3 Manfaat Senam Kegel untuk Pria dan Wanita

Manfaat Senam Kegel – Salah satu cabang olahraga yang prosesnya melibatkan berbagai gerakan tubuh, dengan keseimbangan dan kekuatan tubuh adalah senam kegel.

Bukan hanya sekadar gerakan biasa, namun banyak manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya adalah senam kegel, dan manfaat senam kegel luar biasa bagi lelaki maupun perempuan.

Pada awalnya di tahun 1940an, dr.Arnold Kegel asal AS mengembangkan senam ini untuk mengencangkan otot panggul di bagian bawah. Awalnya hanya dilakukan dengan tujuan memperbaiki masalah inkontinensia urine untuk wanita yang sudah bersalin. Namun seiring waktu, penelitian juga menemukan bahwa manfaat senam kegel lebih banyak.

Bukan hanya bagi wanita saja, namun juga untuk kaum pria sebab mampu mengontrol kandung kemih dan bisa tingkatkan kesuburan pria juga. Bahkan diketahui juga jika senam kegel yang rutin dan tepat, bisa meningkatkan libido bagi pria.

Manfaat Senam Kegel yang Baik untuk Kesehatan

Gerakan senam kegel menambah imun

Tidak bisa dipungkiri jika senam kegel lebih bermanfaat bagi wanita, apalagi bagi yang baru saja operasi panggul bawah, maupun yang baru melahirkan.

Namun bukan berarti manfaat senam kegel bagi pria hasilnya bisa saja, sebab penelitian pun menyatakan jika manfaatnya besar bagi kaum pria.

Berikut adalah manfaat senam kegel bagi pria dan wanita yang bisa didapatkan:

1. Mengatasi Gejala Prolaps Pada Panggul

POP atau Prolaps Organ Panggul adalah kondisi saat panggul menekan dinding vagina, terjadi saat otot dasar panggul melemah atau meregang.

Biasanya dialami setelah melahirkan. Walau tidak membahayakan nyawa, namun cukup mengganggu dan sebabkan masalah pada usus serta kandung kemih.

Baiknya ibu yang baru melahirkan rutin melakukan senam kegel, adapun instruksi untuk senam bisa dilihat di internet melalui video tutorial, atau bertanya pada ahlinya.

2. Melancarkan Proses Melahirkan

Saat mendekati hari persalinan, maka team medis akan menyarankan ibu hamil untuk berlatih kegel secara teratur. Tujuannya membuat otot panggul lebih elastis dan kuat.

Jika otot panggul kuat. Maka  jalan lahir lebih terbuka dan mempermudah proses persalinan. Juga tak perlu melakukan episitomi untuk memperbesar lubang organ vital supaya lebih mudah mengeluarkan bayi.

Kalaupun dilakukan episitomi, jika rutin melakukan senam kegel maka proses pemulihan vagina bisa lebih cepat. Sebab senam kegel melancarkan aliran darah menuju miss V, membuat darah yang membawa nutrisi dan oksigen untuk meregenerasi jaringan di vagina lebih cepat dari biasanya. Penyembuhan pun lebih singkat waktunya dibanding tidak melakukan senam kegel.

3. Mengurangi Inkonetinensia Urine

Pada pria dan wanita biasanya terjadi kondisi sulit menahan kencing, atau ingin buang air kecil terus menerus. Namun dengan rutin melakukan senam kegel maka hal ini bisa diatasi. Bahkan bisa mencegah kencing yang tak tuntas atau post-micturition dribble.

Sebuah kondisi di mana urin yang masih menetes walau sudah selesai bak. Hal ini bisa terjadi karena senam kegel yang dilakukan rutin mampu menguatkan otot di dasar panggul, untuk meningkatkan kesehatan usus, kandung kemih dan fungsi seksual pria maupun wanita.

Pada pria, bisa mengurangi risiko ejakulasi dini, sementara pada wanita bisa mempermudah lubrikasi dan lebih cepat mencapai orgasme.

Cara Melakukan Senam Kegel yang Benar

senam kegel untuk kesehatan

Setelah mengetahui beberapa manfaat senam kegel, maka sudah saatnya untuk mulai melatih otot bawah panggul Anda sendiri. Bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar? Selain melihat video tutorial dan menghubungi instruktur senam, Anda juga bisa melakukannya dengan mengikuti tutorial berikut:

  • Dalam posisi rileks, lalu kencangkan otot panggul bawah selama tiga detik kurang lebih. Bayangkan jika ingin BAK, tahan urin dan otot yang digunakan untuk menahan urin itulah otot panggul bawah Anda.
  • Ketika mengencangkan otot terssebut, tidak usah menahan napas atau mengencangan otot pantat, perut dan paha Anda, rileks saja dan fokus pada otot bawah panggul Anda.
  • Kemudian lemaskan otot tersebut selama tiga detik, lalu ulangi selama 10 kali proses.
  • Anda bisa melakukannya tiga kali sehari, atau sesuai dengan saran dari ahli.

Dengan melakukannya secara rutin tiap hari, maka manfaat senam kegel pun bisa Anda dapatkan.

Tinggalkan komentar