Tips Aman Investasi Kripto Untuk Pemula

Tips Aman Investasi Kripto Untuk Pemula – Investasi aset digital kripto setahun belakangan ini sedang naik daun. Saat pandemi, banyak sektor industri yang lesu dan merugi. Disaat bersamaan, makin banyak pula orang-orang yang mulai mencoba cara lain untuk mendapat cuan.

Mulai dari bisnis online sampai masuk ke dunia investasi. Beberapa jenis investasi seperti saham, reksadana, dan emas sempat menjadi primadona, sampai viralnya investasi Bitcoin yang dielu-elukan oleh miliarder Elon Musk. Bitcoin hanyalah satu dari banyak aset digital yang bisa kamu investasikan dalam mata uang kripto.

Sama halnya seperti jenis investasi lain, supaya bisa mendapat keuntungan tentu kamu harus jeli dalam membaca situasi pasar. Selain itu, kamu juga perlu menyusun strategi investasi yang tepat. Jika kamu baru mulai berinvestasi kripto, tentu kamu wajib memahami pengetahuan dasarnya agar tak salah langkah.

Sebab, banyak sekali investor pemula yang mengalami panic buying dan mudah terpengaruh dengan opini orang lain. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui beberapa tips aman berinvestasi salah satunya adalah memilih platform yang aman dan terpercaya. Kamu bisa melakukan jual beli kripto di Pluang, simak juga beberapa tips berikut ya!

jual beli kripto di Pluang

Kumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

Tips awal yang bisa kamu lakukan sebelum mulai berinvestasi adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Informasi ini bisa berupa istilah-istilah investasi, jenis-jenis mata uang digital, harga terbaru, dan pengalaman investor lain.

Kamu bisa memperoleh informasi ini dari berbagai sumber, misalnya dari youtube, media sosial, buku, atau platform investasi. Dikutip dari The Asian Parent, kamu juga bisa mempelajari prospek dan teknologi yang digunakan dalam sistem koin digital yang kamu minati. Dengan begitu, kamu bisa memprediksi keuntungan di kemudian hari.

Gunakan Uang Dingin

Tips selanjutnya dalam berinvestasi adalah menggunakan uang dingin. Lantas apa itu uang dingin? Dikutip dari Tribun News, uang dingin adalah sejumlah uang yang tidak dipakai untuk kebutuhan harian. Jadi uang dingin ini bisa juga dibilang sebagai uang yang sudah kamu pisahkan setelah dana kebutuhan harianmu terpenuhi. Dalam berinvestasi, tentu tidak akan selalu untung.

Kadang, kamu mungkin akan mengalami kerugian ketika harga sedang turun atau menjual aset di harga yang lebih rendah. Menggunakan uang dingin akan mengamankan finansialmu sehingga tidak akan memengaruhi kebutuhan lain. Pastikan kamu tidak berinvestasi dengan uang pinjaman ya!

Pilih Media Investasi yang Tepat

Tips berikutnya adalah memilih media atau platform investasi yang tepat. Saat ini, ada banyak media investasi online yang menawarkan jaminan investasi yang mudah, aman, dan memberikan banyak keuntungan. Sekilas, tentu sangat menarik untuk dicoba.

Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilih media investasi untuk menghindari penipuan dan bocornya data pribadi. Rekomendasi platform investasi yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi Pluang. Aplikasi Pluang difasilitasi oleh Zipmex dan Tokocrypto yang terdaftar di BAPPEBTI. Selain itu, aplikasi Pluang juga menawarkan kemudahan dalam berinvestasi dengan adanya fitur edukasi dan mudah digunakan.

Beli Saat Harga Murah

Tips selanjutnya adalah dengan membeli saat harga murah. Harga koin digital bersifat volatile, artinya sangat mudah berubah-ubah. Oleh karenanya, kamu harus jeli dalam melihat grafik perubahan harganya dalam waktu satu hari, satu minggu, atau satu bulan terakhir.

Pastikan kamu membeli ketika harga sedang murah, sebab ketika harga tinggi maka besar kemungkinan mengalami penurunan dan kamu akan merugi. Tentunya persepsi murah atau mahalnya harga setiap investor berbeda, jadi gunakan penilaianmu sendiri ya!

Jangan Mudah Terpengaruh

Tips terakhir adalah jangan mudah terpengaruh dengan opini orang lain. Biasanya, investor pemula sering merasa takut ketinggalan atau biasa disebut FOMO. Perasaan takut ini memunculkan perilaku panic buying dan cenderung ikut-ikutan.

Tindakan ini bisa sangat merugikan kamu nantinya, jadi pastikan kamu membeli aset karena memahami market dan prospeknya. Selain itu, biasanya investor pemula akan mudah terpengaruh opini dari pihak-pihak lain yang dilihatnya mempunyai pengaruh yang besar.

Bisa jadi, ini adalah trik yang digunakan oleh bandar untuk menaikkan harga (pump) dan kemudian menjualnya dalam jumlah besar, sehingga harga koinmu akan langsung anjlok (dump).

Itulah beberapa tips aman berinvestasi kripto untuk pemula. Pastikan kamu sudah memahami cara kerja dan prospek aset yang akan kamu beli. Hindari ikut-ikutan trend orang lain dan jangan lupa gunakan uang dingin yang tidak terpakai. Selamat berinvestasi!

Tinggalkan komentar