Tips Mengenalkan Huruf pada Anak dengan Cara Menyenangkan

Belajar merupakan hal terpenting yang seharusnya ditanamkan kepada si kecil sejak dini. Tahap awal belajar untuk anak dimulai dari membaca dan menulis. Nah dari sinilah tugas bunda untuk mengajarkan si kecil mengenalkan huruf. Memang tidak mudah mengajarkannya, mengenalkan huruf pada anak harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Pengenalan huruf ini bisa diajarkan melalui pendidikan formal dan non formal.

Jika diperhatikan, si kecil akan memahami bahasa yang bunda ucapkan. Nah mulai dari sinilah si kecil mencoba bersuara untuk berbicara sesuai dengan kemampuannya. Biasanya anak kecil sering mengucapkan alfabet vokal seperti A, I, U, E dan O. Kita dapat menyimpulkan bahwa si kecil akan mudah belajar mengenal huruf dengan kata-kata familiar yang bunda ucapkan.

Tips Mengenalkan Huruf pada Anak dengan Cara Menyenangkan

Jangan khawatir bunda, inilah tips mengenalkan huruf pada anak dengan cara menyenangkan:

Belajar nama objek yang familiar

Si kecil akan lebih mudah mengingat nama huruf melalui sesuatu yang tidak asing. Misalnya mengeja nama si kecil. Langkah ini lebih efektif untuk mengenalkan huruf kepada anak. Namun jika si kecil tidak mau belajar jangan dipaksa ya bunda. Cukup bunda mengucapkan namanya secara berulang-ulang, lama kelamaan si kecil akan mengikuti yang apa bunda ucapkan. Memanfaatkan benda-benda disekitar untuk mengeja huruf. Misalnya pintu. Terdapat huruf P-I-N-T-U. Si kecil akan mudah mengingat karena benda pintu sangat familiar di rumah.

Tempel alfabet di dinding

Si kecil akan mudah mengingat huruf jika melihat dan mendengarkannya sehari-hari. Nah ini salah satu tips menyenangkan belajar mengenal huruf dengan cara menempelkan alfabet di dinding. Bunda dapat mengajari si kecil untuk membuat poster alfabet.

Banyak cara yang bisa bunda lakukan seperti menggambarkan huruf lalu diwarnai dengan warna kesukaan si kecil, menjiplak huruf alfabet, atau membuat kartu ajaib alfabet. Setelah itu tempel alfabet pada dinding agar si kecil dapat membacanya setiap hari.

Tak hanya itu saja lho bunda, anak kecil sekarang sudah mengerti tentang gadget. Banyak sekali aplikasi pembelajaran online yang efektif untuk si kecil. Cari aplikasi yang dapat mendidik si kecil untuk mempermudah mengingat huruf seperti aplikasi belajar huruf, belajar menulis huruf, belajar huruf dan angka. Aplikasi pembelajaran online yang lucu dan banyak gambar akan meningkatkan kerja otak si kecil. Namun bunda harus pintar-pintar mengatur penggunaan gadget, ya.

Mengenal huruf secara berurutan

Bunda harus sabar ya mengenalkan si kecil huruf. Jangan terlalu dipaksa untuk belajar. Cukup bunda mengajari sehari satu huruf dan lakukan secara berulang-ulang. Jika si kecil terlalu diforsir justru anak akan kewalahan dan membuat kehilangan semangat belajarnya. Setelah mengenalkan huruf, bunda mulai mengidentifikasi alphabet ya.

Misalnya huruf A. Nama buah yang berawal dari huruf A adalah APEL. Hurufnya ada A-P-E-L. Lakukan hal ini secara rutin sehingga anak mudah menghafalnya. 

Adapun menggunakan alat bantu untuk mengenalkan huruf seperti puzzle alphabet. Nah dengan cara ini menarik perhatian si kecil belajar mengenal huruf. Kalau bunda tidak mau ribet lagi, tinggal download aplikasi pembelajaran online puzzle alfabet. Selain menarik perhatian, bermain puzzle melatih gerakan motorik sehingga meningkatkan keterampilan si kecil.

Bernyanyi sambil belajar

Si kecil belajar alfabet sambil bernyanyi bisa didapatkan pendidikan formal dan non formal. Bunda dapat menyanyikan lagu alfabet secara bersama-sama. Belajar melalui lagu mempunyai kelebihan nih bunda, lagu membuat anak lebih relaksasi sehingga si kecil lebih santai ketika belajar. Tak hanya itu, lagu juga melatih retensi si kecil yang membuat anak mengulang materi dengan sendirinya. Bisa saja diiringi dengan gerakan menari yang menunjukkan simbol alfabet. Cara inilah mudah menghafalkan huruf dengan cara menyenangkan. 

Bunda juga bisa nih menggunakan video pembelajaran bagi si kecil. Cara membuat video pembelajaran cukup mudah. Bunda dapat menggunakan berbagai aplikasi pembuatan video seperti Filmora, Canva, Kinemaster. Masukkan gambar huruf-huruf alfabet kemudian diberi lagu anak-anak. Jangan lupa animasi animasi yang lucu juga ya, supaya menarik perhatian si kecil. 

Membaca cerita

Salah satu cara efektif untuk mengenalkan huruf dengan cara membacakan cerita. Banyak buku cerita yang mengisahkan dengan dongeng, fabel, legenda atau cerita rakyat lainnya. Cobalah bunda membacakan cerita dengan gaya yang menarik. Misalnya membacakan cerita rakyat timun mas.

Dalam cerita ada tokoh raksasa, mbok rondo dan timun mas. Gunakan intonasi suara berbeda-beda sesuai dengan sifat tokoh tersebut. Si kecil akan tertarik dan mengingat nama-nama tokoh cerita tersebut. Jangan lupa bunda minta si kecil menceritakan cerita bagian favoritnya. Tujuan dari bercerita adalah menambah perbendaharaan kosakata si kecil.

Itulah beberapa tips mengenal huruf yang bisa dilakukan bunda dengan cara menyenangkan. Bunda harus ekstra sabar ya menghadapi si kecil karena anak mempunyai sifat cepat bosan.

Tinggalkan komentar