7 Tips Berumah Tangga Agar Terhindar dari Perceraian

Berikut tips berumah tangga agar terhindar dari perceraian. Siapapun pasti ingin pernikahan sekali seumur hidup dalam sakinah mawadah warohmah.

Tidak ada satu pasangan pun yang mau kehidupan rumah tangganya berada di ambang perceraian, bukan?

Semuanya pasti tidak ingin mengalami hal demikian ini. Meskipun begitu, perceraian memang akan menjadi hasil yang akan dilalui pasangan suami istri jika kedua pasangan sudah tidak mampu lagi mempertahankan keutuhan rumah tangga.

Jika terjadi, ada banyak pihak yang cukup dirugikan, salah satunya adalah anak. Tetapi, bukankah selalu ada jalan temu untuk memecahkan setiap masalah? Mencari titik kesalahan dan memperbaikinya secara bersama-bersama, itu maksudnya?

Sebetulnya, Anda bisa melakukan itu. Ada banyak solusi yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menghindari perceraian saat berumah tangga.  Beberapa tips saat berumah tangga di bawah ini bisa membantu Anda mencegah adanya perceraian.

Tips Berumah Tangga Agar Terhindar dari Kata “CERAI”

Keutuhan berumah tangga selamanya dalam sakinah mawadah warohmah

1. Saling mendengarkan satu sama lain

Saling memahami dan pengertian sangat dibutuhkan saat menjalani bahtera rumah tangga. Hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap pasangan suami-istri untuk menjaga keharmonisan mereka adalah dengan berkomunikasi satu sama lain.

Komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci untuk menciptakan kondisi dan lingkungan baik agar pernikahan tetap utuh sampai kakek nenek. Dengan saling mendengarkan, anda bisa mengetahui dan memahami perasaan pasangan dan mencapai keharmonisan.

2. Utarakan perasaan Anda

Biasakan untuk selalu berkomunikasi dan mengobrol dengan pasangan Anda. Jangan malu juga untuk mengutarakan setiap perasaan yang ada dalam diri Anda kepada pasangan.

Memang cukup sulit untuk mengungkapkan ekspresi perasaan yang dialami tetapi justru itu adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Ingat, dalam sebuah pernikahan itu harus ada keterbukaan. Adanya keterbukaan ini besar kemungkinan bagi Anda bisa terhindar dari perceraian.

3. Mau berkompromi satu sama lain

Kompromi memiliki andil yang besar dalam sebuah kehidupan biduk rumah tangga. Kompromi memiliki peran yang amat penting dalam keberhasilan maupun kegagalan Anda dalam rumah tangga.

Pada saat yang sama, Anda pun harus terbuka terhadap ide atau gagasan sendiri maupun gagasan pasangan. Tidak jarang kompromi menjadi jalan yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan diri dari egoisme dalam hubungan.

4. Jangan menyalahkan satu sama lain

Komunikasi yang baik dan adanya kompromi membantu Anda menciptakan hubungan baik terhadap pasangan. Dengan begitu, Anda serta pasangan bisa menurunkan tingkat egoisme masing-masing.

Apa penyebab munculnya kegagalan dalam sebuah hubungan? Satu jawabannya adalah saling salah menyalahkan. Karena tidak adanya pengertian dan introspeksi diri maka terciptalah konflik di dalamnya.

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Jika dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk kita meluangkan waktu sendiri. Mungkin Anda merasa bosan saat menghadapi suatu masalah.

Maka tidak salah untuk Anda meluangkan diri sendiri sebagai proses mendapatkan solusi atas masalah yang dialami. Anda bisa merefleksikan diri dan menenangkan pikiran atas kesalahan apa yang perlu diperbaiki. Meskipun terdengar sepele, tetapi cara ini bisa Anda lakukan untuk menghindarkan diri dari resiko perceraian.

6. Belajar memaafkan dan melupakan

Tidak ada salahnya untuk saling memaafkan dan melupakan. Ini adalah salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk terhindar dari perceraian dalam kehidupan berumah tangga.

Ikhlas dan saling pengertian merupakan salah satu kunci penting yang mampu menghindarkan Anda dan pasangan dari gejolak konflik yang sulit diatasi. Untuk menciptakan rumah tangga yang ideal dan harmonis maka belajarlah untuk saling memaafkan.  

7. Bangun dan temukan goals dalam berumah tangga

Dalam sebuah hubungan, harus ada tujuan. Nah dalam hubungan rumah tangga, Anda pun wajib memiliki tujuan yang jelas. Tujuan Anda menikah itu apa? Apakah senang-senang? Itu tidak mungkin.

Anda harus bisa mewujudkan hubungan pernikahan yang telah dilaksanakan untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki dalam rumah tangga. Anda dan pasangan perlu kompak dalam usaha mewujudkan tujuan tersebut.

Itulah tips berumah tangga agar terhindar dari perceraian. Semoga bermanfaat. 

Artikel ini tayang pada kategori Life, dan dipublikasikan oleh Irwin Andriyanto. Kunjungi halaman Gudang Baca untuk melihat seluruh artikel sudah tayang di Blog Masirwin Note.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 393 total views,  2 views today

Pin It on Pinterest

Share This