5 Tips Hemat Belanja Produk Rumah Tangga yang Patut Ditiru

Berbelanja produk rumah tangga merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh sebagian besar orang. Karena termasuk salah satu kebutuhan yang umumnya memiliki anggaran paling besar, alhasil banyak orang yang berusaha untuk menerapkan penghematan. Oleh karena itu, anda dapat mengikuti tips berikut agar belajar bisa lebih hemat.

Tips Hemat Belanja Berbagai Produk untuk Rumah Tangga

Tips Hemat Belanja Berbagai Produk untuk Rumah Tangga

1. Buat Catatan Belanja dengan Detail

Agar pengeluaran lebih jelas dialokasikan ke mana, maka alangkah lebih baik jika anda membuat catatan belanja yang detail dan rinci. Itu akan membuat anda mengetahui kemana arus keuangan mengalir. Alhasil anda bisa memangkas beberapa alokasi dana yang dirasa tidak terlalu perlu.

Dengan cara satu ini, dijamin anda akan lebih mudah mengingat detail barang yang habis serta perlu dibeli. Dan dengan mengandalkan catatan, maka anda bisa menghindari keinginan untuk membeli barang yang kurang penting atau masih ada di rumah. Karena menumpuk produk sama di rumah dikhawatirkan akan membuatnya melewati masa tanggal kedaluwarsa tanpa sempat terpakai.

2. Batasi Penggunaan Credit Card

Untuk membeli produk rumah tangga, sebaiknya batasi penggunaan credit card. Sebab anda akan merasa tidak mengeluarkan uang, namun tahu tahu credit card sudah mencapai limit dan pengeluaran membengkak. Ini akan membuat anda semakin sulit mengatur tiap pos pengeluaran finansial.

Jadi lebih baik untuk menggunakan credit card dengan bijak. Bahkan jika perlu anda menggunakannya tidak sampai mencapai limit yang telah ditetapkan. Jadi untuk kebutuhan rumah tangga sehari hari, sebaiknya pertimbangkan menggunakan budget yang memang sudah disediakan.

3. Beli Secara Online

Untuk kebutuhan rumah tangga yang bukan bahan makanan segar, seperti produk perlengkapan mandi, perlengkapan kebersihan untuk di rumah, dan lain sebagainya. Mulailah untuk mempertimbangkan pembelian secara online. Itu karena barang yang dijual online cenderung lebih murah, mengingat bahwa tidak ada toko fisik yang perlu dikelola dan menyita banyak biaya.

4. Jangan Ragu Bandingkan Harga

Karena saat ini platform online yang memperjualbelikan produk kebutuhan rumah tangga sudah sangat banyak, maka jangan ragu untuk membandingkan harga di antara deretan platform tersebut. Anda juga bisa membandingkan harganya dengan jenis produk yang sama namun berbeda merk.

Namun ada yang perlu diingat di sini, bahwa ada harga ada rupa. Akan tetapi, barang yang harganya mahal juga belum tentu menjamin kualitasnya dan barang dengan harga murah belum tentu murahan. Jadi pastikan juga anda sudah membandingkan harga produk rumah tangga dengan kualitasnya sebelum membeli.

Melakukan penghematan dalam pengeluaran harian memang gampang gampang susah. Oleh karena itu, supaya lebih mudah dan hemat, anda bisa belanja online di Olaif. Platform yang tersedia dalam bentuk aplikasi ini, menawarkan deretan produk kebutuhan rumah tangga dengan harga terjangkau serta pemesanan yang begitu mudah.

Tinggalkan komentar