7 Ide Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha makanan ringan menjanjikan bagi ibu rumah tangga untuk menghasilkan jutaan rupiah.

Media sosial menjadi tren untuk mengikuti jenis makanan ringan yang sedang ke kinian atau yang viral. Contohnya cara memakan es krim di geprek, churros, rujak mangga, dan masih banyak macamnya. Di mana kepopuleran cara makan maupun cara masaknya banyak ditiru oleh publik.

Dari bahan yang digunakan mudah didapatkan di sekitar kita dan cara memasaknya pun mudah. Peluang usaha makanan ringan yang viral di media sosial bisa menjadi ide usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga.

7 Ide Peluang Usaha Makanan Ringan untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Peluang Usaha Makanan Ringan untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha makanan ringan apa saja yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga sebagai berikut:

1. Churros

Churros merupakan makanan ringan yang ada di Spanyol. Semakin terkenal karena banyak tutorial memasak yang mudah di media sosial. Bahan makanan ringan ini mirip dengan donat, jadi sering dibilang donatnya orang Spanyol.

Perbedaannya hanya pada bentuknya. Jika donat melingkar dengan bolong di tengah, churros bentuknya memanjang bertekstur.

Penyajian churros bisa dengan celupan coklat, taburan gula halus, saus berbagai rasa, dan lainnya. Enak dinikmati setelah digoreng. Usaha ini cocok dilakukan di rumah saja dengan bahan yang relatif terjangkau dan mudah didapatkan.

2. Kentang Goreng / French Fries

French fries menjadi cemilan favorit anak-anak karena rasanya yang gurih, crispi, lembut di dalam, dan bisa diberi berbagai rasa. Untuk bahannya bisa membuat sendiri atau kentang potong kemasan. Disajikan dengan berbagai macam saus sampai keju.

Caranya membuatnya cukup sederhana dan bahan yang diperlukan tidaklah banyak. Untuk usaha ini bisa dengan modal kecil. Variasi saus lah yang menarik orang untuk menikmatinya. Jadi berinovasi dengan taburan atau saos akan menambah nilai lebih untuk dibeli.

3. Rujak Mangga

Rujak biasanya menggunakan bumbu gula merah, cabe, kacang tanah, terasi, dan asam. Namun rujak mangga berbeda dengan bumbu tersebut.

Sejak viral di media sosial cara menikmati rujak mangga dengan bubuk cabe, gula, dan garam. Bubuk cabe bisa menggunakan bon cabe yang sudah ada rasa gurihnya jadi hanya ditambahkan gula sedikit.

Harga bahannya cukup murah dan semakin murah jika sedang musim mangga. Cara penyajiannya dengan mengiris daging mangga menjadi potongan yang mudah dimakan. Kemudian ditaburi atau dikocok dalam wadah dengan bumbu keringnya.

4. French Toast

French toast, roti panggang yang sering dinikmati sebagai sarapan. Dengan bahan utama roti tawar dengan berbagai macam topping. Bisa dengan topping manis ditambahkan serbuk gula, susu, maupun selesai.

Jika topping gurih bisa dengan keju parut, mozzarella, sosis, saus, telur mata sapi, dan lainnya.

Untuk membuatnya sangat mudah bisa dipanggang di teflon maupun pemanggang roti khusus. Untuk menyajikannya cukup cepat karena semua bahan bisa dimasak dalam waktu sebentar.

5. Roti Gulung

Roti gulung dengan dibalut oleh tepung roti menjadi cemilan yang enak dan digemari banyak orang. Isiannya bisa manis maupun gurih.  Bahannya hampir mirip dengan roti panggang perbedaannya di cara masak dan penyajiannya.

Cara memasaknya yaitu satu lembar roti tawar diisi dengan rasa manis seperti seres, selai, atau coklat bubuk. Isi guringnya bisa keju atau keju. Kemudian digulung, dicelupkan ke kocokan telur, selanjutnya dibalut dengan tepung panir/roti. Terakhir goreng hingga warnanya kecoklatan.

6. Mac and Cheese

Mac and cheese merupakan perpaduan antara makaroni dan keju. Makanan ringan yang viral ini karena cheese yang digunakan bukan dari keju batangan melainkan snack cheetos atau snack lainnya yang ada rasa kejunya.

Cara memasaknya cukup mudah dengan bahan makaroni atau pasta, lada bubuk, keju parut, dan snack rasa keju. Pertama remuk cheetos atau snack lainnya dan rebus dengan air secukupnya hingga mencair.

Selanjutnya makaroni/pasta/, garam dan lada dimasukan ke dalam rebusan cheetos. Tunggu hingga airnya menyusut, simpan dalam wadah untuk penyajian dan taburkan keju parut.

7. Pizza Roti Tawar

Peluang usaha makanan ringan lainnya yaitu pizza dengan bahan utama roti tawar. Untuk memasaknya pun hanya lewat teflon tidak harus dipanggang dengan oven khusus. Caranya sangat mudah dengan memotong roti tawar menjadi potongan kecil.

Kemudian ratakan dalam teflon dan diguyur dengan kocokan telur hingga merata. Ratakan saus dan topping yang cukup mudah didapatkan seperti sosis atau keju. Masak dengan api kecil dan ditutup.  Cukup mudah dan bahannya murah  bukan.

Modal kecil dan mudah membuatnya ide usaha makanan ringan menjadi pilihan yang tepat untuk ibu rumah tangga. Bahan-bahan yang digunakannya pun mudah didapatkan. Apalagi sudah menjadi cemilan viral menjadi sebuah daya tarik sendiri untuk konsumen.

Tinggalkan komentar