Pandangan ini Membuat Kami Upgrade Diri

Anak IT Upgrade Diri

Upgrade Diri – Sedikit tulisan tentang keluh kesah dari mahasiswa IT yang baru lulus dari bangku perkuliahan. Mungkin sudah banyak rekan-rekan blogger yang menulis tentang ini. Postingan kali ini mengenai pandangan masyarakat terhadap Kami (para lulusan IT atau orang-orang yang mengikuti perkembangan teknologi). Saya pribadi sangat memahami sekali teknologi saat ini mempunyai peranan penting dari kehidupan masyarakat. Dimana kehadirannya sangat membuat segala sesuatunya menjadi mudah. Contohnya sudah banyak, dulu orang tua kita memanggang diatas tungku dan selalu menjaga apinya agar tidak padam namun sekarang sejak ada teknologi segalanya lebih mudah, kita hanya perlu mengatur suhu yang diinginkan dan waktu lamanya pemanggangan dan tinggal bersantai ria hingga proses selesai.

Dengan berkembangnya teknologi, ide-ide inovatif dan kreatif pun terus bermunculan. Efek yang terasa adalah banyaknya Universitas-Universitas yang membuka fakultas bidang Teknologi salah satunya Universitas Serang Raya *sumpah bukan promosi almamater*.

Efek yang lain ada pada masyarakat yang menganggap orang-orang lulusan IT adalah orang yang serba BISA *banyak bisanya cocok jadi mantu idaman*, mampu memperbaiki apapun dan mengetahui apa saja. Dan berikut pandangan masyrakat yang saya alami dikehidupan bermasyarakat dan saya cukup yakin banyak yang mengalami hal yang serupa 😀

1. Counter Berjalan Upgrade Diri

ditanya harga laptop, harga update, anak it curhat
Sumber : Pexel.com

Kejadian yang paling sering dialami biasanya diajukan pertanyaan harga perangkat plus spesifikasinya dan yang anehnya lagi ada aja yang bertanya harga secondnya.

“Win, laptop prosessor nya i3 ramnya 2GB kena berapa?” Bertanya laksana Host Olimpiade Indonesia Cerdas.

Dan jawaban paling simpel adalah ”Sudah Check Tokopedia Google belum?”

“Lu kan anak IT masa gak tau harganya” imbuhnya dengan wajah mengharapkan jodoh turun dari khayangan

Baca Juga : Al Khawarizmi dan Matematika Jodoh

“Broh,,, tak semua anak IT tau harga kaya gitu, kalo mau tau harganya tinggal ke mangga dua aja disana lengkap dari laptop baru, second sampai hasil upgrade” balas diri ini dengan gagah perkasa seperti gatot kaca

“Lah tampang lu kan kaya koko mangga dua, masa gak tau” dan akhrinya kami pun baku pukul

Bukannya tidak mau ditanya seperti itu, tapi lucu aja. Dalam kurikulum Universitas mana pun sepertinya tidak ada Mata kuliah “Harga Update Laptop” maupun perangkat komputer.

Mungkin saja pandangan khalayak ramai menganggap kami-kami ini macam counter berjalan saja dapat pemberitahuan harga-harga terbaru dari laptop, personal computer (PC), smartphone, printer, mouse sampe cartridge printer *masuk akal juga*.

Tapi pada akhirnya, saya mencoba menganalisa dan memahami kenapa banyak yang bertanya seperti itu. Dan setelah saya selidiki dan usut punya usut mayoritas penduduk Indonesia adalah penduduk yang selalu meminta saran dari orang yang lebih tahu dahulu sebelum melakukan sesuatu, fungsinya agar mereka yakin apa yang mereka lakukan atau ada yang bisa disalahkan kalau mereka salah hihi.

2. Master Of Recovery Upgrade Diri

cara recovery akun facebook, cara recovery email, email dihack
Sumber : Pexel.com

Ada yang tahu Recovery apa? Recovery adalah pemulihan. Contoh kasus kemarin ada teman mau login di salah satu sosial media yang biasa kita sebut dengan facebook *sengaja dipanjangin biar tambah banyak jumlah kata-katanya*.

Nah singkat cerita dia ini sudah coba beberapa kali login tapi tidak masuk-masuk ke beranda padahal email dan paswordnya sudah benar. Akhirnya dia minta bantuan ke saya bagaimana akunnya bisa kembali lagi, mungkin sempat tersirat dalam benaknya bahwa akunnya telah diretas atau bahasa kerennya di hack.

Saya pun memberi sebuah cara untuk memulihkan akunnya kembali dan untuk kamu, jika kamu punya masalah yang sama, bisa kamu terapkan juga.

Sebenarnya caranya cukup mudah, pada setiap sosial media manapun pada halaman login pasti ada pertanyaan “Lupa Kata Sandi?” Atau “Forgot Password?”, nah cara ini bisa kita pakai untuk pemulihan akun sosial media kita. Nanti pihak sosmed akan mengirimkan email recovery ke alamat email kita.

