6 Penyebab Bibir Tiba – Tiba Bengkak

Bibir tiba – tiba bengkak? Pada dasarnya bibir bengkak dapat ditimbulkan oleh berbagai kondisi, salah satunya disebabkan oleh reaksi alergi pada bibir. Namun biar lebih jelasnya, mari simak penyebab bibir tiba – tiba bekak berikut ini.

Seperti yang kita tahu bersama, area wajah merupakan bagian tubuh yang paling sensitif. Umumnya, reaksi terhadap alergi maupun infeksi berdampak pada bagian – bagian wajah, salah satunya bibir yang membengkak. Ya, pembengkakan pada bibir ini disebabkan oleh banyak hal, dari yang wajar hingga berpotensi bahaya. 

Penyebab Bibir Tiba – Tiba Bengkak

Penyebab Bibir Tiba – Tiba Bengkak

Alergi Lingkungan Sekitar

Penyebab alergi pada bibir yang pertama adalah lingkungan sekitar. Jenis alergi tersebut disebabkan karena paparan substansi dari lingkungan sekitar, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang dan spora jamur. Gejala alergi lingkungan meliputi pembengkakan di bibir dan beberapa area tubuh lain, bersin, gatal di kulit dan hidung tersumbat. 

Cara mengatasi alergi lingkungan mudah sekali, yakni dengan pemberian obat antihistamin. Meskipun demikian, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter dan pastikan untuk mengetahui tingkat keparahan reaksi alerginya. Dalam kasus yang lebih serius, bibir yang bengkak bisanya juga diberi serangkaian suntikan alergi, atau imunoterapi. Tujuannya, agar tubuh lebih terbiasa terhadap alergen. 

Alergi Obat – Obatan

Penyebab bibir tib – tiba bengkak selanjutnya adalah karena alergi obat – obatan. Jenis obat antibiotik, seperti penicilin kerap bereaksi terhadap tubuh, terutama pada tubuh bayi dan balita. Sementara itu untuk jenis obat lain yang juga berpotensi menyebabkan alergi dan menimbulkan pembengkakan di area bibir adalah obat anti peradangan non steroidal, anticonvulsants dan lain sebagainya. 

Sengatan Serangga

Selain itu, sengatan serangga yang dapat meninggalkan racun dan luka ternyata juga menjadi penyebab umum bibir tiba – tib bengkak. Tidak hanya pada area bibir saja, tetapi beberapa anggota tubuh lain juga bisa mengalami pembengkakan. 

Angioedema

Ini adalah kondisi dimana terjadinya pembengkakan dibawah lapisan kulit. Hal tersebut biasanya terjadi sebagai efek samping atau respon tubuh terhadap pemicu alergi. Tidak hanya terjadi pembengkakan pada bibir, angioedema juga berdampak pada beberapa anggota tubuh lain, termasuk lidah, kaki, tangan, sekitar mata dan alat kelamin. 

Meksi tampak cukup mengkhawatirkan, tetapi angioedema bukan kondisi yang serius dan butuh penanganan khusus. Angioedema biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 2 – 3 hari. Cara mengatasi bibir bengkak akibat angioedema adalah dengan pengkonsumsian obat – obatan antihistamin. 

Cidera

Cidera yang akibat benturan, syaratan maupun luka akan menimbulkan trauma pada bibir hingga sebabkan pembengkakan. Bibir adalah bagian tubuh kaya akan pasokan darah. Tak heran jika area tersebut mudah mengalami pembengkakan.

Untuk mengatasi cidera pada bibir yang bengkak mudah sekali, yakni dengan membersihkan bibir dan menghentikan pendarahan menggunakan kain bersih atau perban. Bila memungkinkan, Anda bisa mengaplikasikan kompres es ke area bibir yang bengkak. 

Kondisi Medis Langka

Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir diantaranya seperti granulomatus cheilitis (pembengkakan yang disebabkan oleh penyakit chron, granulomatus orofasial atau sarkoidosis), dan sindrom miescher melkersson rosenthal (pembengkakan pada salah satu atau kedua bibir yang berlangsung lama dan berulang).

Perlu diketahui, pembengkakan yang disebabkan oleh sindrom miescher melkersson rosenthal biasanya disertai dengan lidah yang pecah – pecah dan kelemahan otot wajah. 

Demikian informasi seputar penyebab bibir tiba – tiba bengkak yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar