Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, penggunaan gadget kian diminati semua orang. Bukan hanya digunakan oleh orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak. Padahal penggunaan gadget di bawah umur bisa memberikan dampak negatif jika dilakukan tanpa pengawasan.

Salah satu dampaknya adalah anak mengalami kecanduan gadget. Anak yang mengalami masalah ini biasanya memiliki ciri-ciri sulit bergaul, menangis keras saat tidak diberikan ponsel, dan lain-lain.

Jika sudah terjadi demikian, sebagai orang tua harus segera mengatasi kecanduan gadget pada anak segera mungkin. Kondisi tersebut bisa menyebabkan masalah perkembangan dan kesehatan fisik maupun mental, serta masalah sosial anak. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua dalam menangani kasus kecanduan gadget ini.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Mengatasi kecanduan gadget sejak dini

Apabila Anda menemukan kondisi anak yang hampir tidak bisa lepas dari gadget, beberapa cara ini dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan pada gadget.

1. Jadi contoh yang baik

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah dengan menjadi contoh yang baik. Sehingga sebelum melarang dan membatasi anak menggunakan gadget secara berlebihan, ada baiknya orang tua memberikan contoh.

Caranya adalah dengan tidak bermain ponsel di depan anak. Karena akan sangat percuma jika melarang anak, tetapi Anda sendiri tidak bisa mengontrol keinginan bermain smartphone.

2. Luangkan lebih banyak waktu untuk anak

Terkadang penyebab anak sering bermain gadget adalah kurangnya waktu bersama orang tua untuk memperhatikan anak. Sehingga anak mencari pelarian dengan bersenang-senang menggunakan gadget. Maka dari itu, pastikan Anda meluangkan waktu yang cukup untuk bersenang-senang dengan anak tanpa ponsel disekitarnya.

3. Berikan pembatasan dan pengawasan

Cara mengatasi kecanduan anak dalam menggunakan gadget bukanlah dengan melarang keras untuk menggunakannya. Cara yang tepat adalah dengan memberikan batasan dan pengawasan ketika anak bermain gadget. Misalnya saja dengan mengurangi waktu menggunakan gadget sedikit demi sedikit. Selain itu, pastikan juga Anda memberikan pengawasan terbaik dengan mendampingi saat beraktifitas memakai gadget jenis apapun.

4. Lakukan aktivitas menyenangkan bersama anak

Anak yang sudah kecanduan, biasanya pikirannya hanya akan tertuju penggunaan gawai atau gadget. Sehingga untuk mengalihkan pikiran tersebut, ada baiknya orang tua mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya saja bermain petak umpet bersama, menggambar, pergi ke pantai, berkebun, ataupun sekedar berdongeng fabel.

5. Ajak anak bermain bersama teman-temannya

Anak yang sudah terlalu lama bermain gadget biasanya akan kehilangan waktu bermain bersama teman-temannya yang seumuran. Maka dari itu, Anda bisa mengajaknya ke taman untuk bermain bersama anak-anak seusianya tanpa gadget. Bila perlu, Anda juga bisa mengundang anak tetangga sekitar atau teman sekolahnya untuk bermain di rumah.

6. Berikan mainan yang disukai

Bermain adalah aktivitas yang menyenangkan dan menjadi kebutuhan penting yang menunjang perkembangan anak. Supaya anak lebih menyukai aktifitas bermain dibandingkan gadget, berikan mainan yang disukainya. Misalnya saja sesekali membelikan mobil-mobilan, robot, ataupun sekedar layang-layang sesuai keinginannya.

7. Batasi akses internet

Dalam mengatasi kecanduan gadget yang terjadi pada anak, membatasi akses internet adalah kunci penting yang sangat tepat. Seringkali anak kecanduan gadget untuk mengakses konten yang memerlukan layanan internet seperti permainan online atau YouTube. Jika Anda membatasi, pastinya anak tidak akan bisa menggunakannya.

8. Berikan Pemahaman mengenai Bahaya Gadget

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan, cara terakhir adalah dengan memberikan pemahaman mengenai bahaya gadget. Jelaskan secara pelan-pelan supaya anak mengerti dan tidak merengek. Pastikan anak bisa mengikuti peraturan dalam memainkan gadget tersebut.

Membiarkan anak terlalu lama bermain gadget tentu akan menimbulkan masalah terhadap tumbuh kembang anak. Itulah sebabnya Anda harus segera mengatasi kecanduan demi meminimalisir resiko di kemudian hari.

Nah, cara mengatasi kecanduan gadget pada anak di atas cukup efektif untuk Anda terapkan di rumah. Anda juga bisa memberikan kesepakatan jika anak melanggar, contohnya membantu orang tua atau melarangnya bermain gadget seharian.

Namun perlu diingat bahwa di awal-awal, biasanya anak akan tampak memberontak.

Hal ini sangatlah wajar, mengingat anak sudah terbiasa dengan aktivitasnya bersama gadget. Tetapi jika sudah cukup lama mengalihkan perhatian anak dan tidak berhasil, sebaiknya konsultasikan ke psikolog. Jangan tunggu sampai anak semakin dewasa karena akan makin sulit untuk mengubah kebiasaannya.

 663 total views,  11 views today

Pin It on Pinterest

Share This