Tidak Hanya Segar, Meminum Teh Panas Juga Memiliki Manfaat Lainnya

SUka minum teh panas? Ternyata tidak hanya mampu menyegarkan pada tubuh yang lelah. Melainkan kaya akan manfaat lain dari mengkonsumsi teh panas.

 

Meminum secangkir teh panas di pagi hari merupakan rutinitas kebanyakan orang. Hal itu dirasa dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan lebih siap untuk beraktivitas. Namun, tahukah kamu bahwa selain itu teh memiliki manfaat luar biasa lain bagi kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi teh.

8 Manfaat Mengonsumsi Teh

teh panas

1. Cocok untuk diet

Teh terkenal sangat baik untuk diet. Namun, pastikan teh yang diseduh tidak menggunakan tambahan gula atau pemanis lainnya. Selain itu, mengonsumsi teh juga harus tetap diimbangi dengan mengatur pola makan, asupan nutrisi, dan olahraga secara teratur. Minumlah secangkir teh sebelum berolahraga. Hal ini akan mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh.

2. Menghindari dehidrasi

Ketika merasa haus setelah lama beraktivitas, meminum segelas teh bisa menjadi sarana pelepas dahaga. Selain itu, meminum teh juga dapat mencegah dehidrasi. Teh hitam adalah salah satu teh yang cocok untuk menghindari dehidrasi. Namun, akan jauh lebih baik lagi jika kamu melengkapinya dengan segelas air putih.

3. Baik untuk tulang dan gigi

Jika berbicara mengenai minuman yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, mungkin masih banyak yang terpikirkan susu. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa teh juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Tohoku University Graduate School of Medicine di Jepang menyatakan bahwa teh bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dan mencegah tulang keropos. Namun, ini hanya berlaku untuk teh yang diseduh tanpa pemanis tambahan.

4. Meredakan gangguan pencernaan

Ada salah satu teh herbal yang memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Teh yang kerap disebut teh hitam adalah contohnya. Ketika sedang merasa mual, seseorang disarankan untuk meminum satu cangkir teh hangat dengan tambahan jahe. Selain itu, gangguan lain seperti muntah dan diare juga dapat diredakan dengan mengonsumsi teh tanpa gula.

5. Meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif

Kandungan kafein yang terdapat pada teh memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Kafein merupakan zat yang berfungsi merangsang sistem saraf pusat serta melancarkan peredaran darah menuju otak. Oleh karena itu, kafein bisa membuat seseorang menjadi lebih segar dan mudah untuk berkonsentrasi. Karena kandungan kafeinnya lebih rendah daripada kopi, teh ideal untuk dikonsumsi.

Untuk jangka panjang, teh juga baik untuk kemampuan kognitif seseorang. Hal ini dikarenakan oleh kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Dengan rutin mengonsumsi teh secara tepat, risiko penyakit seperti parkinson atau alzheimer dapat diturunkan. Kedua penyakit tersebut adalah contoh dari penyakit neurodegeneratif.

6. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam teh dapat membunuh bakteri yang terdapat di mulut. Bakteri tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit gigi dan mulut. Dengan mengonsumsi teh secara rutin, risiko seperti karies gigi dapat diturunkan. Selain itu, mengonsumsi teh juga dapat meningkatkan kesehatan gigi serta mengatasi masalah bau mulut.

7. Menurunkan tekanan darah

Teh ternyata mampu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, teh juga dapat menurunkan kadar gula darah yang dapat memicu diabetes. Pada sebuah penelitian, dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin dapat menurunkan tekanan darah. Yang perlu diingat, dalam hal ini teh yang diseduh adalah tanpa gula atau pemanis tambahan.

8. Mengatasi stres

Jika kamu sedang mengalami masalah dan merasa stres karena terlalu banyak beban pikiran, cobalah untuk sejenak beristirahat dengan menyeduh secangkir teh panas. Kandungan asam amino yang terdapat pada teh dapat meredakan stres. Mengonsumsi secara rutin juga akan menyebabkan hormon kortisol, hormon yang muncul ketika stres, menjadi berkurang.

Untuk melakukan antisipasi, selalu sediakan secangkir teh panas ketika kamu hendak melakukan kegiatan yang cukup berat. Hal ini bisa mengantisipasi stres yang mungkin timbul ketika melakukan kegiatan tersebut. Aroma teh juga dapat menimbulkan efek ketenangan yang berguna untuk mengurangi stres.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi teh bagi kesehatan. Minuman yang rasanya nikmat ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Namun, yang perlu diingat, jangan mengonsumsi teh berlebihan dan mengabaikan minum air putih. Air putih tetap harus dijaga agar tubuh tetap sehat dan segar. Selamat mencoba!

 1,309 total views,  3 views today

Pin It on Pinterest

Share This