Pengertian Coronavirus dan Cara Pencegahannya Paling Efektif yang Wajib Diketahui

Pandemi Corona atau COVID-19 merajalela di Indonesia, belum banyak yang tahu virus ini. Berikut pengertian coronavirus dan cara pencegahannya paling efektif.

Saat ini, dunia memang tengah menghadapi masalah bersama yakni Coronavirus. Corona virus sendiri merupakan keluarga besar dari virus yang bisa menyebabkan adanya infeksi pada saluran pernapasan secara ringan hingga sedang. Jika dilihat, virus ini memang mirip dengan flu. Sudah ada ratusan ribu orang yang sudah terserang virus yang satu ini.

novel coronavirus adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan

Virus Corona ini pun ternyata juga masih dibagi menjadi beberapa jenis seperti HcOv-229e, HCoV-OC43, HCOV-NL63, HCoV-HKU1, Sars-Cov, Mers-Cov dan Covid-19. Dan Covid 19 atau dikenal dengan novel Coronavirus adalah pandemik yang tengah dihadapi di seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Dimana virus corona pertama kali muncul di Wuhan akhir Desember tahun lalu.

Penyebab Adanya Infeksi Coronavirus

Infeksi Coronavirus ada di paru paru setiap orang yang positif corona

Infeksi coronavirus ini sendiri ternyata disebabkan oleh virus corona lebih tepatnya Covid-19. Adapun gejala-gejala yang muncul akibat terjangkit virus corona ini pun cukup beragam seperti hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, demam hingga berasa tidak enak badan. Infeksi dari virus corona ternyata juga bisa berubah menjadi bronchitis dan pneumonia.

Terlebih lagi, virus ini dapat menyerang siapapun terutama bayi, anak kecil dan orang dengan kekebalan tubuh yang sangat lemah. Bukan hanya manusia saja, beberapa hari lalu saya melihat berita di televisi hewan pun bisa terserang virus ini.

Adapun proses penyebaran coronavirus ini pun secara umum diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terkena percikan air liur pengidap corona virus melalui batuk maupun bersih.
  2. Menyentuh tangan maupun wajah seseorang yang sudah terinfeksi.
  3. Menyentuh mata, hidung maupun mulut setelah memegang barang dimana menjadi tempat percikan air liur dari pengidap corona tersebut.

Bagaimana cara pencegahan coronavirus

Walaupun banyak menimbulkan korban jiwa, ada pula pasien yang dinyatakan sembuh dari coronavirus ini. Apabila Anda  sudah menunjukkan beberapa gejala seperti hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, demam hingga berasa tidak enak badan. Maka sebaiknya Anda bisa langsung memeriksakan ke dokter atau rumah sakit agar bisa segera mendapatkan penanganan yang terbaik.

Untuk Anda yang ingin terhindar dari virus yang satu ini, maka Anda bisa langsung membaca apa saja pencegahan virus ini agar tidak menyerang Anda dan keluarga. Berdasarkan laman di Halodoc, ada beberapa  cara yang bisa Anda terapkan agar bisa terhindar dari virus ini.

1. Cobalah untuk lebih rajin cuci tangan

Dengan rajin mencuci tangan Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit

Tips pertama agar Anda dapat terhindar dari virus Corona ini adalah Anda bisa lebih rajin dalam mencuci tangan. Tetapi pastikan apabila Anda mencuci tangan telah sesuai dengan standar yang benar. Cuci tangan ini sendiri, ternyata bisa menjadi cara terbaik agar Anda bisa terhindar dari virus ini.

Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan cuci tangan akan membunuh kuman maupun virus yang menempel pada tangan Anda. Sebaiknya, Anda membiasakan diri mencuci tangan secara rutin dengan sabun maupun cairan dengan bahan alcohol.

Baca Juga : 4 Sabun Cair Lifebuoy dengan Aroma yang Menyegarkan

2. Jangan lupa menjaga jarak

menjaga jarak sangat perlu dilakukan sosial distacing

Masih ada cara lainnya agar Anda terhindar dari COVID-19 ini yakni selalu menjaga jarak dengan orang lain. Terlebih lagi dengan seseorang yang sering batuk maupun bersih. Untuk jarak aman sendiri disarankan 1 meter. Ingat 1 meter bukan 1 kilometer.

Bukan hanya itu saja, apabila Anda tengah batuk maupun bersin, disarankan Anda juga mengetahui dengan baik bagaimana etika batuk di tempat umum. Anda bisa menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika sedang batuk maupun bersih. Jika tidak ada tisu, Anda dapat menutupnya dengan lengan Anda.

3. Jangan lupa menggunakan masker

Anak kecil juga tahu pentingnya menggunakan masker dimasa pandemi ini

Selain itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak lupa menggunakan masker. Terlebih lagi apabila Anda tengah berada di tempat umum. Dengan menggunakan masker dapat membantu Anda untuk meminimalisir adanya penularan covid-19 ini.

Jika Anda tidak mempunyai kepentingan yang sangat penting, sangat disarankan bagi Anda untuk tetap berada di rumah sesuai dengan himbauan dari pemerintah untuk berada di dalam rumah. Selain itu, jangan sampai melalukan banyak aktivitas di luar.

4. Hindari menyentuh wajah

Hindari menyentuh wajah dengan tangan karena telapak tangan sarangnya virus

Tips menghindari coronavirus yang lainnya adalah sebaiknya Anda bisa menghindarkan diri untuk menyentuh wajah. Mengingat telapak tangan Anda menjadi sarang terbaik bagi berbagai virus.

Untuk itulah, hindarilah menyentuh area wajah. Apabila Anda ingin menyentuh area wajah, pastikan apabila telapak tangan Anda sudah benar-benar bersih. Anda juga bisa menggunakan hand-sanitizer untuk membersihkan tangan Anda.

5. Jangan lupa melakukan isolasi mandiri jika muncul gejala infeksi

lakukan isolasi mandiri jika terkena gejala infeksi coronavirus

Apabila Anda menemukan adanya gejala-gejala infeksi virus corona yang terjadi pada Anda, sebaiknya Anda langsung melakukan isolasi mandiri di rumah. Dengan melakukan isolasi mandiri inilah, Anda tidak akan menularkan virus ini kepada orang lain.

Jika masa isolasi mandiri sendiri berlangsung selama 14 hari tak kunjung membaik, Segera tanyakan pada dokter di Halodoc guna mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan dukungan dokter spesialis dibidangnya, Halodoc dapat mendiagnosis dan memberikan penanganan yang cepat dan tepat sehigga meningkatkan peluang untuk sembuh.

Baca Juga : Metode PCR Test untuk Cek Virus Corona? Ini Ulasan Lengkapnya

Halodoc bisa menjadi solusi yang terbaik untuk Anda. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan terpadu dimana memberikan fasilitas untuk bisa berinteraksi dengan para dokter terbaik dibidangnya dengan memanfaatkan teknologi terkini. Tujuan dari halodoc ini adalah memberikan Anda kemudahan dalam akses kesehatan Anda. Ada banyak fitur yang tersedia di dalam halodoc.

Demikian beberapa tips penting yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari coronavirus ini dan jangan memaksakan diri untuk keluar rumah jika tidak perlu, jauhi keramaian dan tetap #DirumahAja.

 300 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This