Oli Motor Terbaik – Jika kita mengibaratkan mesin motor dengan organ tubuh manusia, mesin motor butuh asupan nutrisi yang tepat untuk menunjang produktivitas hariannya. Nah, salah satu asupan nutrisi yang cukup penting yang harus terpenuhi untuk mesin motor adalah oli. Karena itu pastikan kamu memberikan oli motor terbaik untuk menunjang kebutuhan nutrisi motor kesayangan kamu.

Lantas, bagaimana agar kita bisa menemukan oli untuk motor yang pastinya cocok dengan kebutuhan motor dan seperti apa tipsnya dalam pemilihan oli motor terbaik agar tidak salah pilih?

Nah, pada kesempatan kali ini Masirwin akan sedikit berbagi tips dan rekomendasi oli motor yang cocok untuk motor kamu. Melalui informasi ini, dijamin kamu tidak bakal bingung lagi dalam memilih oli motor yang tepat untuk menunjang performa agresif motor kesayangan kamu. So, cek informasinya sampai tuntas ya, jangan setengah – setengah!

Tips Memilih Oli Motor Terbaik

Cek kadar kekentalan oli

Cek kadar kekentalan oli

Cek kadar Kekentalan Oli

Hal pertama yang kamu harus perhatikan dalam pemilihan jenis oli untuk motor kamu adalah mengecek kadar kekentalan oli yang kamu pilih. Pastikan standard SAE oli kamu baik dan memang cocok dengan apa yang dibutuhkan motor artinya sesuai standar yang ditetapkan.

Untuk kamu yang belum paham kode SAE itu apa, jadi SAE adalah singkatan dari Society of Automotive Engineers yang fungsinya untuk mengetahui kode pengenal oli yang berupa angka. Semakin besar angka di bagian belakang, menandakan bahwa oli semakin kental.

Cek kualitasnya

cek kualitas oli

Cek Kualitas Oli

Bagaimana caranya untuk menentukan kualitas oli yang akan dipilih? Nah, untuk mengecek dan menentukan kualitas oli pilihan, kamu bisa cek atas dasar kodenya yaitu kode JASO serta sekaligus berdasarkan jenis bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan oli tersebut.

JASO merupakan standarisasi oli dari Jepang yang dapat membedakan perihal mesin motor 2 tak dan pada mesin 4 tak. Pada mesin 2 tak, JASO (Japan Automobile Standard Organization) melabeli dengan kode JASO FA, FB, dan juga FC.

Sementara pada mesin motor 4 tak, kodenya yang digunakan adalah JASO MA dan juga kode MB. MA merupakan standard kualitas dari oli pada motor yang tipe koplingnya adalah kopling basah. Sementara MB merupakan standard kualitas oli untuk motor yang tipenya adalah kopling kering.

Mengapa dibedakan? Kopling basah dan kopling kering ini berbeda dari konstruksi rumahnya, dimana kopling basah memiliki konstruksi rumah kopling yang terendam air sementara kopling kering tidak terendam air.

Pahami bahan dasar pembuatan oli

bahan dasar pembuatan oli

Pahami Bahan Dasar Pembuatan Oli

Hal selanjutnya dalam memilih kualitas oli yang baik dan perlu kamu perhatikan adalah soal bahan dasar pembuatannya. Kamu perlu tahu bahwa spesifikasi mesin yang berbeda, juga berbeda persoalan bahan dasar oli yang dimanfaatkan.

Beberapa bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan oli diantaranya adalah :

Oli mineral

Jenis oli ini dibuat dengan teknik penyulingan air mineral yang berasal dari dalam bumi. Teknologi ini terkategori dalam teknologi pembuatan oli yang pertama dan punya berbagai macam kekurangan.

Oli sintetik

Oli sintetik merupakan oli yang diproses dengan menggunakan teknologi penyulingan paling akhir dalam pembuatan oli. Oli sintetik merupakan jenis oli yang diproses dengan cara – cara kimia untuk menghasilkan tingkat kekentalan oli yang stabil. Oli sintetik merupakan jenis oli yang bisa dipilih sesuai dengan kendaraan motormu.

Oli sintetik merupakan oli yang dibuat dari bahan dasar berupa petroleum product seperti halnya adalah ettylene. Ettylene ini memiliki kemampuan melumasi mesin yang paling baik dibandingkan jenis bahan untuk membuat oli yang lain.

Oli semi synthetic

Oli semi sintetik merupakan jenis oli yang dibuat atas dasar perpaduan antara oli tingkat pertama yaitu mineral oil dan synthetic oil. Kualitasnya berada di tengah-tengah oli sintetik dan oli mineral. Harganya di atas oli mineral dan di bawah synthetic oil.

Rekomendasi Oli Motor Terbaik Untuk Motor Kesayangan

oli motor terbaik pertamina enduro, oli motor terbaik, pertamina enduro

Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

Butuh oli motor yang mampu mencegah terjadinya gesekan antara komponen mesin yang satu dengan komponen mesin yang lain pada motor? Pakai saja Enduro oil.

