Cara Penanganan Hipotermia di Alam Bebas Ini, Beneran Ampuh?

Hipotermia adalah kondisi dimana tubuh sulit mengatasi keadaan dingin. Berikut ini beberapa cara mengatasi hipotermia di Alam terbuka dan terbukti ampuh.

 

Baru-baru ini beredar kabar yang cukup viral di media sosial tentang penanganan hipotermia di alam bebas dengan cara disetubuhi. Informasi ini pertama kali dibagikan lewat salah satu akun media sosial yang mana ia menyebutkan bila seseorang mengalami hipotermia hebat di alam bebas, maka kondisi darurat itu bisa diatasi dengan cara menyetubuhi korban.

Hingga informasi ini diturunkan, hampir seluruh warga net di Indonesia menganggap metode ini keliru dan sangat menyesatkan. Bahkan ada sumber yang mengatakan bahwa penanganan hipotermia dengan menyetubuhi adalah modus, lantaran menjadikan wanita sebagai objek seksual.

Nah, sebelum membahas lebih dalam mengenai viralnya informasi tersebut, mari kita kenal dulu apa itu hipotermia dan bagaimana cara penanganannya yang tepat.

Apa Itu Hipotermia?

hipotermia, hipotermia adalah, hipotermia di gunung, hipotermia pdf, hipotermia artinya, hipotermia ringan, hipotermia apa artinya, hipotermia pada kucing, hipotermia skin to skin, hipotermia berhubungan badan,

Hipotermia (sumber: worldhealthdesign.com)

Hipotermia adalah kondisi dimana suhu tubuh mengalami penurunan drastis hingga dibawah suhu normal yakni kurang dari 35 derajat Celcius. Hal ini tentu membahayakan sistem saraf dan organ-organ tubuh lainnya apabila tidak segera ditangani.

Jika ditangani dengan cara yang salah, kondisi ini justru kian berbahaya yang berujung pada gagal jantung, pernapasan, hingga kematian.

Pada dasarnya, hipotermia bisa terjadi pada siapa saja termasuk bayi dan anak-anak sekalipun. Tubuh manusia yang bersentuhan langsung dengan tanah atau air yang sangat dingin menjadi pemicu datangnya hipotermia.

Air merupakan penghantar panas yang paling baik untuk tubuh, sehingga suhu panas tersebut jauh lebih cepat hilang dibandingkan dengan udara dingin. Ketika tubuh gagal bereaksi terhadap suhu dingin berlebih, inilah yang akhirnya mengakibatkan manusia mudah terserang hipotermia.

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang mengakibatkan seseorang terserang hipotermia, diantaranya adalah:

  • Mengonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang yang menyebabkan pembuluh darah melebar.
  • Ketidak mampuan bayi dan manula dalam mengendalikan temperatur tubuhnya.
  • Mengidap penyakit anoreksi nervosa, stroke, dan hipotiroidisme yang mempengaruhi suhu tubuh.
  • Mengonsumsi obat tertentu seperti antidepresan, emperatu emper, maupun emperat.
  • Mengidap penyakit Alzheimer yang mempengaruhi ingatan, sehingga tidak sadar atau tidak paham dalam menangani hipotermia.

Gejala Hipotermia

gejala hipotermia, gejala hipotermia ringan, gejala hipotermia adalah, gejala hipotermia di gunung, gejala hipotermia pada orang dewasa, gejala hipotermia sedang, gejala hipotermia pada bbl, gejala penyakit hipotermia, gejala awal hipotermia, apa gejala hipotermia,

Gejala Hipotermia (sumber: tempo.co)

Beberapa daerah di Indonesia seperti Bandung, Bogor dan Malang memiliki cuaca dingin yang sangat berpotensi terjadinya hipotermia. Sehingga kamu wajib mengetahui apa saja gejala dari hipotermia bila sewaktu-waktu kerabat terdekatmu mengalami penyakit ini.

1. Menggigil terus-menerus

Awalnya mungkin kamu hanya merasa kedinginan biasa di tempat dingin seperti daerah pegunungan, namun bila kondisi tersebut lama kelamaan disertai dengan menggigil, bibir bedan gigi menggeretak, itu berarti kamu tengah mengalami gejala hipotermia.

