Macam-Macam Pendanaan Syariah dari Bank Syariah Bukopin

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Pendanaan syariah yang dimiliki oleh Bank Syariah Bukopin (BSB) sangat membantu siapapun yang membutuhkan suntikan dana. Baik dana tersebut digunakan untuk bisnis, kebutuhan hidup atau kepentingan apapun. Kabar baiknya adalah, BSB memiliki program pendanaan yang berlandaskan prinsip syariah dengan bentuk pinjaman.

Bank dengan prinsip Islam dari PT Bukopin ini menawarkan kepada masyarakat berbagai macam produk keuangan yang dijamin tanpa riba. Prinsip pendanaan yang disediakan oleh Bank Syariah Bukopin tentu saja terjamin dan aman sekali untuk digunakan.

Macam-macam Pendanaan Syariah dari BSB

Macam-macam Pendanaan Syariah dari BSB

Ada banyak sekali pendanaan syariah yang dimiliki oleh BSB, di antaranya adalah :

1. Pembiayaan Murabahah

Pendanaan yang pertama adalah memberikan pinjaman kepada nasabah dengan akad murabahah. Akad ini berupa jual beli barang yang memiliki keuntungan tambahan dan sama-sama sudah disepakati, baik itu oleh nasabah maupun bank.

Proses dari pendanaan ini adalah, bank membeli atau memesan barang sesuai dengan apa yang nasabah minta dan menjualnya kepada nasabah dengan menambahkan harga belinya dan ditambahkan dengan profit  yang sudah bank tetapkan sesuai kesepakatan.

Pendanaan satu ini bisa sekali dimanfaatkan untuk modal usaha, investasi ataupun membeli rumah dan motor.

2. Pembiayaan Musyarakah

Pendanaan syariah selanjutnya adalah musyarakah yang memiliki prinsip kerjasama di antara dua pihak maupun lebih pada sebuah usaha. Nantinya, masing-masing wajib memberikan kontribusi berupa uang atau karya dan risiko akan ditanggung bersama.

Keuntungan yang dihasilkan dari usaha lalu dibagikan sesuai hitungan bagi hasil yang dari awal sudah disepakati. Pembayaran pendanaan musyarakah bisa menggunakan sistem cash flow dan janga waktunya bisa disesuaikan sesuai dengan kapan proyek akan selesai.

3. Pembiayaan Mudharabah

Terakhir, ada mudharabah yang sistemnya ini hampir mirip musyarakah. Pendanaan ini membutuhkan kerjasama antara pengelola dan pemilik modal di sebuah bisnis dengan bagi hasil sebagai kesepakatannya.

Nantinya, bank akan menyediakan  modal sepenuhnya dan nasabah akan mengelola bisnis dan membangi keuntungan yang memang sudah disepakati.

BSB memang menjadi andalan untuk siapapun yang butuh pendanaan syariah. Ada juga program deposito yang bisa dimanfaatkan. Anda bisa cek simulasi deposito syariah untuk tahu gambarannya. Yuk, gabunglah menjadi nasabah Bank Syariah Bukopin sekarang!

Tinggalkan komentar