Setelah satu dekade beroperasi di industri asuransi jiwa syariah, Prudential akan terus memegang teguh komitmennya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya perlindungan keuangan, dalam hal ini yang berbasis syariah, dan juga komitmen kami untuk berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian syariah negara serta memberi kembali kepada masyarakat

Nini Sumohandoyo

Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia

Prudential 10th anniversary – Tidak terasa sudah satu dekade Prudential Syariah atau yang lebih hangat disingkat dengan PRUsyariah hadir dalam menangani asuransi berbasis syariah. Sejak diluncurkan 2007 silam, Prudential langsung menjadi penggebrak dalam asuransi syariah di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan Prudential Syariah menjadi market leader sejak awal pendiriannya. Tidak heran banyak prestasi yang luar biasa yang diperoleh PRUsyariah, seperti :

Peringkat Teratas pada Islamic Financial Award & Cup 2009
Kategori Asuransi Jiwa cabang Syariah dengan pengelolaan risiko yang paling baik dan kategori Asuransi Jiwa cabang Syariah yang paling ekspansif.
Penghargaan Majalah Investor “Best syariah 2009”

Penghargaan yang diberikan secara khusus atas kinerja Prudential yang mampu membukukan pertumbuhan premi syariah terbesar dalam tempo singkat.

Masih banyak lagi penghargaan demi penghargaan yang diraih Prudential dalam Industri asuransi syariah. So, Jum’at 12 mei 2017 lalu dalam rangka mengucap rasa syukur Prudential atas unit Prudential Syariah (PRUsyariah) yang memasuki usia ke 10 tahunnya mengundang para blogger dan media massa Medan dan sekitarnya di [wp-svg-icons icon=”office” wrap=”i”] Hotel Marriot, Medan. Acara tersebut dihadiri oleh para petinggi dari Prudential yaitu Bp. Rinaldi Mudahar selaku Country CEO Prudential Indonesia, Bp. Ahmad Nuryadi selaku Sharia Supervisor Broad Prudential Indonesia, Ibu Nini Sumohandoyo selaku Corporate Marketing & Communications and Sharia Director Prudential Indonesia dan Bp. Paradikma Subawa selaku Product Planning and Development Prudential Indonesia.

Acara yang berlangsung dari jam 10:30 sampai 11:30 siang ini tidak hanya merayakan satu dekade Prudential Syariah namun juga memperkenalkan produk baru dari PRUsyariah yaitu PRUprime healthcare syariah. Produk baru ini muncul karena Prudential terus berkomitmen tinggi untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan dari masyrakat Indonesia dengan menyediakan perlindungan terbaik, yap seperti tagline-nya “Always Listening, Always Understanding

Sebelum kita membicarakan PRUprime healthcare syariah, apakah anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan asuransi syariah?

FATWA DSN-MUI No. 21/DSN-MUI

Asuransi Syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang atau pihak melalui investasi berupa aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

“Sebaik baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada manusia lainnya”

Bagaimana skema kerja dari asuransi berbasis syariah ini?

Inti dari asuransi syariah adalah saling melindungi dan tolong menolong sesama pemegang polis. Pada sistem asuransi ini perusahaan penyedia asuransi syariah (Prudential) hanya berperan sebagai pemengang amanah dalam mengelola dana dari peserta. Inilah perbedaan yang cukup menonjol dengan asuransi konvensional, dimana Prudential Syariah hanya sebagai pengelola operasional dari dana yang sudah terkumpul, bukan sebagai penanggung beban dari peserta asuransi.

Ada beberapa hal yang menarik perhatian pada asuransi jenis ini, salah satunya terletak pada pembagian keuntungan antara peserta atau pemegang polis dan penyedia asuransi yang biasa disebut surplus sharing. Apa itu surplus sharing? Surplus sharing ialah dana yang diberikan kepada pemegang polis apabila terdapat kelebihan dari rekening tabarru‘ termasuk juga bila ada pendapatan lain setelah dikurangi klaim serta hutang kepada perusahaan (jika ada).

Adapun perhitungan surplus sharing adalah 30% dari surplus sharing akan ditahan dalam dana tabbaru‘ dan 70% nya akan dibagikan kepada pemilik polis dan pengelola asuransi. Besarnya pembagian dari 70% tersebut adalah 80% untuk pemilik polis sedangkan sisanya adalah hak dari pengelola asuransi syariah sebagain bagian dari keuntungan yang didapat.

Hal yang menarik lainnya adalah sharing of risk (saling menanggung risiko). Artinya bilamana salah satu pemilik polis /peserta terkena musibah, maka seluruh peserta asuransi syariah akan saling menanggungnya. Disinilah dana tabarru‘ akan dipergunakan untuk menanggung peserta lain yang terkena musibah.

