Soto Bandung Dan Kuliner Khas Bandung Lainnya

Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki beragam jenis budaya dan juga beragam jenis makanan khas, salah satunya soto Bandung.  Untuk cita rasa dari makanan khas yang ada di Bandung sudah tidak dapat diragukan lagi karena dipastikan enak dan lezat. Untuk itu artikel masirwin ini akan menampilkan soto khas Bandung dan beberapa makanan khas Bandung lainnya.

Soto Bandung Dan Kuliner Khas Bandung Lainnya

Banyak makanan khas yang dimiliki kota Bandung, diantaranya soto Bandung, empal gepuk, karedok, dan beberapa makanan lainya. Berikut beberapa makanan khas Bandung yang wajib dinikmati ketika berlibur ke kota kembang ini:

1. Soto Bandung

Kuliner Khas Bandung: Soto Bandung
Kuliner Khas Bandung: Soto Bandung

Soto ini adalah salah satu makanan khas Bandung yang sangat terkenal. Di Bandung, soto ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat mulai dari pedagang kaki lima sampai dengan restoran mewah. Soto khas Bandung yang paling legendaris berada di Jl. Sawah Kurung kota Bandung.

Ciri khas yang membedakan dari  soto jenis lainnya adalah isian yang terdiri dari irisan daging sapi, irisan lobak, dan kedelai goreng dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah seperti jahe, serai, lengkuas, daun salam, bawang putih, bawang merah, dan lain-lain.

Soto ini memiliki ciri rasa yang gurih dan segar dengan kuah yang berwarna bening karena tidak menggunakan santan. Soto Bandung ini termasuk sebagai makanan khas Bandung yang memiliki harga yang cukup murah.

2. Empal gepuk

Kuliner Khas Bandung: Empal gepuk
Kuliner Khas Bandung: Empal gepuk

Makanan khas selanjutnya adalah empal gepuk yang terbuat dari daging sapi atau yang disebut sebagai empal. Gepuk sendiri memiliki arti dipukul yaitu proses pembuatan makanan daging sapi dengan cara dipukul.

Untuk bumbu yang digunakan dalam pembuatan empal gepuk sendiri yaitu menggunakan asam jawa, santan, gula merah, lengkuas, sereh, salam, bawang merah, bawang putih, gula merah, dan beberapa bahan lainnya.

Untuk proses pembuatannya kamu bisa menghaluskan bumbu tadi, lalu dimasukkan ke dalam air dan dicampurkan dengan potongan daging yang sudah di gepuk, rebus hingga daging terasa empuk, dan empal gepuk siap dihidangkan.

3. Kerang tutut

Kuliner Khas Bandung: Keong tutut
Kuliner Khas Bandung: Keong tutut

Selain soto Bandung, tutut adalah makanan khas Bandung yang bentuknya keong kecil yang biasanya ditemui di sawah, aliran Parit atau bisa juga danau. Makanan ini dapat dihidangkan dengan bumbu kuning pedas dengan rempah seperti serai, salam, dan daun jeruk yang berguna untuk menetralisir bau amis dari keong tutut tersebut.

Keong Tutut memiliki banyak sekali kandungan vitamin diantaranya omega 3, omega 6, protein, kalsium, dan beberapa vitamin lainnya. Cita rasa yang dihasilkan oleh olahan masakan keong ini adalah gurih, pedas, asin, dan segar. Keong tutut sangat cocok bila dihidangkan dengan nasi hangat.

4. Karedok

Kuliner Khas Bandung: Karedok
Kuliner Khas Bandung: Karedok

Karedok adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari sayuran mentah dengan bumbu kacang dan dipadukan dengan beberapa irisan lontong. Beberapa sayuran yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan karedok adalah kacang panjang, tauge, daun kol, kemangi, mentimun dan lain-lain.

Sedangkan bumbu kacang yang digunakan terbuat dari kacang tanah, gula Jawa, asam jawa, air, bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan kencur. Cita rasa dari karedok ini sendiri cukup unik yaitu segarnya sayur dipadukan dengan kentalnya bumbu kacang.

5. Seblak Bandung

Kuliner Khas Bandung: Seblak Bandung
Kuliner Khas Bandung: Seblak Bandung

Seblak adalah salah satu makanan khas selain soto Bandung yang akhir-akhir ini sangat terkenal. Makanan ini terbuat dari kerupuk yang diolah dengan cara direbus dan ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti sosis, mie, telur, sayur-sayuran, dan bahkan juga daging. Seblak modern ini dapat kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia tidak hanya di Bandung.

Namun, saat kamu berkunjung ke Bandung jangan lupa untuk mencoba seblak asli Bandung di tempat asalnya. Untuk sensasi rasa yang akan kamu dapatkan saat mengkonsumsi seblak ialah kenyalnya kerupuk dipadukan dengan beberapa toping lainnya dan juga kuah seblak yang hangat dengan rasa gurih dan pedas. Seblak ini biasanya dijual dengan menawarkan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

Beberapa makanan khas Bandung diatas bisa nikmati ketika kamu berlibur ke kota Bandung. Pastikan untuk mencoba soto Bandung dan kuliner khas Bandung lainnya. Selamat Travel Kuliner 😀

Tinggalkan komentar