Pengertian Investasi dan Jenis Investasi yang Menguntungkan

Tahukah Anda bahwa berinvestasi sudah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup bagi masyarakat zaman now. Bukan hanya bisa memberikan keuntungan yang cukup besar, namun juga bagus manfaatnya untuk menjadi alat penyimpan harta yang aman dari resesi ekonomi. Jadi, nilai barang investasi itu tidak akan turun, melainkan malah akan terus mengalami kenaikan.

Investasi adalah mengalokasikan dana yang Anda miliki menjadi bentuk lain dan akan disimpan sebagai tabungan jangka panjang.

Pengertian Investasi dan Jenis-jenisnya

Biasanya investasi identik dengan orang-orang yang memiliki kelebihan harta, akan tetapi sebenanya berapapun penghasilan Anda, bisa berinvestasi. Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa dicoba.

Berikut ini adalah beberapa macam investasi yang cocok untuk para pemula, Anda tinggal memilih yang mana yang paling sesuai dengan kemampuan Anda. Sebagai berikut :

1. Obligasi

Pengertian obligasi adalah investasi yang rupanya sebagai surat yang berharga pada para pihak yang membutuhkan modal. Bukan hanya untuk swasta, namun juga untuk pemerintah.

Nantinya untuk pihak yang berhutang akan membalas kebaikan Anda dalam bentuk sejumlah bunga. Biasanya obligasi memiliki tenor selama setahun, walau begitu ada juga yang kurang dari satu tahun. Tinggal dipilih saja yang mana yang paling bagus untuk Anda.

2. Deposito

Yang satu ini adalah jenis investasi yang paling sering dilakukan oleh masyarakat, dan investasi yang satu ini tidak memerlukan skill khusus. Hanya tinggal menyediakan sejumlah dana, kemudian simpan dalam jangka waktu yang lama, mulai dari hitungan bulan, sampai dengan hitungan tahun.

Biasanya bank akan memberikan imbal hasil di dalam hitungan persentase tertentu, umumnya nilainya per bulan adalah 5% sampai 5,5%. Kemudian ketika deposito Anda sudah jatuh tempo, maka Anda diberikan opsi untuk melanjutkan deposito, mengambil bunganya, atau menarik semua uangnya yang ada dalam tabungan.

3. Emas

Bukan hanya biasa dijadikan alat transaksi dan investasi saja, namun emas yang memiliki penampilan cantik ini bisa menjadi alat panyimpan kekayaan.

Itulah kenapa emas juga menjadi alat investasi yang banyak sekali peminatnya. Harga emas juga stabil, tidak akan terkena resesi ekonomi.

Baiknya gunakan emas batangan untuk berinvestasi, supaya bisa tetap disimpan dan tidak gatal untuk segera dijual atau sekadar digunakan keluar rumah.

4. Reksa dana

Apakah Anda ingin investasi tapi tidak ada waktu untuk mengurus investasi, maka reksa dana adalah pilihan yang tepat. Jadi Anda hanya tinggal  siapkan modalnya, kemudian nantinya ada manajer investasi yang akan mengelolanya.

Bahkan jika dibandingkan dengan dengan deposito, ternyata reksa dana ini lebih untung, sebab suku bunga yang lebih tinggi dan penempatan uangnya bisa dilakukan bertahap.

5. Kostan

Bukan hanya rumah, jika Anda sedang belajar untuk berinvestasi maka usaha kostan sangat bagus bagi kehidupan Anda. jadi, kostan ini akan menjadi aset yang berharga dan nilainya juga akan naik terus menerus. Anda juga bisa mendapatkan uang dari sewa bulanan para penyewanya.

6. Membeli Franchise

Belakangan ini investasi jauh lebih mudah, sebab ada banyak instrumen yang bisa digunakan untuk menyimpan uang Anda. Salah satunya adalah membeli franchise atau waralaba, dan tak perlu Anda yang melakukannya, cukup pekejaan beberapa orang saja.

Untuk segala bahan-bahannya, SOP Bisnis, dan berbagai alat yang dibutuhkan sudah disediakan oleh pengelola waralaba itu sendiri.

7. Saham

Siapa yang tak tahu saham, bahkan banyak yang menyebut pengertian investasi adalah membeli saham. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar saat memilih untuk investasi saham, namun harus siap juga dengan risiko kerugian yang bisa terjadi kapan pun itu.

Jadi baiknya Anda mempelajarinya betul-betul sebelum memutuskan untuk berinvestasi ke saham, supaya menghindari terjadinya kerugian besar akibat tidak menguasai bidang yang satu ini.

Itulah pengertian investasi dan beberapa macam investasi yang cocok bagi pemula. Sangat disayangkan jika Anda tidak dibaca dengan saksama.

Anda bisa menyimpan harta yang Anda miliki ke salah satu dari semua jenis investasi yang disebutkan di atas dan membuat harta Anda tetap aman sampai dengan masa yang akan datang. Oleh sebab itu, ayo berinvestasi, mulai dari yang kecil!

Tinggalkan komentar