudahan dalam bertransaksi. Namun, kamu juga harus memperhatikan bagaimana penggunaannya agar kamu tidak terhanyut dalam kemudahan yang ditawarkan oleh kredit dan melupakan kondisi keuanganmu yang sesungguhnya.

Ada baiknya, kamu memiliki kartu kredit sesuai kebutuhan dan jangan terlalu banyak memiliki layanan pay later dari berbagai instansi dan jasa keuangan. Kamu juga harus memperhatikan limit kredit, bila perlu kamu bisa membacanya.

Agar semakin terorganisir dengan baik, kamu juga bisa mengatur budgeting pengeluaran dengan kartu kredit. Terakhir, sebaiknya pikir dua kali sebelum berbelanja dengan kredit, apakah belanja penting atau bisa ditunda.

Penutup

Seperti yang sudah dikatakan di awal artikel, keuangan merupakan salah satu hal yang krusial. Untuk itulah, kamu memerlukan berbagai pengetahuan seputar keuangan. Agar kamu bisa memiliki kondisi ekonomi yang stabil dan teratur, terutama untuk uang yang kamu simpan di bank.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk akun bank. Apakah artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kamu seputar dunia keuangan? Jangan lupa untuk tinggalkan jejak, ya!

Tinggalkan komentar