Ketahui Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Ciri-ciri kolesterol tinggi kini menjadi satu hal penting untuk dikenali agar terhindar dari beberapa penyakit berbahaya. Kolesterol sebenarnya berguna bagi tubuh untuk pembentukan membran sel, vitamin D dan beberapa hormon tertentu.

Akan tetapi, ketika kadar kolesterol terlalu tinggi bisa menumpuk di arteri dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Bahkan, bisa saja menimbulkan serangan jantung dan stroke.

Makan terlalu banyak makanan yang mengandung lemak tinggi ini bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dengan kondisi tersebut juga menjadi salah satu bahaya kolesterol di dalam tubuh.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai gejala dan cara menurunkan kolesterol tinggi. Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai kedua hal tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Gejala Kolesterol Tinggi

Gejala Kolesterol Tinggi

Ketika membicarakan perihal kolesterol, makan untuk gejala yang akan muncul di setiap tubuh manusia tidak selalu sama. Melansir pada kolestrolkita.com ada beberapa gejala kolesterol yang harus diwaspadai, sebagai berikut:

1. Nyeri Dada

Nyeri pada bagian dada ini tidak hanya menjadi gejala kolesterol tinggi saja. Akan tetapi, gejala tersebut juga bisa dijadikan sebagai tanda-tanda sakit jantung. Pada kondisi yang satu ini bisa mengganggu atau menghambat aliran darah menuju jantung.

Salah Satu keluhan yang umum ini muncul akibat penumpukan plak dari arteri, yaitu nyeri dada atau angina. Selain itu, kondisi satu ini juga bisa menjadi awal mula penyakit jantung koroner.

2. Impotensi

Disfungsi ereksi merupakan suatu kondisi dimana seorang pria dengan penis yang tidak bisa mendapatkan atau mempertahankan ereksi cukup pada saat berhubungan seksual.

Pada kondisi yang satu ini sering disebut dengan impotensi. Ada beberapa faktor dan resiko untuk mengembangkan disfungsi ereksi. Dengan kolesterol tinggi tinggi dapat menjadi salah satu satunya.

3. Mudah Lelah dan Nyeri Kaki

Penyakit arteri perifer dapat terjadi, ketika plak menempel pada beberapa dinding arteri. Plak ini bisa menghambat aliran darah dari arteri yang memasok darah dari ginjal, lengan, perut dan kaki.

Maka dari itu, sakit di kaki terutama di saat dipergunakan untuk aktivitas bisa menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi pada wanita. Selain rasa sakit pada kaki selama aktivitas atau olahraga, gejala penyakit arteri perifer juga bisa berupa kram, kesakitan, kelelahan, intermiten dan ketidaknyamanan di kaki.

Cara Mengatasi Bahaya Kolesterol

Setelah mengerti dan paham mengenai beberapa gejala dari kolesterol tinggi. Maka, untuk selanjutnya adalah memahami paham dengan cara mengatasi kolesterol yang tinggi sebagai berikut:

1. Menjadi Vegetarian

Tidak mengkonsumsi daging, ikan dan telur bisa menjadi cara untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Sebaliknya, makanlah banyak sayuran paling tidak (3-4 penukar), buah-buahan (3-6 penukar) dan produk kedelai (tahu, tempe, susu kedelai) pada setiap kali makan.

2. Tidak Menambah Minyak

Anda disarankan untuk tidak menambah banyak minyak, margarin dan butter di dalam makanan.

3. Hindari Makanan yang Digoreng

Mengkonsumsi makanan yang tidak digoreng dan ditumis ini menjadi salah satu obat alami kolesterol tinggi. Perbanyaklah konsumsi makanan yang direbus dan dikukus.

4. Menghindari Makanan dengan Lemak Tinggi

Jangan mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan banyak lemak. Apalagi, untuk makanan lemak jenuh seperti jeroan, udang, cumi, telur harus benar-benar dikurangi. Makan telur cukup tiga butir selama 1 Minggu.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai gejala dari bahaya kolesterol dan cara mengatasinya. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin mempunyai kadar kolesterol sesuai dengan anjuran dokter.

Tinggalkan komentar