8 Tips Merawat Rambut Panjang Anti Rontok

Tips Merawat Rambut Panjang Anti Rontok – Semakin panjang rambut, semakin besar pula risiko rontok dan rusak. Anda tentu tak ingin keindahan rambut jadi berkurang karena rambutnya tipis, juga terlihat kusam tidak sehat.

Tahukah Anda bahwa penanganan rambut panjang tidak bisa sembarangan, semakin panjang rambut, semakin sulit nutrisi menjangkau ujung rambut dan menyebabkannya bercabang, juga kering.

Karena kurangnya nutrisi, tak heran jika banyak rambut yang makin rontok jika sudah semakin panjang. Jika hal itu sudah terjadi, maka banyak orang yang kemudian memotong pendek rambutnya. Padahal masih ada jalan untuk membuat rambut panjang Anda kembali sehat seperti sediakala.

Tips Merawat Rambut Panjang

bagaimana cara merawat rambut panjang, cara merawat kulit rambut panjang, cara merawat rambut agar cepat panjang lurus dan lembut, cara merawat rambut agar cepat panjang pria, cara merawat rambut agar panjang, cara merawat rambut agar panjang dan lebat, cara merawat rambut agar panjang dan lurus, cara merawat rambut agar panjang dan sehat, cara merawat rambut cepat panjang dan lebat, cara merawat rambut cepat panjang dan sehat, cara merawat rambut cepat panjang dan tebal, cara merawat rambut dengan panjang, cara merawat rambut ikal panjang pria, cara merawat rambut keriting panjang, cara merawat rambut panjang agar lurus, cara merawat rambut panjang agar tetap indah, cara merawat rambut panjang agar tidak kering, cara merawat rambut panjang agar tidak kusut, cara merawat rambut panjang agar tidak rontok, cara merawat rambut panjang anak, cara merawat rambut panjang bagi pria, cara merawat rambut panjang berjilbab, cara merawat rambut panjang dan tebal, cara merawat rambut panjang ikal, cara merawat rambut panjang ikal pria, cara merawat rambut panjang laki laki, cara merawat rambut panjang pria, cara merawat rambut panjang pria agar tidak rontok, cara merawat rambut panjang pria kering, cara merawat rambut panjang saat tidur, cara merawat rambut panjang tebal, cara merawat rambut panjang wanita, cara merawat rambut panjang yang kering dan rontok, cara merawat rambut pria yang panjang, cara merawat rambut pria yg panjang, cara merawat rambut yang panjang, cara perawatan rambut panjang secara alami, merawat rambut agar cepat panjang, merawat rambut agar cepat panjang dan lebat, merawat rambut agar cepat panjang dan sehat, merawat rambut biar cepat panjang, merawat rambut cepat panjang, merawat rambut cepat panjang secara alami, merawat rambut ikal panjang, merawat rambut panjang, merawat rambut panjang agar tidak rontok, merawat rambut panjang berhijab, merawat rambut panjang cowok, merawat rambut panjang kering, merawat rambut panjang pria, merawat rambut panjang wanita, merawat rambut supaya cepat panjang, perawatan rambut cepat panjang, perawatan rambut panjang cowok, perawatan rambut panjang dan sehat, perawatan rambut panjang lelaki, perawatan rambut panjang pria di salon, perawatan rambut panjang rontok, perawatan rambut panjang untuk pria, perawatan rambut panjang wanita, perawatan rambut panjang yang benar, tips merawat rambut panjang, tips merawat rambut panjang pria, tips merawat rambut panjang untuk pria,

Ini dia tips merawat rambut panjang supaya anti rontok, silahkan disimak:

1. Hindari Produk dengan Kandungan SLS

Kandungan Sodium Lauryl Sulphate atau SLS ternyata bisa menyebabkan kerontokan rambut. Bahan ini adalah penghasil busa dalam berbagai produk haircare.

