Gagal Seleksi Lowongan Relationship Officer BCA? Mungkin Ini Sebabnya

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Saat ini, BCA tengah membuka kesempatan melalui lowongan pekerjaan Relationship Officer. Lowongan RO menjadi salah satu incaran banyak fresh graduate dan impian banyak orang. Jabatan ini juga memiliki peranan penting yang menunjang kemajuan dan profesionalitas BCA.

Sehingga jelas saja, tidak mudah untuk bisa lolos sebagai Relationship Officer bagian dari BCA. Tahapan demi tahapan seleksi harus kamu lalui agar bisa lolos. Namun sayangnya, banyak diantara calon pelamar yang mengalami kegagalan.

Penyebab Kegagalan Seleksi Lowongan Relationship Officer

Berbagai penyebab gagalnya calon pelamar mengikuti proses seleksi Relationship Officer BCA, beberapa diantaranya disebabkan oleh hal ini.

1. Kurang Bisa Berinteraksi

Kemampuan interaksi dan komunikasi menjadi hal penting ketika kamu akan berhadapan secara langsung dengan nasabah. Tujuannya adalah supaya nasabah tertarik dengan produk perbankan yang kamu tawarkan.

Kemampuan ini bisa dilihat oleh pihak BCA ketika pertama kali proses seleksi wawancara. Kurangnya kemampuan interaksi dan komunikasi bisa membuatmu gagal seleksi Relationship Officer BCA.

2. Relasi Terbatas

Kamu jarang bergaul dan tidak memiliki banyak relasi? Relasi yang luas sangat penting, terutama saat mencari nasabah potensial. Sedangkan relasi terbatas, memungkinkan kamu tidak akan lolos dalam program Relationship Officer.

3. Tidak Mampu Menerima Penolakan

Jika kamu mudah sakit hati saat mendapat penolakan, maka kecil kemungkinan kamu untuk bisa lolos. Karena seorang RO memiliki resiko akan ditolak oleh nasabah saat menawarkan solusi dan produknya. Inilah salah satu pentingnya tahap seleksi tes psikotes dan wawancara.

4. Terlalu Percaya Diri

Percaya diri memang sangatlah penting. Namun terlalu berlebihan, justru membuat kamu cenderung menyepelekan banyak hal. Termasuk pentingnya persiapan, hubungan dengan nasabah dan lain sebagainya. Sikap seperti ini tentu akan merugikan pihak bank, jika kamu lolos Relationship Officer.

5. Telat Wawancara

Datang terlambat ketika proses wawancara? Jelas saja kamu bakal mendapat predikat buruk di mata pewawancara. Mereka bakal beranggapan, kalau kamu akan melakukan hal yang sama ketika lolos seleksi program Relationship Officer BCA. Ingatlah bahwa hal ini akan menjadi penilaian pertama yang di mata pewawancara.

6. Tidak Sopan

Menunjukkan sikap tidak sopan, jelas akan menurunkan nilai dan kualitas kamu sebagai seorang calon pelamar. Mengingat kunci utama dari seorang RO adalah untuk mendapatkan kepercayaan dari para nasabah. Namun jika sikap maupun cara bicaramu tidak sopan, maka pewawancara akan menganggap bahwa kamu tidak layak.

7. Kurangnya Penguasaan

Menguasai posisi yang dilamar dan informasi dasar seputar bank, pasti bakal menjadi nilai plus buat kamu. Jika penguasaan minim, pihak BCA akan menganggap bahwa kamu kurang serius dalam mengikuti program Relationship Officer BCA ini. Maka dari itu, sebaiknya gali informasi penting seputar RO dan perusahaan.

Penyebab kegagalan ketika ikut seleksi relationship officer di BCA diatas, pastinya wajib kamu hindari. Jangan sampai mengorbankan kesempatan emas ini hanya karena kelalaian dan ketidaktelitian kamu.

Tinggalkan komentar