10 Soto Khas dari Indonesia yang Menggoyangkan Lidah

Berikut ini adalah soto-soto khas dari daerah di Indonesia yang terkenal kelezatannya hingga ke luar negeri. Dijamin puas!

10 Soto Khas Indonesia – Hampir setiap daerah di Indonesia menyuguhkan soto yang khas. Seperti Soto Mie Bogor dari kota hujan Bogor yang memiliki kekhasan berupa kuah yang berwarna kemerahan karena menggunakan cabai merah. Isiannya pun beragam seperti mi kuning/bihun, daging sapi, kentang, kikil, usus, babat, urat, dan kol. Selain soto dari Bogor tersebut, masih ada jenis lain dari beragam daerah.  

Jenis Soto dari Berbagai Daerah di Indonesia

Berikut ini adalah soto-soto khas dari daerah di Indonesia yang terkenal kelezatannya hingga ke luar negeri.

1. Soto Betawi

Soto Betawi

Soto Betawi

Ciri khas dari Soto Betawi adalah kuahnya yang terbuat dari susu murni, namun lama kelamaan kekentalan kuahnya diberi campuran santan mengingat harga susu yang mahal. Isian dari soto ini cukup beragam seperti daging sapi, babat, kikil, paru, dan jeroan lainnya. Kenikmatan menyantapnya semakin bertambah dengan tambahan emping goreng, acar, dan sambal. 

2. Soto Madura

Soto Madura

Soto Madura

Selain sate, Madura juga masih memiliki sajian lain yang juga menggoyang lidah yaitu Soto Madura. Kekhasan dari soto ini adalah kuah gurihnya yang berwarna kuning pekat karena menggunakan kunyit dalam bumbu. Isian sotonya antara lain telur rebus, kentang goreng, dan daging sapi. Biasanya disajikan dengan sate usus, gorengan, sate hati, dan sambal. 

3. Soto Lamongan

Soto Lamongan

Soto Lamongan

Campuran kemiri dan kunyit yang membuat kuah bertekstur kental namun tetap ringan saat disantap menjadi salah satu keunggulan Soto Lamongan. Isiannya pun cukup lengkap seperti daging ayam, telur rebus, bihun rebus, daun bawang, dan kol. Satu lagi yang membuatnya istimewa yaitu penambahan serbuk koya yang membuat kaldu semakin kaya rasa.

4. Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Tanah Sunda memiliki soto yang khas yaitu Soto Mie Bogor. Ciri khas yang membedakannya dengan jenis soto lain adalah penambahan mie kuning dan risoles yang memiliki dua pilihan isi yaitu daging sapi dan ayam. Isian lain dari soto mie seperti kikil, daging atam sayuran, dan bihun.

Baca Juga : Wisata Kuliner Murah dan enak di Bogor

5. Soto Makassar

Soto Makassar

Soto Makassar

Soto Makassar atau Coto Makassar memiliki kekhasan dari segi bumbu rempah yang melimpah. Terdapat kurang lebih 40 jenis rempah dan bumbu yang digunakan untuk membuat soto yang juga disebut Coto Mangkasara ini. Menjadikan kuahnya begitu kental dan kaya rasa. Isian utamanya adalah jeroan sapi, dan burasa yakni ketupat yang dibungkus dengan daun pisang.

6. Soto Pekalongan

Soto Pekalongan

Soto Pekalongan

Soto khas Pekalongan terkenal dengan penambahan tauco sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dari soto daerah lain. Kuah sotonya sangat kental dan berwarna merah pekat seperti tauco. Isian soto manis gurih ini adalah irisan daging kerbau, sohun, bawang goreng, dan daun bawang. Agar semakin kenyang, soto ini dapat disantap dengan nasi.

7. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja

Soto Sokaraja

Apabila kuah kental dari soto daerah lain dihasilkan dari santan, kunyit, dan tauco maka berbeda halnya dengan Soto Sokaraja. Kuah kental dari soto daerah Banyumas ini berasal dari penambahan sambal kacang yang rasanya pedas manis. Isiannya beragam antara lain daging ayam/daging sapi, ketupat, kerupuk soto, sohun, seledri dan irisan daun bawang.

8. Soto Bandung

Soto Bandung

Soto Bandung

Jawa Barat masih memiliki sajian soto khas yang memiliki kuah bening yaitu Soto Bandung. Selain daging sapi, isian lain yang spesial adalah irisan lobak dan kedelai goreng. Karena kuahnya tidak menggunakan campuran santan, maka kaldu dagingnya sangat terasa. Hal tersebutlah yang membuat kuahnya segar dan beraroma sedap. Apalagi jika disantap selagi hangat.

9. Soto Banjar

Soto Banjar

Soto Banjar

Daerah Kalimantan Selatan juga turut menyajikan hidangan spesial yaitu Soto Banjar. Kekhasan dari soto ini adalah penggunaan sari cengkih dan kapulaga dalam bumbu sehingga menghasilkan aroma rempah yang menyegarkan. Isian yang digunakan antara lain telur rebus, perkedel kentang, lontong, kecambah, seledri, dan bawang goreng. Hidangan semakin lezat dengan penambahan sambal.

10. Soto Padang

Soto Padang

Soto Padang

Tanah Andalas tidak hanya memiliki masakan padang sebagai andalan, tetapi hidangan lain yang tidak kalah enak yaitu Soto Padang. Kekhasan dari soto ini adalah isian daging dan tetelan yang digoreng namun tetap terasa empuk. Isian lain yang ditambahkan yaitu bihun, perkedel kentang, daun bawang, dan tomat. Bisa juga disantap dengan nasi putih.

Hidangan soto khas Indonesia memang digandrungi banyak orang tak hanya di dalam negeri saja bahkan hingga ke luar negeri. Tidak perlu ke daerah asalnya saat ini mudah untuk menikmati soto khas dari daerah lain, buktinya banyak warung Soto Banjar/Makassar yang dijumpai di daerah Jawa Tengah. Jadi keuntungannya, lidah tidak hanya dimanjakan oleh cita rasa dari satu jenis soto saja tetapi dari jenis soto daerah lain. Selamat mencicipi soto khas!

 1,945 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This