Pada dasarnya, SLS fungsinya untuk menyerap minyak dan menghilangkan kotoran di kulit kepala. Tetapi jika kulit kepala Anda sensitif, maka bisa membuat rambut Anda jadi rontok dan menyebabkan masalah kulit lainnya jika dibiarkan. Lebih baik ganti shampo dan perawatan rambut Anda dengan bahan yang lebih alami.

2. Membuka Pori dengan Air Hangat Sebelum Keramas

Setiap kali akan keramas, gunakan air hangat untuk membasahi rambut Anda. Sebab air hangat tersebut akan membantu dalam membuka pori kulit, akhirnya rambut pun bisa menyerap nutrisi yang ada dalam shampo.

Kemudian setelah keramas, gunakan air dingin untuk membilas sampai bersih. Tujuannya untuk menutup pori di kulit kepala, juga mengunci nutrisi yang diserap oleh rambut.

3. Gunakan Kondisioner di Ujung Rambut Saja

Saat menggunakan perawatan rambut, perhatikan cara menggunakannya dengan benar supaya berikan hasil paling maksimal. Salah satunya saat mengaplikasikan kondisioner, jangan aplikasikan dari kulit kepala melainkan hanya di ujung rambutnya saja.

Sebab kondisioner memang dikhususkan untuk merawat ujung rambut yang tak terawat. Jadi, aplikasikan mulai dari tengah batang rambut sampai ujung rambut.

4. Biasakan Menyisir dari Ujungnya

Siapa yang menyangka jika menyisir rambut juga bisa sebabkan kerontokan, apalagi pada rambut yang panjang. Tips untuk merawat rambut yang panjang supaya tidak mudah rontok, salah satunya dengan menyisir rambut dari bagian bawahnya.

Jadi, Anda akan merapikan rambut yang kusut tanpa harus membuat folikel rambut tercabut. Hindari juga menyisir saat rambut sedang basah, sebab rambut basah sensitif. Tak heran jika kemudian rambut jadi rapuh, mudah patah, bercabang dan rontok.

5. Lindungi Rambut dengan Heat Protector

Tidak ada salahnya menggunakan berbagai alat penata rambut, misalnya hair dryer dan catokan. Namun jika digunakan terus menerus setiap hari, maka semua itu bisa menyebabkan kerusakan parah pada rambut Anda. Oleh karena itu, gunakan salah satu produk heat protector yang bisa membantu Anda melindungi rambut saat menggunakan hair dryer, maupun catokan.

6. Memotong Rambut Rutin

Sekalipun rambut panjang adalah kesukaan Anda, tak berarti Anda tak bisa memotong ujungnya untuk dirapikan. Sebab bagian ujung rambut merupakan bagian yang paling muda, serta rentan bercabang. Jika Anda rutin merawatnya, maka tampilan rambut pun lebih rapi juga lebih sehat. Setidaknya potong ujung rambut tiap enam minggu sekali.

7. Gunakan Sarung Bantal Sutera atau Satin

Ternyata pemilihan sarung bantal pun memiliki peranan yang penting, pilih sarung bantal yang halus supaya bisa mengurangi gesekan kasar pada rambut. Menggunakan sarung bantal yang halus dan lembut juga bisa mengurangi risiko rambut kusut. Khususnya jika rambut Anda keriting, atau ikal.

8. Jangan Menggosok Rambut

Setelah keramas, biasanya rambut akan dikeringkan dengan menggunakan handuk. Menggosok-gosoknya dengan keras dianggap bisa cepat mengeringkan rambut, padahal hal ini malah akan membuat rambut rapuh dan patah.

Jika ingin, gunakan handuk mikrofiber yang lembut dan menyerap air lebih banyak. Tak perlu digosok, cukup ditekan-tekan saja. Apabila ingin menggunakan hair dryer, maka baiknya ambil jarak 15 cm dan jangan terlalu panas.

Demikian adalah cara merawat rambut layer panjang Anda, jangan ragu untuk menggunakan rangkaian produk haircare jika memang Anda membutuhkannya.

Tinggalkan komentar