Oli Motor Palsu – Mencari usaha yang jujur dalam memberikan produk dan layanan memang susah. Banyak usaha – usaha termasuk bengkel motor yang tidak jujur sekarang ini. Bahkan mereka yang tidak memberikan produk dan layanan yang jujur, mereka tak akan segan memberikan oli motor matic palsu untuk customernya.

Padahal sebenarnya oli motor matic palsu sangat berbahaya bagi kinerja motor kita dan bagi mesin motor untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Lantas, apa saja bahaya oli motor matic palsu dan bagaimana cara mengatasinya jika motor sudah terlanjur menggunakan oli motor palsu? Disini Masirwin akan mengulas informasi lengkapnya dan kamu perlu simak dengan seksama!

Bahaya Menggunakan Oli Motor Matic Palsu dan Cara Mengatasinya

bahaya penggunakan oli motor palsu

bahaya penggunakan oli motor palsu

Ya, tak semua bengkel memberikan layanan yang tepat untuk customernya. Bahkan beberapa bengkel ada yang mengganti olinya dengan oli tiruan dan membranding oli tiruan tersebut dengan bungkus oli motor asli dan dibanderol dengan harga oli motor yang asli demi keuntungan pribadi.

Kamu harus berhati–hati dengan praktek yang semacam itu karena tidak hanya akan merugikan kamu, melainkan juga berbahaya bagi mesin motor kamu. Adapun mengenai bahaya menggunakan oli motor matic palsu diantaranya :

Tidak melindung, malah merusak

Kualitas dari oli palsu tentu jauh berbeda jika kita bandingkan dengan oli motor terbaik Enduro matic yang asli. Oli yang asli sudah memenuhi standar yang disebut dengan JASO MB dan APL SL. Dengan kriteria standar tersebut, berbagai kandungan bahan aktif didalam oli memang memberikan manfaat yang maksimal bagi mesin dan memberikan perlindungan terbaik untuk mesin motor.

Sementara untuk oli palsu, karena tidak memiliki kandungan yang memang berfungsi bagi mesin tentunya mesin tidak akan mendapat perlindungan apapun meski sudah ganti oli. Bahkan mesin cenderung akan mengalami kerusakan setelah dilakukan penggantian atau kerusakan jangka panjang.

Menjadikan mesin cepat panas

Jika oli yang asli dapat membuat suhu mesin jadi dingin dan menjaga temperatur mesin selalu berada pada temperatur yang terbaik, oli yang asli juga akan melindungi mesin dari kondisi overheat. Sehingga mesin tidak akan cepat panas.

Namun pada oli yang palsu, yang terjadi justru sebaliknya. Karena oli tersebut palsu dan tidak punya kandungan apapun, oli cenderung merusak mesin dan membuat mesin cepat panas karena oli mesin motor yang palsu cepat bereaksi terhadap panas. Komponen mesin kamu pun akan lebih cepat aus pada akhirnya.

Konsumsi bahan bakar jadi lebih boros

Oli mesin yang palsu mengakibatkan gaya gesek pada mesin jadi lebih tinggi. Karena gaya gesekan yang tinggi pada akhirnya menjadikan sistem kerja mesin semakin ngotot sehingga konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros.

Agar kamu tidak tertipu dengan bengkel yang memberikan oli palsu dengan harga oli asli, baiknya kamu pastikan bengkel langganan kamu untuk mengganti oli membuka segel botol secara langsung di depan kamu.

Pastikan juga upaya penggantian oli mesin secara langsung di hadapan kamu sehingga kamu bisa memastikan 80% oli tersebut asli karena potensi pihak bengkel mengganti dengan yang palsu sangat minim ketika kamu mengawasi cara kerja mereka.

Namun jika oli pada motor kamu sudah terlanjur menggunakan yang palsu, dianjurkan agar kamu segera ganti oli dengan oli yang direkomendasikan pabrikan. Untuk pemilik motor matic, pakai saja oli Enduro matic karena jenis oli ini punya banyak kelebihan. Cek informasinya di Oli Motor Pertamina Enduro Punya Kelebihan Ini Lho, Yakin Nggak Pilih?

Kemudian satu atau dua minggu selanjutnya, ganti lagi dengan oli pilihan kamu yang baru. Dengan begitu kotoran akan terbuang dan sirkulasi mesin motor kamu akan jadi lebih baik lagi. Penggantian oli pertama ditujukan sebagai langkah pembersihan mesin dari oli palsu, sementara penggantian kedua ditujukan untuk melancarkan sirkulasi pada mesin.

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari jenis oli yang bagus untuk motor, kamu bisa baca ulasan lengkap tentang jenis oli motor sampai dengan tips memilih oli motor yang tepat di artikel Oli Motor Terbaik yang Paling Recommended Saat Ini.

Pastikan kamu memilih jenis oli terbaik dan lakukan penggantian oli secara berkala sekitar 3 sampai dengan 4 bulan sekali. Jangan sampai lupa ya teman!

 5,355 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This