Cara Mengembangkan Merek Produk dengan Cepat

Membangun merek bisnis dari kecil menjadi besar tentu tidak mudah. Salah satu cara yang bisa anda lakukan, adalah membuat merek yang bisa menarik perhatian pelanggan. Berikut ini cara mengembangkan merek produk yang bisa anda ketahui.

Mengembangkan Merek Produk dengan Cepat

Mengembangkan Merek Produk dengan Cepat

Merek Harus Menarik dan Berbeda

Saat ini sudah banyak produk dengan merek dagang yang mirip dengan kompetitor yang sudah ada di pasaran. Ini bagus, tetapi di mata konsumen tampaknya perusahaan tidak kreatif dalam memberikan nama merek dagang. Padahal, semakin berbeda merek yang kita miliki dengan merek lain, semakin besar kemungkinan untuk berkembang dan dikenal oleh konsumen.

Mengetahui Target Pemasaran

Sebaiknya anda melakukan riset langsung di lapangan, sehingga anda dapat menentukan kepada siapa produk yang dihasilkan oleh bisnis anda harus dijual. Hal ini juga berdampak pada proses pemasaran dan penetapan harga produk bisnis anda.

Ketahui Keunikan Produk

Jika target pasar sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa keunikan produk yang dijual. Perhatikan warna, desain, motif dan bahan yang digunakan. Bentuk kemasan atau isi produk yang unik juga dapat meningkatkan nilai jual. Keunikan produk tidak selalu berkaitan dengan produksinya. Namun bisa juga dari bentuk kemasan produk.

Berikan Label Produk

Trik selanjutnya untuk sebuah brand bisnis adalah dengan memberi label pada produk yang akan dijual di pasaran. Berikan label produk yang tentunya berbeda dengan produk sejenis lainnya. Hindari plagiarisme, hanya karena kesamaan label produk yang dibuat.

Jika ternyata label produknya sama, anda bisa dituntut karena menjiplak merek orang lain. Karena itu, lakukan riset mendalam sebelum memberi label pada produk. Karena label produk ini juga akan mempengaruhi logo, desain, dan tampilan website yang akan digunakan nantinya.

Untuk mempermudah proses ini, anda bisa menggunakan nama anda sendiri sebagai label untuk produk yang anda jual. Dengan begitu, orang tahu bahwa anda adalah desainer yang mendesain dan memproduksi barang tersebut.

Desain Logo Menarik

Logo untuk mewakili produk yang kita buat. Dengan logo tersebut, konsumen juga dapat mengenali brand bisnis produk kita. Buat logo produk yang menarik, unik dan mewah. Perhatikan setiap detail logo. anda dapat menggunakan simbol atau teks untuk membuat logo.

Carilah referensi logo, namun jangan menjiplak. Dengan melihat referensi desain logo orang lain dan mempelajari sejarah pembuatannya, anda akan memiliki perbandingan dan mendapatkan ide menarik untuk membuat logo yang berbeda dan berbeda dari yang lain.

Setiap bisnis memiliki latar belakang. Pasti ada seluk beluk kenapa bisnis itu didirikan, agar desain logo yang dibuat dapat menunjukkan identitas merek dengan tepat. Rancang beberapa sketsa sebagai alternatif. Dengan membuat sketsa terlebih dahulu, anda dapat menjelajahi desain dan memiliki ide bentuk logo mana yang terbaik untuk dikembangkan.

Promosi di Media Sosial

Selain sebagai tempat pemasaran, media sosial juga baik untuk branding produk. Memiliki setidaknya satu akun media sosial produk yang dijual untuk branding. Kapan pun orang lain menggunakan merek anda, mereka dapat menandai akun media sosial merek tersebut.

Dengan media sosial, anda juga bisa mengembangkan merek produk. Karena media sosial bisa dijadikan sebagai wadah untuk berpromosi. Caranya cukup mudah, cukup share konten akun ke timeline. Dengan begitu, apa yang anda bagikan dapat dilihat oleh orang lain.

Tinggalkan komentar