Cara Bermain Bowling untuk Pemula

Menguasai teknik bermain bowling tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Meski terlihat hanya menggelindingkan bola, tapi ternyata tetap dibutuhkan kemampuan untuk bisa memenangkan permainan ini, loh.

Di balik kesederhanaannya itu, ternyata bowling membutuhkan konsentrasi dan olah tubuh yang tepat ketika memainkannya. Walaupun tergolong sebagai rekreasi atau permainan olahraga, tetap ada beberapa hal yang harus teman-teman perhatikan. Mulai dari teknik hingga trik untuk memenangkannya, harus teman-teman kuasai. 

Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan tentang teknik dan trik untuk memainkan permainan ini dengan maksimal. Yuk, kita cari tahu!

Teknik Bermain Bowling untuk Pemula Agar Lebih Mudah Menang

Cara Bermain Bowling untuk Pemula

1. Pilih Ukuran Bola yang Sesuai

Untuk teman-teman yang baru akan mencoba olahraga ini, mulailah dengan memilih jenis bola yang sesuai. Bola yang biasa digunakan dalam permainann bowling biasanya memiliki lubang-lubang pada permukaannya. Pada lubang-lubang inilah kita akan mengaitkan ketiga jari, untuk mengarahkan bola pada pin sasaran.

Bola dengan lubang yang terlalu besar, akan membuat bola mudah terlepas. Begitupun sebaliknya, bola dengan lubang yang terlalu sempit akan membuatnya susah untuk dilepaskan bahkan tak jarang bisa melukai jari.

Pilihlah bola dengan lubang yang pas dengan jari-jari kita. Kesalahan dalam memilih ukuran bola, juga akan berdampak pada ayunan kita nantinya.

Terkait jenis bola ini, teman-teman juga bisa menggunakan perbandingan berat bola dengan berat badan kita. Salah satu ketentuan yang disyaratkan dalam olahraga rekreasi ini adalah perbandingan berat bola adalah 10% dari berat badan kita. Namun, beberapa orang juga menggunakan bola yang sedikit lebih berat dari ukuran tersebut.

Salah satu tanda untuk mengetahui apakah kita memilih bola dengan benar adalah, letak lubang jari jempol dan jari tengah yang berdekatan. 

2. Perhatikan Ayunan Bola

Setelah mendapatkan ukuran bola yang pas, saatnya mencoba mengayunkan bola pada jalur yang disediakan.

Di arena bermain, biasanya teman-teman akan melihat garis. Nah, ingatlah untuk mundur empat langkah dari garis tersebut. Informasi menarik terkait hal ini adalah, sebelum kita melemparkan bola ada empat tahap (langkah) yang akan kita lakukan.

Pada langkah pertama, teman-teman bisa memulai langkah pada kaki yang sama dengan tangan yang digunakan memegang bola. 

Langkah kedua, arahkan bola sejajar dengan pergelangan kaki dan tekuk lutut secukupnya.

Ketiga, bersiaplah untuk melemparkan bola. Ayunkan bola ke belakang tubuh dan kumpulkan tenaga untuk melemparkannya. 

Pada langkah keempat sekaligus langkah terakhir, lemparkan bola pada pin yang sudah berjejer.

3. Luruskan Lengan

Teknik bowling yang selanjutnya adalah memperhatikan posisi lengan. Seperti yang sebelumnya kita bahas, yakni meluruskan lengan ketika melemparkan bola.

Hal ini sangat perlu diperhatikan, sebab ketika kita menekuk lengan, maka besar kemungkinan bola tersebut akan terlempar secara miring.

Apakah bola bisa terlempar ke atas? Tentu saja bisa. Ini bisa terjadi jika teman-teman menekuk lengan ke atas.

Jadi, pastikan lengan tetap lurus ketika kita melemparkan bola, ya. Karena hal ini juga akan memudahkan bola terlempar ke sasaran.

4. Melempar Bola

Ketika akan melemparkan bola, pastikan kaki teman-teman berada dekat dengan garis pembatas. Namun, harus diperhatikan juga beberapa posisi anggota tubuh lainnya, seperti punggung lurus, bahu terpusat pada target dan lutut yang sedikit ditekuk.

Nah, untuk teman-teman baru memulai bermain bowling, cobalah untuk memusatkan sasaran pada tengah pin terlebih dahulu. Dan pastikan jarak teman-teman tidak terlalu jauh dari garis batas, ya.  Jarak ini akan sangat berguna pada laju kecepatan bola di arena bowling.

Selain menerapkan teknik bowling diatas, trik lain untuk memenangkan permainan ini adalah dengan rajin menyaksikan pertandingan, meminta saran dari senior atau bergabung dalam komunitas. Salah satu keuntungan bergabung dalam komunitas bowling adalah untuk menjaga ritme latihan kita.

Ketika teman-teman ingin mencoba olahraga ringan ini, pastikan juga memiliki perlengkapan pendukung lain, seperti sepatu. Tentu kita tahu, kan, jika arena bowling ini memiliki desain khusus?

Menerapkan teknik bowling dan trik untuk memenangkannya di atas, bisa saja membantu teman-teman dalam memenangkan permainan. Namun sebagai pemula, tentu saja kita perlu menambah jam terbang berlatih untuk mengasah kemampuan.

Oke, jadi apakah apakah teman-teman punya teknik bowling khusus agar memenangkan permainan dengan mudah?

Tinggalkan komentar