Menjalani hidup sebagai anak kosan memang cukup menyenangkan. Hal ini terkait dengan gaya hidup yang lebih bebas tanpa terikat dengan segala peraturan orang tua. Tapi bukan berarti bebas sebebas-bebasnya, justru disinilah kita diberikan kebebasan untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

Selain kisah menyenangkan ternyata hidup sendiri sebagai anak kos menyimpan beberapa persoalan pelik seperti segala kegiatan mengurus kamar kos dilakukan sendiri tanpa bantuan orang tua, kegiatan memasak serta cuci mencuci pun tak luput harus dikerjakan oleh seorang anak kos yang jauh dari orang tua.

Baca Juga : 5 Cara Efektif Memilih Tas Wanita untuk Orang Tua

Meskipun sering dianggap hal yang sepele, ternyata kegiatan membersihkan kamar kos serta barang-barang yang terdapat didalamnya menjadi persoalan tersendiri. Selain terkendala waktu yang terbatas karena harus bekerja ataupun kuliah, menyebabkan menumpuknya banyak pakaian kotor serta cucian piring kotor.

Pakaian kotor serta cucian piring kotor menjadi masalah yang sering kali dihadapi oleh mayoritas anak kos. Mereka terkadang enggan mencuci jika jumlah cucian belum terlalu banyak. Akibat terlalu lama menumpuk dan menunda pekerjaan, pada akhirnya enggan untuk membersihkan atau mencucinya karena jumlahnya yang terlalu banyak. Nah, serba salah kan.

Apalagi bila urusan mencuci piring, banyak anak kosan yang mengeluhkan malas mencuci piring karena noda membandel yang menempel di piring serta peralatan makan lainnya. Noda tersebut biasanya berasal dari noda bekas sambal, noda lemak dari daging, noda minyak dan noda-noda yang lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Anak Pintar di Sekolah

Solusi Mengatasi Cucian Piring Yang Menumpuk

mengatasi cucian piring, ukuran bak cuci piring stainless, bak cuci piring 1 lubang, tempat cuci piring sederhana, harga wastafel cuci piring minimalis, harga bak cuci piring 1 lubang, bak cuci piring bekas, bak cuci piring royal, bak cuci piring ukuran kecil

Tips Mengatasi Cucian Piring
Sumber : 1001inspirasiramadhan.com

Jika pakaian kotor yang menumpuk bisa di selesaikan dengan membawanya ke tempat laundry untuk di cuci kemudian disetrika, namun bagaimana dengan piring serta peralatan makan yang kotor tentu tak ada laundry yang menyediakan pencucian piring bukan?

Apa saya harus buka laundry Piring?

So, untuk masalah tersebut Anda bisa melakukan beberapa tips mengatasi cucian piring sebagai berikut:

  • Buang semua sisa makanan yang ada pada piring, untuk lebih efektifnya pisahkan semua peralatan makan dengan peralatan memasak. karena mencuci satu jenis alat akan memudahkan pada saat pencucian. apabila Anda mencampurnya sekaligus tentunya akan lebih kesulitan, karena terlihat tumpukan peralatan kotor yang cukup banyak.
  • Untuk mengatasi cucian piring yang menumpuk, Anda bisa membatasi jumlah peralatan makan yang digunakan untuk menghemat jumlah piring. misalkan saja, dalam sehari anda makan 3 kali, nah untuk menghematnya anda bisa menggunakan peralatan makan 1 atau 2 kali saja. Sisanya Anda dapat menggunakan kertas minyak yang sering di gunakan untuk membungkus makanan, jadi bagi Anda yang malas mencuci piring yang terlalu banyak menumpuk gunakan kertas minyak yang hanya dapat digunakan dalam satu kali makan saja dan kemudian di buang.
  • Agar terhindar dari sifat malas mencuci piring yang telah menumpuk hingga seperti gedung pencakar langit. Usahakan untuk mencucinya satu persatu setelah selesai makan. Teknik ini dinilai terbukti sangat efektif sehingga takkan ada lagi tumpukan piring kotor yang menyebabkan seseorang enggan mencuci piring.
  • Gunakan sabun khusus cuci piring untuk menghilangkan noda minyak, noda sambal serta bau amis yang sering melekat pada peralatan makan khususnya piring dan gelas. Anda bisa menggunakan sabun cair cuci piring yang memiliki keharuman lemon dan jeruk nipis yang menyegarkan. Usahakan juga untuk menggunakan spons khusus cuci piring agar semua cucian Anda bersih dan kesat.
  • Saat menggunakan spons usahakan untuk memilih 2 jenis spons yang halus dan yang kasar. Untuk spons halus biasanya digunakan untuk mencuci piring serta gelas dan sendok sedangkan spons kasar di gunakan untuk mencuci peralatan memasak yang banyak mengandung noda membandel. Jangan biarkan spons yang digunakan untuk mencuci piring dan gelas tersebut terkontaminasi dengan noda minyak karena jika tidak, minyak tersebut nantinya bisa menempel di gelas dan piring jadi anda harus mencucinya kembali supaya terlihat benar-benar bersih.
  • Untuk menghilangkan noda membandel seperti minyak, lemak dan mentega Anda bisa menggunakan tambahan air hangat yang di campur dengan sabun pencuci piring seperti Sunlight. Air hangat tersebut berfungsi untuk mengangkat noda minyak yang membandel supaya peralatan makan bersih dan kesat.
  • Jikalau Anda mengkonsumi makanan yang mengandung lemak seperti daging sapi dan daging kambing, usahakan untuk merendam terlebih dahulu piring yang telah digunakan untuk makan supaya lemak yang menempel di piring kemudian terangkat.
  • Jika telah selesai mencuci piring, Anda bisa mengeringkan peralatan makan seperti sendok, piring, mangkok dan gelas dengan menggunakan kain yang bersih dan kering. hal itu bertujuan untuk membuat peralatan makan terlihat lebih bersih dan rapi.
  • Dan yang terakhir, bila melihat cucian piring yang sudah terlalu banyak, jangan biarkan sampai menumpuk. Ambil waktu untuk mencuci piring di malam hari setelah semua kegiatan selesai, sehingga paginya Anda bisa menggunakan peralatan makan kembali.

Saran dari saya untuk Anda iya Anda anak kos-kosan. Jika mencuci piring lakukanlah secara bertahap setelah selesai makan tentu tak akan membebani diri Anda sendiri. Dan jika dikerjakan secara bertahap, aktifitas mencuci piring tak lagi berat dirasakan. Saat tidak ada tumpukan piring kotor, maka kosan pun bersih dan rapi.

Baca Juga : 4 Model Ide Usaha dengan Pinjaman Tunai 5 Juta

Dan sekian sedikit “Tips Jitu Mengatasi Cucian Piring Ala Anak Kosan” dari Masirwin Blog. Semoga Anda dapat mengambil manfaatnya dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. See You and please leave comment….

 2,506 total views,  6 views today

Pin It on Pinterest

Share This