2. Penurunan kesadaran

Seseorang yang menderita hipotermia biasanya akan kehilangan kesadarannya dan mudah terkena halusinasi. Pada fase ini, penderita tak akan  perduli terhadap apapun yang membahayakan nyawanya.

Baca Juga: Dua Langkah Mudah Pindah Faskes BPJS Kesehatan

3. Denyut jantung melemah

Ketika mengalami hipotermia, secara tidak langsung sistem kerja jantung menjadi lemah dan tidak teratur. Hal ini tentunya mempengaruhi fungsi tubuh yang lain seperti pernafasan.

4. Tidak lagi merasa dingin

Puncak dari gejala hipotermia yang sangat berbahaya apabila penderita mengalami paradoxical feeling of warmth. Kondisi ini memungkinkan penderita hipotermia tidak lagi merasa kedinginan di sekujur tubuhnya, tetapi justru merasa panas.

Cara Penanganan Hipotermia di Alam Bebas

mengatasi hipotermia, mengatasi hipotermia dengan skin to skin, mengatasi hipotermia skin to skin, mengatasi hipotermia pada bayi, mengatasi hipotermia di gunung, mengatasi hipotermia dengan bersetubuh,

Mengatasi Hipotermia (sumber: exploregunung.net)

Faktanya menyetubuhi penderita hipotermia bukanlah cara yang benar dalam menangani penyakit tersebut. Saat terdeteksi mengalami hipotermia, penderita sebaiknya dievakuasi ke tempat yang jauh lebih hangat, seperti tenda.

Kemudian berikan pakaian yang kering apabila penderita hipotermia mengenakan baju basah. Selain itu, penderita juga harus mengenakan jaket dan selimut tebal untuk mengembalikan suhu tubuh. Berikan pula minuman hangat yang tidak mengandung kafein sembari menunggu bala bantuan medis tiba.

Cara penanganan hipotermia lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan metode skin to skin. Metode ini dilakukan supaya panas tubuh penyelamat yang sedang berpelukan di dalam sleeping bag itu berpindah ke penderita hipotermia. Namun penanganan skin to skin baiknya dilakukan oleh pasangan suami istri atau jenis kelamin yang sama.

Nah itulah tadi sekilas pemaparan mengenai cara penanganan hipotermia di alam bebas yang benar. Ingat bukan dengan cara bersetubuh ya! Karena cara tersebut sebenarnya sangat menyesatkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penanganan hipotermia bisa kamu baca melalui laman https://www.cekaja.com/info/hipotermia-lebih-dari-kedinginan-biasa/.

Irwin Andriyanto

Irwin Andriyanto

Web Developer | SEO Spesialist

Blogger Ala Kadarnya

#DigitalInnovation

Email for business: job@masirwin.com

ARTIKEL TERBARU

Rekomendasi Tiket Bus Jakarta – Jawa Tengah

Rekomendasi Tiket Bus Jakarta – Jawa Tengah

Rekomendasi Tiket Bus Jakarta - Jawa Tengah dengan Fasilitas Nyaman Musim liburan adalah waktu yang sangat di tunggu-tunggu oleh semua orang, baik itu yang masih bersekolah atau...

Liburan ke Museum, Seru dan Mengasyikkan

Liburan ke Museum, Seru dan Mengasyikkan

Kata siapa liburan ke museum itu membosankan? Sekarang sudah banyak museum yang berubah wajah agar menyenangkan namun tidak meninggalkan unsur pendidikan....

Soto Bandung Dan Kuliner Khas Bandung Lainnya

Soto Bandung Dan Kuliner Khas Bandung Lainnya

Kamu pasti pernah dengar tentang soto Bandung? Lalu seperti apa sotonya? Kali ini Masirwin Note akan membahas mengenai soto Bandung dan kuliner Bandung lainya....

0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PROMO MENARIK

ads masirwin
ads masirwin
ads masirwin

Ingin Kerjasama Dengan Masirwin Note?

Masirwin Note menerima Job Review, Guest Post dan masih banyak lagi.

 352 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This