Menunggak Cicilan Mobil: Solusi Agar Mobil Tidak Ditarik Leasing

Tidak sanggup membayar cicilan mobil memang menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang membeli mobil secara kredit. Anda yang membeli mobil dengan cara dicicil pasti juga memiliki ketakutan yang sama, bukan? Apalagi, mobil yang menunggak tidak hanya akan ditarik denda keterlambatan membayar, tapi juga berpotensi ditarik leasing.

Kiat Mobil Telat Bayar Agar Tidak Diambil Leasing

Apa yang harus dilakukan jika telat bayar angsuran dan menghindari mobil tidak ditarik leasing? Tentu ada beberapa jalan keluar yang legal dan tidak perlu ‘petak umpet’ dengan debt collector? Ketahui hal ini bahkan sebelum Anda mengambil kredit mobil. Simak beberapa tips menyiasati tunggakan angsuran mobil saat tidak sanggup membayar cicilan berikut ini.

1. Meminta Kelonggaran Waktu

Angsuran mobil umumnya berkisar antara 3 sampai 5 jutaan, tergantung tempo dan ketetapan dari kredit yang diambil. Kalau Anda terlambat membayar, bisa mencoba untuk meminta kelonggaran waktu walau mungkin akan ada denda yang harus dibayarkan.

Kalau hanya telat dalam hitungan atau minggu, umumnya pihak Leasing akan mengabulkan permintaan Anda. Namun, selama jangka waktu tersebut, bersiaplah untuk sering mendapatkan telepon atau pesan singkat karena pihak Leasing akan memastikan Anda bisa membayar angsuran sesuai dengan permintaan perpanjangan waktu.

Ini adalah solusi sementara namun bukan jalan keluar jangka panjang yang ideal. Apapun masalah keuangan yang Anda alami, harus segera diselesaikan. Kalau tidak, pihak Leasing akan semakin agresif dalam bertanya tentang kesanggupan Anda membayar.

2. Over Kredit

Jika Anda merasa benar-benar tidak sanggup bayar cicilan mobil, over kredit bisa jadi pilihan. Hal ini adalah jalan keluar untuk memastikan catatan pinjaman Anda tetap bagus walau tidak bisa membayar cicilan mobil. Hal ini juga berarti menyerahkan tanggung jawab meneruskan cicilan pada orang lain.

Orang yang mengambil over kredit juga harus mengembalikan uang yang Anda bayarkan untuk uang muka dan angsuran sebelumnya dengan jumlah sesuai kesepakatan. Namun, Anda perlu tahu jika over kredit tidak bisa dilakukan secara mandiri.

Anda perlu memberitahu pihak leasing untuk mengalihkan penanggung jawab kredit. Dengan demikian, penagihan akan tidak dibebankan kepada Anda jika terjadi kredit macet di kemudian hari.

3. Restrukturisasi Cicilan

Saat cicilan sudah menunggak, jumlah yang harus dibayarkan akan semakin besar setiap bulannya karena ditambah dengan bunga. Belum lagi cicilan bulan berikutnya yang akan membuat tagihan semakin menumpuk. Jika tidak segera diatasi, hal ini tentunya akan membebankan keuangan, bukan?

Nah, agar tidak lagi terjadi kemacetan pembayaran cicilan, ada baiknya jika Anda melakukan restrukturisasi cicilan. Cara ini memungkinkan Anda menurunkan jumlah cicilan dari sebelumnya dengan jangka waktu kredit menjadi lebih lama. Namun, tentunya proses restrukturisasi harus melewati negosiasi dengan lembaga pembiayaan yang Anda gunakan.

Restrukturisasi Cicilan

4. Refinancing

Sudah benar-benar tidak sanggup membayar cicilan mobil, namun tidak ada yang mau meneruskan atau over kredit? Masih ada beberapa opsi lainnya untuk dipertimbangkan. Salah satunya adalah refinancing, sebuah cara untuk mengkalkulasikan ulang kredit Anda dan mencari nominal baru yang bisa membantu Anda membayar tunggakan.

Hal ini dilakukan dengan pertama-tama menghubungi bagian leasing untuk mendapatkan solusi untuk masalah keuangan Anda. Jelaskan kalau Anda tidak bisa melunasinya dalam waktu dekat dan tanyakan apakah ada solusi lain yang bisa diambil. Kemungkinan besar pihak Leasing akan menawarkan Refinancing.

Anda akan mengalami kerugian karena cicilan sebelumnya jadi hangus dan akan mencicil ulang. Hitungan kredit jadi berubah dan bisa juga cicilan jadi lebih kecil dari pada cicilan sebelumnya dan menjadi lebih lama selesai.

5. Serahkan Pada Lembaga Pembiayaan

Kalau semua cara tidak bisa dilakukan, misalnya Leasing tidak bisa memberikan kelonggaran melalui restrukturisasi atau refinancing. Atu Anda juga sedang dalam kondisi keuangan yang benar-benar sulit. Jika iya, menyerahkan mobil secara baik-baik pada Leasing menjadi solusi untuk dipertimbangkan.

Anda bisa menyerahkan mobil sebelum menunggak terlalu lama untuk menghindari denda yang besar. Mobil yang diserahkan kemudian dijual melalui  proses lelang dan hasilnya akan digunakan untuk melunasi sisa hutang.

Jika hasil lelang belum cukup untuk melunasi tunggakan cicilan, maka Anda tetap berkewajiban membayar sisanya.Jika masih ada sisa uang lelang setelah digunakan untuk membayar hutang, maka Anda juga berhak menerima sisa uang tersebut.

Serahkan Pada Lembaga Pembiayaan

Itulah tadi tips yang bisa dilakukan jika tidak sanggup membayar cicilan mobil agar mobil tidak ditarik leasing. Jika memang Anda tidak siap memikirkan tunggakan cicilan karena finansial yang belum stabil, ada baiknya jika Anda menunda membeli mobil. Namun, jika memang terpaksa kredit mobil, sesuaikan jumlah cicilan dengan penghasilan fix setiap bulannya. Jangan sampai terlalu memaksakan diri mengambil kredit yang akhirnya justru membuat Anda terlilit hutang tunggakan dan bunga.

Gunakan Leasing Terbaik, Maybank Finance Untuk Membeli Mobil

Memilih leasing adalah salah satu hal penting ketika akan membeli mobil baik baru maupun bekas. Maybank Finance akan membantu Anda untuk mengambil mobil yang diidam-idamkan dan menghindari tidak sanggup bayar cicilan mobil. Leasing kenamaan ini memiliki layanan variatif khususnya bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan cara kredit.

Anda akan diarahkan untuk mengambil mobil sesuai dengan kebutuhan dan yang paling penting berdasarkan kondisi finansial. Jadi, Anda tidak akan mengalami kendala dalam mengangsurnya. Kunjungi situs resmi Maybank Financial dan mulailah langkah pertama membeli mobil yang Anda inginkan.

Sumber:

https://www.gridoto.com/read/222908473/kredit-mobil-atau-motor-macet-segini-batas-waktu-tunggakan-cicilan-hingga-akhirnya-ditarik-leasing?page=2

https://news.detik.com/berita/d-5600132/saya-telat-bayar-cicilan-mobil-apakah-boleh-langsung-ditarik-leasing

https://otomotif.bisnis.com/read/20210604/46/1401312/kredit-mobil-atau-motor-macet-ini-tips-biar-tidak-ditarik-leasing

Tinggalkan komentar