Enduro oil memiliki kandungan aditif molybdenum yang memiliki kapasitas gesekan secara efektif. Oli jenis ini juga mampu membantu meningkatkan akselerasi mesin jauh lebih cepat dan responsif. Kamu bisa membeli Enduro oil dengan harga mulai dari 37 ribu rupiah saja.

Untuk jenis oli enduro sendiri , kamu bisa memilih oli motor matic Enduro atau oli motor racing Enduro. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Namun karena banyak pengguna motor matic di Indonesia, maka oli motor terbaik dari Enduro yaitu Enduro matic jauh lebih banyak dipilih.

Angka penjualan oli motor matic dari Enduro juga berada di angka penjualan yang sangat tinggi sampai saat ini. Hal tersebut tak terlepas kaitannya dengan banyaknya pengguna motor matic di Indonesia. Walau sebenarnya, motor matic menggunakan oli motor racing pun tak masalah (kata montir bengkel langganan).

Khusus untuk jenis oli motor matic dari Enduro, ada beberapa varian yang bisa kamu jadikan pilihan. Mengenai apa saja variannya, kamu bisa baca : Daftar Harga Oli Motor Matic Pertamina Enduro, Cek Disini!

Inilah Kelebihan Oli Pertamina Enduro

kelebihan dari oli motor terbaik enduro

Kelebihan Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

Memiliki tingkat viskositas yang tinggi

Oli Pertamina Enduro merupakan jenis oli yang hadir dengan tingkat kekentalan atau tingkat viskositas yang optimal dalam menjaga temperatur mesin. Oli ini juga sangat membantu menstabilkan mesin ketika berada di kemacetan atau di jalan yang statis.

Jenis Enduro oil dari Pertamina juga memiliki tingkat ketahanan yang sangat tinggi terhadap oksidasi dan degradasi mesin yang timbul akibat terjadinya radiasi panas pada mesin. Dengan begitu masa pakai oli juga lebih lama.

Kamu hanya perlu mengganti oli pada km ke–7500 dengan menggunakan Oli Pertamina Enduro ini.  Dengan tingkat kekentalan yang ramah, menjadikan Enduro oil ini sangat cocok digunakan untuk motor lama atau motor baru kamu.

Memberikan perlindungan yang sangat maksimal terhadap karat mesin

Jika motor tidak diberikan pelumasan secara tepat dan dalam tempo yang dibutuhkan, potensi karat pada mesin motor sangat tinggi. Hal tersebut karena tidak adanya peredam gesekan pada mesin sehingga karat bisa muncul kapan saja dengan cepat.

Panas dan korosi pun menyumbang potensi karatan bisa lebih cepat pada mesin motor. Jika hal semacam ini sampai terjadi, sistem penggerak roda pada motor dan mesin bagian dalam motor akan mengalami kerusakan.

Karena itu memberikan oli motor terbaik dan mengganti oli secara berkala menjadi suatu kewajiban nutrisi bagi pemilik motor. Jika kamu kebetulan menggunakan motor matic, pastikan kamu selalu mengganti oli motor 3 bulan sekali dan mengganti oli gear motor dengan perbandingan 3 : 1.

Masa pakai oli lebih lama

Jika kita bandingkan dengan oli jenis lain dari merk yang lain, masa pakai oli motor yang satu ini jauh lebih lama dibandingkan yang lainnya. Hal tersebut karena kualitas kekentalan dari oli motor Enduro ini sangat diperhatikan oleh vendor.

Kamu bisa mengganti oli pada motor matic 3 bulan atau 4 bulan sekali dalam penggunaan Enduro matic dan jangka waktu tersebut sudah cukup aman untuk melakukan penggantian.

Selain kelebihan tersebut, masih banyak kelebihan lain dari oli motor matic Enduro. Mengenai apa saja kelebihan lain dari oli motor terbaik Enduro matic ini, baca : Oli Motor Pertamina Enduro Punya Kelebihan Ini Lho, Yakin Nggak Pilih?

Dalam penggunaan oli motor, baiknya kamu pastikan bahwa motor menggunakan oli motor Enduro yang asli. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga kondisi mesin motormu tetap prima setiap saat. Kamu harus tahu bahwa sebenarnya, oli motor yang palsu itu sangat berbahaya. Apa saja bahaya oli motor palsu?

Kamu bisa coba cek informasinya ini : Awas! Ini Bahaya Jika Kamu Pakai Oli Motor Matic Palsu

Itulah sedikit berbagi informasi yang Masirwin bisa berikan tentang oli motor terbaik yang direkomendasikan oleh banyak orang Indonesia, tips – tips memilih oli untuk motor beserta berbagai kelebihan oli motor khususnya oli motor matic.

Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat buat kamu semuanya ya! Pastikan juga bahwa kamu selalu merawat motor dengan melakukan penggantian oli secara berkala dan pastikan juga olinya Enduro.

Artikel ini diikutsertakan dalam “Lomba Penulisan Blog Pertamina Lubricants

 7,948 total views,  15 views today

Pin It on Pinterest

Share This