Catatan Penting : Mohon selalu ingat kata sandi Email yah, jika tidak ingat maka cara ini tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Loch ko jadi bikin tutorial recovery akun sosial media, intinya kami tidak keberatan jika diminta bantuan seperti recovery sosmed ataupun recovery data yang telah terhapus namun tetap syarat dan ketentuan berlaku. Ko syarat dan ketentuan berlaku?? yah contoh gini, mau recovery data yang sudah terhapus di flashdisk, tapi flashdisknya rusak kelindes ban motor. Coba kalian pikirkan bagaimana cara recovery nya???

3. Tukang Reparasi Segala Perangkat

Tukang reparasi, lulusan IT harus bisa membenahi, Lu kan anak IT
Sumber : Pexel.com

Entah dari mana saya kepikiran terhadap poin ini. Mungkin karena cinta poin ini adalah kelemahan saya dimana saya terlalu fokus belajar bidang software programming saja sehingga ilmu hardware belum dikuasai.

Sejujurnya menangani dan memperbaiki perangkat keras atau bahasa IT nya Hardware adalah salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh anak IT. TAPI TIDAK SEMUA PERANGKAT BISA KAMI PERBAIKI.

Sedikit cerita teman saya (anak IT juga) pernah diminta memperbaiki monitor komputer yang mengalami kerusakan pada LCD nya karena tertimpa lampu dari atap rumah.

Menurut kalian, kami dapat memperbaikinya tidak? Perlu teman-teman pahami kami belajar komponen komputer hanya mengenal, masalah dapat memperbaiki atau tidak itu kembali ke individunya masing. Karena dalam memperbaiki apapun perlu keilmuan yang memadai. Jangan terima bongkar tidak terima pasang.

Dan saat kami menolak permintaan mereka, biasanya mereka berkata “Lu kan IT masa gak bisa” rasanya pengen ********* ******** terpaksa saya sensor agar nama baik saya terjaga ckckckck…

4. Tukang Manipulasi Foto Upgrade Diri

Manipulasi foto, desain grafis, aak IT desain, logo anak IT
Sumber : Pexel.com

Sadar tidak sadar mayoritas anak IT pasti pernah mendapat permintaan dari kaum hawa seperti ini “Tolong editin foto aku dong biar lebih cantik“. Mungkin kamu iya kamu (kaum hawa), dalam benak kalian semua anak IT jago desain atau otak atik foto.

Padahal belum tentu semuanya bisa karena untuk menghasilkan manipulasi foto yang ciamik fantastis perlu adanya fill of art (dibaca punya cita rasa seni tinggi), lantas bagaimana kami dengan yang tidak punya itu? Yah mohon dimaklumi saja. Tapi kami bersyukur dengan adanya kemajuan dalam bidang kamera dan aplikasi pendukungnya pandangan ini mulai terkikis oleh updatean camera 360, B12 dan kawan-kawan hahaha *Ketawa Jahat*.

Pandangan dari masyarakat yang baru disebutkan, sebenarnya tidak seluruhnya dirasakan oleh anak IT dan orang-orang yang dekat dengan dunia IT. Dan menurut pendapat saya, hal ini sebenarnya tidak mengganggu kami justru hal inilah yang membuat kami merasa senang sekali dapat dihargai dan dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bisa dijadikan motivasi untuk terus berkembang meng-upgrade diri untuk lebih ahli lagi.

Inilah Opini saya dengan judul “Pandangan ini Membuat Kami Upgrade Diri”, tidak ada maksud apapun dalam postingan ini hanya sekedar menulis keluh kesah saja. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi dan jika teman-teman punya opini lain silahkan isi pada kolom komentar, dan poin opini yang terpilih akan dimasukan dalam postingan plus backlink. Cukup sekian keep visit MasIrwin Blog and stay love programming Language!!!

Wasallam,

28 Comments

  1. Zulfi Izzulhaq
    11 Desember 2016

    jadi anak IT emang gak mudah, tapi itu yang membuat kita jadi semangat untuk terus belajar

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Desember 2016

      betul banget,,, jadikan ini motivasi agar jangan pernah merasa puas dengan apa yang kita sudah peroleh sekarang

      Balas
  2. Muhamad Imam Abu Yazid
    11 Desember 2016

    Jagonnya mas irwin, lanjutkan bang

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Desember 2016

      Hadehhhh memang saya ayam….

      Balas
  3. Noviyana Shiali
    11 Desember 2016

    Wahahaha. Bener juga, temen-temen aku yang anak IT juga sering banget ditanyain harga laptop dan perangkat lainnya. Kadang kalau laptop lagi error, biar gratis, larinya ke temen yang jurusan IT buat diperbaiki wkwkw xD

    Kalo anak IT jadi counter berjalan, biasanya anak jurusan bahasa inggris, jadi kamus berjalan :’)

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Desember 2016

      Modus banget yah mba Novi hahahahaha

      Balas
  4. Chiho Yuki
    13 Desember 2016

    Kesel nih ye cieee kesel…anak IT tiba-tiba jadi tukang reparasi dadakan. Padahal dulu pengen banget jd anak IT aku hahaha
    Gak selalu anak IT sih sama aja aku juga ngalami meski dari jurusan beda dari Peternakan pun kadang pertanyaan aneh2 yg muncul : coba dong dibuat ayamnya sehari bertelur 10 butir
    Aku cuma bilang :@#&$&$637744!_+$
    Wkwkwk…kasihan ayamnya

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Desember 2016

      hahahaha sepertinya semua mengalami hal yang sama,,, tapi mungkin ini yang buat kita maju dan memikirkan bagaimana caranya…

      tetap semangat mba chiho yuki…

      Balas
  5. Hendra Suhendra
    13 Desember 2016

    Saya percaya, untuk bisa menjadi seorang ahli IT, kayak mas Irwin, pasti nggak mudah dan butuh perjuangan. Tapi nantinya hasilnya sebanding toh. Bisa buka usaha sendiri ya mas.

