Cara Ajukan Banding Merek Dagang Yang Wajib Anda Ketahui

Ini lah cara ajukan banding merek dagang yang wajib Anda ketahui, Catat dan pahami prosedurnya, jangan sampai keliru.

Pendaftaran merek sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda, baik kecil maupun besar. Hal ini berhubungan dengan kualitas produk dan kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang Anda jalankan.

Pendaftaran ini harus melalui beberapa tahap, tetapi tidak jarang justru ditolak oleh Ditjen, sehingga harus melakukan cara lainnya. Banding merek dagang jadi salah satu solusi yang bisa ditempuh saat ini. Yuk intip cara ajukan banding di bawah ini!

Prosedur Permohonan Banding Merek

prosedur banding merek. flowchart, definisi flowchart

1. Pengajuan Banding dan Pemeriksaan kelengkapan

Dalam proses ini, Anda perlu membuat surat pengajuan banding terkait merek yang telah ditolak oleh Direktur Merek dan Indikasi Geografis. Surat ini dibuat oleh pemohon, lalu ditujukan kepada Ketua Komisi Banding Merek.

Selain itu, Anda juga harus merogoh kocek sekitar 3 juta rupiah untuk biaya permohonan banding ini dan tidak lupa menyertakan bukti pembayarannya. Terakhir sertakan surat kuasa bila melalui Konsultan Kekayaan Intelektual.

2. Pencatatan

Setelah seluruh syarat telah disiapkan dan lolos tahap pemeriksaan, gugatan ini akan dicatat dalam buku khusus permohonan banding merek dagang.

Pada tahap ini, Anda sudah harus memastikan kelengkapan berkas. Bila berkas tidak lengkap, akan diberikan pengumuman secara tertulis bahwa masih harus melengkapi dokumen.

Permohonan bisa kembali ditarik saat dokumen belum lengkap, tetapi biaya yang sudah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali.

3. Penyusunan Jadwal Persidangan

Setelah melalui proses yang cukup panjang karena memerlukan waktu kurang lebih 60 hari kerja, proses ini memasuki tahap pertengahan.

Pengajuan permohonan banding anda akan segera diproses dan dicatat. Setelah dicatat, jadwal untuk persidangan akan segera diatur karena jumlah pemohon tentu tidak sedikit.

Pada saat ini, anda juga harus bersabar karena waktu yang diperlukan tidak diberitahukan dengan jelas dan harus selalu mencari info terbaru.

4. Pengumuman Jadwal Persidangan

Pengajuan permohonan banding akan diproses dalam waktu yang relatif lama, sekitar 60 hari kerja. Setelah itu, pengumuman hari persidangan akan segera dirilis bila jadwal telah selesai dibuat.

Jadwal siding ini dirilis secara online melalui website resmi yang khusus untuk merek dagang di Ditjen Kekayaan Intelektual.

Informasi yang disebarluaskan secara online ini lebih efektif dan bisa diterima oleh seluruh masyarakat dengan sangat mudah.

5. Persidangan Pemeriksaan Banding Merek

Saat hari persidangan, Anda harus sudah siap dengan segala kemungkinan yang mungkin terjadi. Pada tahap ini, terdapat dua kemungkinan yaitu permohonan dikabulkan atau justru akan ditolak.

Sebagai bentuk antisipasi, anda bisa menyiapkan berkas salinan putusan penolakan pengajuan merek oleh Direktur Merek dan Indikasi Geografis.

Melalui surat ini, akan tampak jelas kesalahan atau kekurangan dari pendaftaran merek yang sudah dilakukan.

6. Keputusan Komisi Banding Merek

Gugatan atau banding yang diajukan tentu memiliki syarat atau hal hal yang diinginkan di surat pengajuan banding. Selama kurang lebih 30 hari kerja, masalah ini akan digodok lebih lanjut akan menemui titik terang terkait merek dagang yang diajukan.

Komisi satu ini bisa mengabulkan banding secara keseluruhan, mengabulkan sebagian, atau justru menolak yang anda ajukan. Melalui putusan ini, anda harus segera mengambil langkah yang tepat.

Setiap pelaku bisnis harus tahu bahwa pendaftaran merek sangat penting untuk memajukan usaha yang Anda miliki. Salah satu kendala saat pendaftaran merek ini seringkali ditolak dan tidak menemukan merek yang sesuai.

Solusi untuk kondisi itu adalah mengajukan banding dengan tahapan, yaitu membuat surat banding, pencatatan, penyusunan jadwal sidang, pengumuman melalui website, persidangan, dan putusan Komisi Banding Merek.

Artikel ini tayang pada kategori Business, dan dipublikasikan oleh Irwin Andriyanto. Kunjungi halaman Gudang Baca untuk melihat seluruh artikel sudah tayang di Blog Masirwin Note.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 147 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This