Otomatisasikan Slip Gaji Karyawan dengan Payroll Software

Slip gaji adalah dokumen umum dan penting yang harus dibagikan bisnis apapun kepada karyawan. Slip gaji menyatakan gaji kotor dan bersih karyawan, serta informasi lain yang diperlukan. Tapi bagaimana sebaiknya menyiapkan slip gaji ? Informasi apa yang harus disajikan? Format apa yang harus dimiliki? Bagaimana otomatisasi slip gaji dengan payroll software?

Apa itu Slip Gaji?

Software Payroll HRD, Aplikasi HR Payroll sangat mempermudah sistem payroll di perusahaan

Payslip atau slip gaji adalah dokumen yang diberikan perusahaan kepada karyawan pada frekuensi yang sama dengan pembayaran gaji, baik mingguan, dua bulanan, atau bulanan. 

Payslip terdiri dari rincian jumlah gaji sebelum pajak dan skema lainnya, serta gaji bersih yang akan diterima karyawan.

Slip gaji biasanya dibuat oleh tim HR. Untuk mempermudah tugas slip gaji HR yang banyak jika harus dibuat satu per satu, Anda mungkin ingin menggunakan payroll software yang mengotomatisasi semua perhitungan pembayaran gaji dan secara otomatis membuat slip gaji.  Mengotomatiskan penggajian Anda akan menghemat waktu dan uang Anda serta mencegah kesalahan masuk ke slip gaji.

Untuk jenis karyawan apa sebaiknya anda menyiapkan slip gaji? Untuk setiap pekerja yang dipekerjakan oleh perusahaan Anda. Jika perusahaan tidak memberikan slip gaji berulang, karyawan tersebut berhak meminta sertifikat gaji.

Apa yang Harus Ada di Slip Gaji?

Slip gaji harus selalu berisi data tertentu, diantaranya meliputi:

  • Informasi pribadi karyawan
  • Nomor penggajian karyawan
  • Masa pajak dan kode pajak
  • Jumlah pembayaran sebelum pemotongan, atau gaji kotor. Hal ini mencakup gaji pokok serta semua tunjangan yang diberikan kepada karyawan (misalnya, tunjangan kendaraan, tunjangan kesehatan, atau tunjangan kinerja);
  • Berbagai pemotongan, yang meliputi pajak, jaminan sosial, asuransi, dan jaminan pensiun;
  • Jumlah gaji yang tersisa setelah semua pemotongan ini, atau pembayaran bersih.

Jika berlaku, slip gaji juga dapat menyajikan penggantian berbagai biaya serta tunjangan di tempat kerja.

Bagaimana Format Slip Gaji?

Aturan mengenai pemberian slip gaji terdapat di Permenaker 20/2016 yang berbunyi: 

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran Upah yang memuat rincian Upah yang diterima oleh Pekerja/Buruh pada saat Upah dibayarkan.”

Namun, tidak ada aturan yang mengatur bagaimana format slip gaji seharusnya dibuat. Jadi, pastikan bahwa slip gaji yang perusahaan Anda hasilkan jelas dan mudah dibaca sehingga terlihat profesional.

Ada berbagai format untuk membuat slip gaji, dari yang sederhana untuk bisnis kecil hingga yang lebih kompleks untuk perusahaan besar. Selain itu, berbagai alat tersedia untuk membantu Anda menghasilkan slip gaji . Beberapa perusahaan menggunakan Word, tetapi sebagian besar menggunakan templat Excel yang memungkinkan mereka membuat slip gaji yang terlihat profesional dengan mudah.

Terlebih saat ini, perusahaan dapat mengotomatisasi slip gaji menggunakan payroll software Talenta. Talenta memperkenalkan fitur pembuatan slip gaji otomatis. Dengan Talenta, pengguna dapat menyesuaikan bagian header, penghasilan, pengurangan, dan footer dari slip gaji. 

Pengusaha juga dapat menghasilkan slip gaji berdasarkan kategori. Talenta menyesuaikan slip gaji sesuai posisi dan jabatan karyawan. Karyawan pun dapat secara mandiri mengakses info gaji, info slip gaji dan rincian penting lainnya mengenai gaji, slip gaji dapat diunduh secara langsung.

Manajer HR pun dapat kemudian melakukan kontrol atas slip gaji karyawan, karyawan juga dapat mengunduh dan mencetak slip gaji dengan input kata sandi yang dapat dan hanya akan diakses oleh karyawan tersebut.

Aplikasi HR talenta hris indonesia software terbaik untuk para human resource

Talenta adalah solusi terpusat untuk manajemen proses HR  yang akan membantu usaha kecil dan menengah untuk mengelola data karyawan dan proses penggajian otomatis.

Jadi apa saja keuntungan menggunakan slip gaji otomatis pada payroll software Talenta?

  • Otomatisasi dan transparansi slip gaji setiap periode penggajian.
  • Data aman karena terlindungi password dan sidik jari, serta sertifikasi ISO 27001.
  • Tak hanya slip gaji, semua komponen payroll sudah otomatis tanpa sistem manual.
  • Dokumentasi slip gaji yang rapi dan terorganisir dari waktu ke waktu, dapat diakses kapan dan dimana saja.
  • Slip gaji elektronik komprehensif sehingga transparansi gaji karyawan jadi maksimal.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website Talenta dan mencoba demo gratis Talenta secara langsung.

Tinggalkan komentar