    Promosi almamater juga nggak keleesss, hehehe…

    Aaamiiin, semoga dapat jodoh yang turun dari kayangan,

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Desember 2016

      Mas HENDRA bisa aja nih ,, saya belum ahli IT jangan suka meninggi ninggikan sesuatu.. sakit kalo ga kesampean…

      apahhhhhhh jodoh turun dari kayangan,,,, 2016 masih ada bidadari 😀

      Balas
  6. Nunu Amir
    13 Desember 2016

    Hehe… ekspektasi bagi sarjana lulusan IT memang terlalu tinggi…
    Saya kadang diminta perbaiki ini atau itu “saya bilang tidak tau klu ttg itu, jurusan saya manajemen informatika bukan teknik komputer” hehehehe….

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Desember 2016

      hahaha kan masih satu ranah Informatika jadi harus bisa segala hal ,,, seperti avatar yang menguasai seluruh element

      Balas
  7. Gustyanita Pratiwi
    15 Desember 2016

    Anak IT yang kutemui si biasanya jaim2 mas irwin, pendiem..tapi itu yang kutemuin sih,

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Desember 2016

      jaim karena belum kenal dekat… nanti kalo dah dekat baru tau gmn anak IT sebenarnya hahaha

      Balas
  8. Choirul Huda
    16 Desember 2016

    “Broh,,, tak semua anak IT tau harga kaya gitu, kalo mau tau harganya tinggal ke mangga dua aja disana lengkap dari laptop baru, second sampai hasil upgrade” balas diri ini dengan gagah perkasa seperti gatot kaca

    hi hi hi, sampe ngakak saya bacanya mas

    iya lah, ga semua anak it tahu hal tentang yang gituan, kan ga harus spesifik gitu 🙂

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Desember 2016

      tapi kenyataannya ada saja yang mengira kami tahu segalanya.. padahal mah kita liat google kalo di tanya gitu hahaha

      Balas
  9. Akhmad
    22 Desember 2016

    keren ya ambil jurusan IT, padahal saya juga berminat sekali pada jurusan ini, namun terkendala dana karena tempat kuliahnya jauh, jadi saya ambil jurusan Pertanian saja di dekat rumah dan sudah lulus juga…

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      26 Desember 2016

      Tak apa apa jurusan pertanian,, yang penting kita nyaman dengan jurusan tersebut…

      Balas
  10. Fakhruddin
    28 Desember 2016

    Iya, dan satu lagi dikira bisa mengoperasikan seluruh software di muka bumi ini. Tapi yg paling menyakitkan adalah kerjaan kita dianggap gampang, kenapa gampang? Soalnya banyak beredar buku misalnya “Mahir database dalam 7 hari” wwkwkwkwkwk mahir dari hongkong.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      29 Desember 2016

      Yah itulah permainan marketing,,, membuat judul supaya menarik perhatian dan minat untuk membelinya…

      padahal mah pas baca nya 1 jam aja udah puyeng hahaha

      Balas
  11. Blogmate Indonesia
    3 Januari 2017

    Risikko dianggap orang pintar ya, hahaha…. Ada satu lagi yang ngehe. Dianggap pinter, dimintai tolong. Kalau udah selesai cuma bilang thanks, bye. Dia ga tau pengorbanan orang mendapatkan ilmu. Cuma tanya dijawab ga memuaska dia ngenyek, nyuruh cuma say thanks *komen berbau curhat*

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      4 Januari 2017

      hahahaha saya sering merasakannya,,,, cuma terima kasih saja saya sudah senang 😀

      Balas
  12. Kreasikan
    3 Januari 2017

    menginspirasi buat saya kang, di awal tahun ini kita harus melakukan perubahan salah satunya dengan mengupgrade diri kita agar lebih baik lagi

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      4 Januari 2017

      Betullll sekali kita harus berkembang mengikuti perkembangan jaman

      Balas
  13. Trik Pos
    3 Januari 2017

    kalau Tukang Manipulasi Foto saya sedikit hoby mas….dengan aplikasi khusus desain foto kita bebas bereksplorasi serat mengembang bakat dalam diri

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      4 Januari 2017

      Mantappp terus kembangkan bakatnya mas

      Balas
  14. Muhammad Zaini
    8 April 2017

    Aku bukan anak it tapi sering ditanyain tentang maintain situs i

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      9 April 2017

      yah kalo orang keliatan main website,, wajar lah kalo tanya begitu 😀

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *