Ini Penyebab Gusi Berdarah & Cara Mengatasinya dengan Cepat

Bingung mencari penyebab gusi berdarah dan bagaimana cara mengatasi gusi berdarah dengan cepat tanpa rasa ngilu? Yuk simak penyebab gusi berdarah disini.

Kesehatan gigi, gusi dan mulut tentunya harus diperhatikan dengan baik. Sehingga, tidak ada berbagai permasalahan yang menyakut hal tersebut salah satunya penyebab gusi berdarah. Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah kesehatan gusi. Jika gusi sehat, maka kesehatan gigi dan mulut pun bisa terjamin.

Salah satu permasalah yang terjadi pada gusi adalah gusi berdarah. Hal ini bisa terjadi jika menyikat gigi terlalu keras atau salah. Kebiasaan menyikat gigi yang salah sering dijadikan faktor utama penyebab gusi berdarah. Namun ternyata ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan gusi sering berdarah, salah satunya adalah kekurangan vitamin.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Ruangan dan di Mulut 

Beberapa Penyebab Gusi Berdarah

Sering menyikat gigi terhidar dari gusi berdarah loch

Selain karena cara menyikat gigi yang salah dan kekurangan vitamin, ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan gusi berdarah. Beberapa penyebab yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Radang gusi

Penyebab gusi berdarah yang pertama adalah radang gusi. Radang gusi sendiri bisa terjadi ketika ada plak gigi yang menempel pada gusi. Lambat laun, plak gigi akan mengalami penumpukan dan pengerasan. Sehingga, terbentuklah karang gigi dan menimbulkan peradangan pada gusi. Jika terus menerus seperti itu, maka akan mudah terjadinya gusi berdarah.

Baca Juga : Cara Jitu Menghilangkan Karang Gigi

Kekurangan Vitamin C dan K

Seperti yang sudah disinggung di atas, gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan K. Kedua vitamin ini memiliki peran penting dalam tubuh, vitamin C berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Sementara vitamin K memiliki peranan penting dalam proses pembekuan darah. Jika kadar vitamin C dan K kurang di dalam tubuh, maka akan mudah mengalami gusi berdarah.

Periondititis

Penyebab gusi berdarah yang selanjutnya adalah periondititis. Periondititis merupakan peradangan dan infeksi yang terjadi pada gusi. Infeksi dan peradangan tersebut bisa membuat jaringan lunak dan tulang penyangga gigi bisa menjadi rusak. Periondititis bisa disebabkan karena radang gusi tidak mengalami pengobatan. Gejala utama dari infeksi ini adalah seringnya terjadi gusi berdarah.

Flossing gigi terlalu keras

Penyebab yang selanjutnya adalah melakukan flossing gigi terlalu keras. Melakukan pembersihan gigi menggunakan flossing (benang gigi) memang disarankan. Hanya saja, pemakaian yang tidak benar dan cenderung terlalu keras bisa menyebabkan gusi di sekitarnya terluka. Sehingga, akan terjadi pendarahan pada gusi tersebut.

Penyakit diabetes

Penyakit diabetes tipe 1 dan 2 juga bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Biasanya, penderita diabetes tidak bisa melawan kuman dan bakteri yang bisa menjadi penyebab gangguan pada tubuh. Hal tersebut akan menyebabkan gusi mudah mengalami pendarahan. Kadar gula yang tinggi akan membuat tubuh kesulitan untuk sembuh dari luka. Oleh sebab itu, kondisi gusi pun bisa semakin memburuk.

Cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gusi berdarah

Penyebab gusi berdarah beberapa alasan kesehatan gusi ini

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menghindari gusi berdarah. Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

Menggunakan sikat gigi berbulu lembut

Salah satu penyebab gusi berdarah yang paling utama adalah kesalahan dalam menyikat gigi. Kesalahan ini bisa timbul jika sikat gigi yang digunakan begitu keras. Sehingga, akan mudah mengalami gusi berdarah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Selain itu, sikatlah gigi secara perlahan. Jika ingin melakukan flossing gigi, lakukanlah secara hati-hati.

Menggunakan obat kumur

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah gusi berdarah adalah menggunakan obat kumur setiap hari. Penggunaan obat kumur ini bisa membantu untuk membunuh bakteri penyebab penyakit gusi. Ketika memilih obat kumur, maka pastikan terlebih dahulu bahwa obat kumur tersebut tidak mengandung alkohol. Obat kumur yang mengandung alkohol bisa memperburuk kondisi gusi berdarah.

Mencukupi kebutuhan air minum

Radang gigi yang menjadi penyebab gusi berdarah disebabkan oleh hadirnya plak gigi pada gusi. Keadaan tersebut bisa dipicu karena adanya sisa-sisa makanan pada gigi. Oleh sebab itu cara mencegahnya adalah dengan mencukupi kebutuhan air minum sebanyak 8 gelas per hari. Sehingga, bisa membantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi.

Mengunjungi dokter gigi

Terakhir, cara untuk mencegah adanya gusi berdarah bisa dengan mengunjungi dokter gigi. Kunjungilah dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk memeriksa kesehatan gigi Anda. Jika memang sudah mengalami gusi berdarah, maka kunjungan ini sangat dianjurkan untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut dari dokter gigi. Kesehatan gigi dan mulut yang baik bisa mencegah adanya gusi berdarah.

Itulah beberapa penyebab gusi berdarah dan cara untuk mencegahnya. Berbagai penyebab di atas tentunya bisa diatasi dengan pola hidup sehat. Mulai dari mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, mengkonsumsi vitamin jika diperlukan dan mengunjungi dokter untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara teratur.

Ingat, kesehatan gigi dan mulut yang baik merupakan kunci utama untuk mencegah gusi berdarah. Gunakanlah pasta gigi yang mampu meminimalisirkan penyebab gusi berdarah seperti pasta gigi Pepsodent.

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut

 568 total views,  2 views today

Pin It on Pinterest

Share This