Cara Waxing Ketiak Sendiri di Rumah

Cara waxing ketiak ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya sangat mudah. Tinggal siapkan alat dan bahan, baca artikel ini sampai selesai, bulu ketiak pun siap dieksekusi.

Mencukur bulu ketiak dengan alat cukur memang bisa membuat bulunya tidak terlihat, tetapi itu hanya sebentar. Di kemudian hari, bulu ketiak akan kembali tumbuh. Memotongnya dengan alat cukur hanya membuat bulu tidak tampak saja, tidak menghilangkannya secara permanen. Ada cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukurnya.

Cara menghilangkan rambut ketiak selamanya, agar tidak muncul lagi. Tentu bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Anda bisa melakukannya sendirian di rumah tanpa bantuan orang lain.

waxing ketiak sendiri ternyata mudah

Cara Waxing Ketiak Sendiri di Rumah

Cara menghilangkan bulu ketiak yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan wax ketiak;
  2. Bersihkan bulu ketiak;
  3. Berikan bedak di area ketiak;
  4. Tempel wax ke ketiak;
  5. Lepas waxing;
  6. Bersihkan;

Untuk cara dan juga tips lengkap supaya prosesnya berjalan lancar tanpa rasa sakit yang berlebih, Anda bisa membaca detailnya sebagai berikut :

Siapkan Wax

Wax (lilin) ini bisa berasal dari bahan alami (harus dibuat dulu) atau bahan praktis tinggal pakai. Anda bisa membelinya di minimarket terdekat atau memesan di marketplace.

Cara membuat waxing ketiak di rumah dengan bahan alami :

  • Gula pasir 250 gr atau secangkir
  • Madu 250 gr atau secangkir
  • Sari lemon 125 gr atau setengah cangkir

Ikuti petunjuk berikut untuk membuatnya :

  • Lelehkan 250 gr gula dalam panci atau teflon, dalam api sedang. Tidak terlalu panas karena bisa jadi gula akan hangus. Aduk merata sampai gula berubah menjadi cair dan berwarna keemasan.
  • Masukkan sari lemon dan madu lalu aduk. Pada tahap ini, gula akan berubah bentuk menjadi busa kental. Jika menjadi keras, segera encerkan dengan satu sendok air.
  • Dinginkan

Sambil menunggu dingin, Anda bisa mempersiapkan tahapan berikutnya.

Bersihkan Bulu Ketiak

Sebelum menghilangkannya, tentu bulu ketiak harus dalam keadaan bersih dan siap dihilangkan. Jadi, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu bulu ketiaknya. Anda bisa menggunakan sabun, caranya gosok area ketiak dengan busa sabun, lalu bilas pakai air hangat (supaya bulu dan kulit menjadi lunak, bulu jadi lebih mudah dihilangkan).

Setelah dibersihkan, sebaiknya biarkan kulit mengering secara alami.  Setelahnya, potong setiap bulu ketiak menggunakan gunting biasa, sisakan panjang ketiak sekitar 0.6cm. cara ini dilakukan agar bulu ketiak lebih mudah dicabut dan tidak mendatangkan rasa sakit.

Berikan Bedak di Area Ketiak

Setelah bulu-bulu ketiak dipotong sampai 0.6cm, sebaiknya baluri area yang akan diwaxing dengan bedak. Ratakan sampai tidak ada bubuk bedak yang menggumpal. Anda bisa menggunakan handuk halus atau kapas untuk meratakannya.

Jika khawatir proses waxing nantinya meluber ke mana-mana, Anda bisa memasang parameter dengan strip wax, handuk, atau kain.

Bedak ini berfungsi membuat bulu lebih merekat dengan wax.

Tempel Wax ke Ketiak

Cara waxing ketiak selanjutnya. Wax yang sudah dipersiapkan, untuk menempelkannya pada ketiak, Anda bisa menggunakan sendok kayu atau spatula. Tempelkan perlahan dan buat merata.

Sebelum wax menyerap, Anda bisa menempelkan kertas wax atau selembar kain. Tekan – tekan ke daerah yang ada bulu ketiaknya. Pastikan kain atau kertas wax ini sudah menempel dengan baik sebelum Anda mencabutnya.

Lepaskan Perlahan

Cara merontokan bulu ketiak yang paling nyaman adalah dengan mencabutnya berlawanan dengan arahnya bulu ketiak. Jangan lupa untuk mengencangkan area yang mengkerut. Jika sudah, cabut kain atau kertas wax dengan cepat supaya semua bulu langsung terangkat.

Bersihkan

Itulah cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Selesai dengan itu, segera bilas kulit ketiak dengan air hangat untuk melepaskan wax yang masih menempel di sisi ketiak. Jika sisa wax masih ada walaupun sudah dibilas dengan air hangat. Anda bisa membilasnya dengan air dari campuran baking soda.

Bahan dan cara membuat campuran baking soda :

  • Siapkan air dalam panci;
  • Baking soda satu sendok makan;
  • Masak air sampai mendidih;
  • Masukan baking soda;
  • Aduk sampai merata;
  • Dinginkan.

Itulah cara waxing ketiak sendiri di rumah. Bisa menggunakan bahan alami atau dengan bahan wax yang sudah tersedia di marketplace atau minimarket terdekat.

Tinggalkan komentar