Dan itulah sedikit ulasan dasar-dasar dalam asuransi syariah, yuk lanjutkan pembahasan kita mengenai produk baru dari Prudential Indonesia yaitu PRUprime healthcare syariah yang merupakan sebuah produk asuransi jiwa rawat inap berbasis syariah yang komprehensif dengan manfaat yang berkembang serta jangkauan global (Global coverage).

 

PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang. Produk ini diluncurkan karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah.

Nini Sumohandoyo

Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia

Menurut survey “2014 Tower Watson Global Medical Trend Survey Report“, peningkatan biaya kesehatan di Indonesia dari tahun 2010 hingga 2014 mengalami peningkatan sebesar 79%. Angka tersebut akan terus naik setiap tahunnya, melihat hal tersebut PT. Prudential Life Assurance memberikan solusi dengan PRUprime healthcare syariah, sebuah perlindungan yang komprehensif bagi keluarga Indonesia yang menanggung seluruh biaya rawat inap sesuai dengan tagihan, sehingga peserta mendapatkan ketenangan pikiran dan fokus pada proses penyembuhan. Produk terbaru ini memang dirancang khusus dengan berbagai manfaat pembayaran biaya inap, rawat jalan, tindakan bedah dan masih banyak manfaat lainnya. Produk PRUprime healthcare syariah yang baru saja diluncurkan, menawarkan beragam keunggulan inovatif. Berikut beberapa keunggulan dari PRUprime healthcare syariah :

[wp-svg-icons icon=”checkmark-circle” wrap=”i”] Pembayaran biaya kamar rumah sakit dan akomodasi sampai diangka maksimum Rp 8 juta/hari (sesuai plan yang dipilih).

[wp-svg-icons icon=”checkmark-circle” wrap=”i”] Manfaat pembayaran biaya kunjungan dokter spesialis dihitung berdasarkan per tipe spesialis*.

[wp-svg-icons icon=”checkmark-circle” wrap=”i”] Pembayaran manfaat asuransi kesehatan sesuai tagihan rumah sakit untuk beberapa manfaat pada Tabel Manfaat PRUprime healthcare syariah sesuai dengan plan yang dipilih.

[wp-svg-icons icon=”checkmark-circle” wrap=”i”] Perlindungan kesehatan dengan biaya asuransi lebih murah dengan memilih fasilitas PRUprime saver.

[wp-svg-icons icon=”checkmark-circle” wrap=”i”] Terdapat manfaat PRUprime limit booster yang dapat menambah batas manfaat tahunan sesuai plan yang dipilih.

[wp-svg-icons icon=”checkmark-circle” wrap=”i”] Tambahan untuk  PRUprime limit booster sebesar selisih biaya kamar rawat inap apabila peserta menjalani rawat inap di kamar yang lebih rendah dari pilihan plan.

[wp-svg-icons icon=”checkmark-circle” wrap=”i”] Fasilitas manfaat berkembang (no claim bonus) yakni 10% peningkatan batasan manfaat tahunan awal asuransi tambahan setiap tahun apabila tidak ada klaim, maksimal 50% dari batas manfaat tahunan awal.

[wp-svg-icons icon=”checkmark-circle” wrap=”i”] Perlindungan yang lebih luas sampai ke seluruh dunia (sesuai plan yang dipilih; kecuali Amerika Serikat). Informasi terkait santunan dana marhamah.

[wp-svg-icons icon=”checkmark-circle” wrap=”i”] Terdapat santunan dana marhamah (santunan kasih sayang) yang akan dibayarkan apabila peserta yang diasuransikan meninggal.

PRUprime healthcare syariah juga tersedia sebagai manfaat tambahan (rider) untuk produk PRUlink syariah assurance account, dan disediakan oleh jaringan luas lebih dari 98.000 tenaga pemasar berlisensi syariah Prudential Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Dengan Prudential syariah, Prudential Indonesia mengajak para peserta asuransi untuk gotong royong, saling tolong menolong dan berbagi risiko dengan berasuransi syariah. Prudential syariah sangat berpegang teguh pada prinsip universalitas yang artinya PRUsyariah terbuka untuk masyarakat muslim ataupun non muslim.

Itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang produk asuransi jiwa rawat inap berbasis syariah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang asuransi syariah. Mohon maaf bila ada yang typo, harap maklum karena manusia memang tempatnya salah. See you next my reportase.

Prusyariah,prudesnsial undang masirwin

Subscribe To MasIrwin Blog Newsletter

Yuk gabung dalam Subscriber Masirwin Blog, Dapatkan info lomba blog terbaru dan terupdate serta artikel menarik lainnya, hanya di Masirwin Blog.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This