Inilah 4 Hal Penyebab AC Cepat Rusak di Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan AC cepat rusak di rumah Anda, salah satunya adalah penggunaan AC terus menerus dan jangan sepelekan hal ini

Tinggal di negara Indonesia yang merupakan daerah dengan iklim tropis membuat banyak masyarakat harus memiliki pendingin ruangan karena cuaca panas yang bikin cepat lelah dan berkeringat. 

Dengan hadirnya pendingin ruangan tentunya membantu mengatasi hawa panas di dalam ruangan jadi lebih sejuk dan nyaman, apalagi saat di siang hari. Salah satu pendingin ruangan yang banyak dipilih masyarakat adalah AC karena mampu mendinginkan ruangan dengan cepat dan efektif.

Tapi ternyata tidak semua orang mengerti cara mengoperasikan atau menggunakan AC dengan benar. Pada akhirnya membuat pendingin ruangan tersebut gak berfungsi dengan baik bahkan membuat AC cepat rusak.

Sudah membeli AC mahal-mahal tapi cepat rusak karena penggunaan yang tidak sesuai tentunya bukanlah hal yang diinginkan. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak ingin memiliki AC cepat rusak, ada baiknya ketahui dulu beberapa hal penting berikut yang menyebabkan AC jadi cepat rusak. Yuk, cermati dengan baik!

4 Penyebab AC Cepat Rusak

1. Menggunakan AC Secara Terus-Menerus

AC yang menyala terus menerus akan menyebabkan AC cepat rusak

Salah satu faktor yang menyebabkan AC cepat rusak adalah menggunakan AC secara terus-menerus tanpa henti. Meski hal ini terdengar sepele, tapi kalau dilakukan setiap saat bisa berakibat fatal pada pendingin ruangan tersebut.

Selain membuat tagihan listrik melonjak tinggi, komponen yang ada di dalam juga dapat cepat rusak sebab dipaksa untuk terus beroperasi. Untuk penggunaan AC di rumah Anda teratur dan tidak lupa mematikan AC, lebih baik gunakan fitur pengatur timer pada remote AC.

Pastikan set timer-nya sesuai dengan rutinitas Anda di dalam ruangan. Dengan begitu, AC pun bisa mati secara otomatis jika Anda tidak ada di ruangan.

2. Jarang Membersihkan AC

Jadwalkan membersihkan AC minimal 1 bulan sekali

Air Conditooner merupakan barang elektronik yang sering digunakan setiap hari terutama saat kondisi panas. Untuk itu,  AC membutuhkan yang namanya perawatan secara ekstra. Apalagi AC beroperasi dengan cara menyaring udara kotor menjadi lebih bersih.

Cara penyaringan seperti ini tentunya membuat banyak debu dan kotoran mengumpul. Kalau tidak dibersihkan, bukan tidak mungkin AC Anda pun tidak akan bekerja dengan baik.

Bahkan membuat banyak bakteri, jamur, dan kotoran menjadi tumbuh subur yang membuat udara AC jadi kotor. Maka dari itu, jangan mengabaikan hal ini, lakukanlah pembersihan AC setidaknya sebulan 1 kali.

3. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Menjaga tegangan listrik agar alat elekronik tidak cepat rusak

Jika Anda sudah memberikan perawatan AC, tapi kinerja AC masih terganggu, mungkin lebih baik Anda mengecek tegangan listrik di rumah Anda. Karena tegangan listrik yang gak stabil bisa mempengaruhi produk elektronik di dalam rumah, termasuk AC.

Jika di rumah Anda ada pemadaman listrik, usahakan untuk tidak langsung menyalakan AC kembali. Sebab hal ini bisa menyebabkan kompresor AC jadi cepat rusak. Saat listrik sudah menyala, tunggulah beberapa menit, baru nyalakan kembali AC Panasonic 1 PK. Dengan begitu, kompresor AC Anda pun memiliki waktu istirahat sebelum bekerja kembali.

4. Tidak Memperhatikan Kondisi Freon

Lakukan pengecekan freon AC secara berkala agar AC tidak cepat rusak

Freon adalah salah satu bagian AC yang berguna sebagai zat untuk pendingin udara. Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan kondisinya dengan rutin.

Umumnya freon bisa bekerja 4 hingga 5 tahun, setelah itu baru dibutuhkan pengisian ulang. Ada beberapa masalah yang umum terjadi pada bagian freon, yakni masalah kapasitor, kebocoran freon serta kesalahan dalam sambungan pipa instalasi.

Jika freon AC bocor, biasanya akan muncul bunga es di pipa sambungan outdoor. Untuk itu, Anda perlu memberikan perawatan AC dengan rutin dan mengecek kondisi freon apakah bekerja dengan maksimal atau tidak. Sehingga bisa mengatasi kerusakan pada AC.

Sekarang Anda sudah tahu kan hal-hal yang bisa menyebabkan AC cepat rusak? So, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan pada AC, rutin membersihkan AC serta menggunakan AC dengan baik. Semoga bermanfaat!

Artikel ini tayang pada kategori Life, dan dipublikasikan oleh Irwin Andriyanto. Kunjungi halaman Gudang Baca untuk melihat seluruh artikel sudah tayang di Blog Masirwin Note.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 473 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This