Resep Ayam Bakar ala Wong Solo

Ini adalah resep ayam bakar ala wong solo yang terkenal dengan rasanya yang khas. Resep ayam bakar ini juga bisa jadi ide kreasi masakan di rumah.

Tahukah Anda, sekarang membuat resep ayam bakar untuk hidangan rumah cukup mudah. Anda dapat mencobanya sendiri bersama keluarga. Lalu bagaimana resep ayam bakar ala wong Solo yang terkenal dengan rasanya yang khas, baca artikel ini sampai selesai yah.

Kita ketahui bersama, ayam adalah salah satu jenis daging yang bisa disajikan dengan berbagai macam makanan. Terlebih lagi daging ayam merupakan bahan makanan yang disukai banyak orang dari segala usia dan berbagai kalangan.

Di Indonesia, komoditas daging ayam untuk segala resep ayam bakar tidak hanya mudah didapatkan tetapi kandungan zat yang ada di daging ini juga sangat sehat jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat.

Untuk urusan hidangan, daging ayam juga merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah di kreasikan menjadi makanan apapun, salah satu kreasi makanan dari ayam yaitu adalah ayam bakar Solo. Banyak orang menyukai hidangan ayam bakar khas Solo, hidangan satu ini memang sangat mudah untuk di buat sendiri dirumah, penasaran dengan resep ayam bakar rumahan ini?

hidangan ayam bakar khas solo, paling enak dinikmati bareng keluarga

 

Pada artikel kali ini Masirwin akan memberikan resep ayam bakar ala wong Solo, simak baik-baik dari pada membelinya lebih baik kita membuatnya sendiri dirumah!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam bakar Solo:

  • 1 ekor ayam kampung yang sudah di potong-potong
  • Air kelapa tua sekitar 500 ml
  • Daun salam 4 lembar
  • Lengkuas 2 cm, geprek
  • Serai 2 batang, geprek
  • Gula merah 2 sdm
  • Kecap manis 4 sdm
  • Air asam jawa 2 sdm

Bumbu halus resep ayam bakar Solo:

  • Bawang putih 6 siung
  • Bawnag merah 10 siung
  • Kunyit 4 cm
  • Jinten ½ sdt
  • Jahe 3 cm
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya ayam bakar rumahan ala wong Solo:

Cara membuat ayam bakar ala wong solo ini mudah banget, pertama-tama kita harus menumis bumbu halus nya terlebih dahulu kemudian masukan lengkuah, serai dan salam terus tumis hingga harum.

Selanjutnya masukan daging ayam yang sudah di potong, masukan kecap, air asam jawa dan gula jawa lalu aduk rata. Kemudian air kelapa yang sudah disiapkan dituangkan dan kembali diaduk hingga rata.

Kemudian masak sampai kuahnya menyusut. Setelah menyusut Anda bisa mematikan kompor sejenak. Kemudian daging ayam yang sudah siap dibakar, jangan lupa untuk mengoleskan bumbu saat membakar ayam hingga warnanya kecoklatan.

Kreasi ayam bakar rumahan ala wong Solo sudah jadi dan siap disajikan bersama nasi hangat, dan jangan lupa siapkan sambal dan lalapnya agar tambah nikmat saat dimakan!

Just Info tentang ayam bakar rumahan ini, sangat penting untuk menyeimbangkan konsumsi karbohidrat dengan protein dan lemak, yang masing-masing memainkan peran dalam membuat kita tetap segar (protein memungkinkan pembentukan dan perbaikan otot, lemak menyediakan sumber energi yang lebih berkelanjutan).

Satu porsi ayam (hanya 3 ons) mengandung mikronutrien, apa itu mikronutrien? Mikronutrien atau biasa dikenala zat gizi mikro merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam jumlah yang cukup sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting bagi tubuh manusia seperti pembentukan hormon, aktivitas enzim dalam tubuh serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi manusia. 

Berikut zat gizi mikro yang terkandung dalam daging ayam

1. Vitamin B

Vitamin ini penting untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, dan daging ayam kaya akan karbohidrat. Misalnya, penyajian memberikan sekitar sepertiga dari persyaratan B6 harian kita.

2. Kalium

Meskipun tidak secara langsung memberikan energi, kalium mengandung komponen yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Plus itu mendukung fungsi jantung dan otot. Satu porsi ayam bakar Solo menyediakan sekitar 7 persen dari kebutuhan harian tubuh kita.

3. Zat besi

Jika Anda sering merasa lemah! Anda mungkin kekurangan zat besi, yang membantu tubuh membuat sel darah merah pembawa oksigen. Daging sapi dan domba adalah sumber zat besi yang lebih baik, tetapi ayam adalah alternatif yang baik jika Anda tidak bisa makan daging merah. Anda akan mendapatkan sekitar 8 persen dari kebutuhan harian kalian per porsi hidangan kreasi ayam bakar.

4. Magnesium

Magnesium adalah komponen kunci dalam produksi energi bagi tubuh. Kacang-kacangan, biji gandum utuh dan ikan adalah sumber yang baik, tetapi cukup sulit untuk mendapatkannya. Tahukah Anda, 1 porsi ayam bakar rumahan menawarkan 6-9 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Itulah pentingnya mengkonsumsi daging ayam untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Di Indonesia, daging ini mudah ditemui dan dapat dikreasikan menjadi hidangan apapun seperti resep ayam bakar Solo. So, Jangan lupa penuhi kubutuhan tubuh Anda setiap hari.

resep ayam bakar solo mudah dibuat hidangan rumah

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 228 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This